Pengertian Ilmu Pengetahuan dan Contohnya

Pengertian ilmu pengetahuan atau science secara singkat meliputi hasil dari proses sistematis penelitian ilmiah. Ilmu pengetahuan di sini kita samakan artinya dengan sains. Agar tidak rancu, maka ilmu sosial merupakan bagian dari ilmu pengetahuan atau sains.

Pengertian ilmu pengetahuan

Untuk lebih mudah memahami pengertian ilmu pengetahuan, kita perlu mencatat beberapa kata kuncinya. Beberapa yang bisa kita identifikasi diantaranya: “ilmu”, “pengetahuan”, “ilmiah” dan “penelitian”. Keempatnya saling berkaitan. Dengan kata lain jika berdiri sendiri, maknanya akan beda.

“Ilmu” berbeda dengan “ilmu pengetahuan”. Demikian juga “pengetahuan” yang berbeda dengan “ilmu pengetahuan”. Istilah “pengetahuan” sangat luas maknanya. Oleh karena itu, tambahan kata “ilmu” dapat mempersempitnya.

“Ilmu pengetahuan” sudah semestinya dibatasi oleh proses ilmiah yang menghasilkannya. Di sini berbeda jelas dengan “pengetahuan”. Kita bisa memperoleh “pengetahuan” tanpa proses ilmiah. Misalnya saja, saya tau saya tadi malam mimpi menemukan bola lampu yang bisa keluar jin. Saya punya pengetahuan tentang mimpi apa tadi malam, tapi yang saya tau itu, bukanlah “ilmu pengetahuan”.

Di sini kita sampai pada pemahaman bahwa ilmu pengetahuan tidak bisa dilepaskan dari metode ilmiah atau penelitian yang menerapkan metode ilmiah. Problemnya sekarang adalah, apa itu metode ilmiah?

Metode Penelitian: Jenis dan Contohnya

Pengertian metode ilmiah lebih banyak bermuara pada ketidaksepakatan ketimbang konsensus. Pertama, harus dipahami bahwa tidak ada definisi tunggal tentang apa yang disebut ilmiah. Pengertian ilmiah adalah berbasis data empiris? Ini pandangan mereka yang beraliran empirisisme. Pengertian ilmiah berbasis pada rasio? Ini pandangan kalangan rasionalis.

Dengan keragaman perspektif tersebut, dengan sendirinya pengertian ilmu pengetahuan menjadi beragam. Tetapi bukan berarti tidak mungkin didefinisikan. Ilmu pengetahuan selayaknya berbasis pada metode ilmiah. Pertanyaannya sekarang adalah metode ilmiah seperti apa yang kita maksud?

Contoh ilmu pengetahuan

Untuk mendapatkan definisi yang paling sederhana terkait apa itu ilmu pengetahuan, kita langsung menuju ke contohnya saja. Proses penyebaran virus kung flu misalnya, dapat diteliti secara ilmiah. Misal ditemukan bahwa kung flu menular melalui sentuhan kulit. Dengan demikian bagaimana kung flu menular adalah suatu bentuk ilmu pengetahuan. Sebut saja ilmu pengetahuan tentang epidemi.

Tetapi misalnya, ada orang yang menderita kung flu padahal tidak bersentuhan kulit dengan siapapun. Maka spekulasi beredar bahwa kung flu terbang lewat udara hingga udara tersebut dihirup oleh orang yang akhirnya menderita. Jika belum ada penelitian ilmiah yang menunjukkan bahwa kung flu dapat terbang bersama udara, maka spekulasi tersebut tetap menjadi spekulasi sampai penelitian ilmiah menunjukkan buktinya.

Contoh dalam ilmu alam tersebut semoga dapat mengantar pembaca pada pengetahuan awal. Dalam ilmu sosial, tidak cukup sulit mengilustrasikannya. Misal, untuk menjelaskan kenapa secara umum, orang miskin tetap miskin, sedangkan orang kaya tetap kaya, meskipun sudah ganti dua generasi.

Kesenjangan Sosial: Pengertian dan Contohnya

Untuk memperoleh ilmu pengetahuan tentang itu, penelitian sosial dilakukan dengan menerapkan metode ilmiah. Salah satu teknik pengumpulan datanya adalah dengan mewawancarai secara mendalam preferensi pendidikan dan parenting di dua kelompok besar, yaitu kelompok miskin dan kelompok kaya. Kedua kelompok tersebut memberi jawaban yang berbeda.

Misalnya kelompok miskin tidak menaruh perhatian kuat pada pendidikan anak, mereka lebih mementingkan bagaimana cara bertahan hidup dan tidak punya banyak pilihan ketika akan memasukkan anaknya ke sekolah. Sedangkan orang kaya lebih punya banyak pilihan dan sumber daya finansial yang mendukung.

Perbedaan level pendidikan yang mampu diselesaikan mempengaruhi peluang kerja dan pendapatannya. Anak orang kaya pada akhirnya memiliki pekerjaan yang lebih layak dan gaji yang lebih tinggi ketimbang anak orang miskin.

Penjalasan tersebut mencapai sebuah kesimpulan yang berhasil menjawab pertanyaan tentang ketimpangan. Akhirnya, dari penelitian tersebut dihasilkanlah ilmu pengetahuan tentang ketimpangan sosial.