Jurnal Internasional: Cara Mencari & Situs Download

Jurnal internasional merupakan jurnal bereputasi internasional. Reputasi internasional diukur dari kriteria lembaga pengindeks yang bereputasi. Scopus adalah salah satu lembaga pengindeks jurnal internasional yagn bereputasi. Jurnal yang terindeks scopus otomatis menjadi jurnal internasional.

Istilah jurnal tentunya sudah tidak asing jika kamu seorang peneliti, mahasiswa atau orang yang bekerja di akademia. Jurnal akademik bisa disebut sebagai karya ilmiah yang memuat beberapa artikel di dalamnya. Namun bukan jenis tulisan biasa, melainkan yang sudah dibuktikan dengan penelitian sebelumnya.

Itulah mengapa tidak sembarangan orang mampu untuk membuatnya. Hanya mereka yang pada dasarnya memang sudah menjadi bagian dari praktisi akademisi, diantaranya adalah mahasiswa, dosen hingga guru besar. Bahkan pembuatannya sendiri memakan waktu yang sangat lama, juga basanya dijadikan sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan gelar, seperti diantaranya adalah gelar sarjana yang dimiliki.

Baca juga: Jurnal Indonesia Terindeks Scopus

Jurnal akademik banyak jumlahnya, namun tidak semuanya memiliki kualitas yang bagus. Jurnal internasional adalah yang paling banyak disarankan dijadikan sebagai bahan rujukan. Sebenarnya bukan tanpa alasan, melainkan karena jurnal bereputasi internasional memiliki kualitas yang bagus, dibandingkan dengan jurnal yang masih lokal.

Jurnal ini disarankan sebagai referensi mata kuliah nantinya selain dari buku, mengingat pada dasarnya jika dilihat tidak semua materi atau bahan yang diinginkan ada dalam sebuah buku. Banyak justru diantaranya yang tidak ada, salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mencari sumber dari jurnal atau penelitian terdahulu ini.

Ada banyak sekali situs yang bisa diakses untuk mencari jurnal internasional, diantaranya ada yang berbayar dan juga ada yang gratis, tentunya dengan kualitas yang bagus, seperti:

DOAJ, yaitu Directory of Open Access Journal, disini ada banyak sekali artikel ilmiah yang berkualitas dan juga terbuka untuk diakses oleh siapa saja dari berbagai penjuru dunia. Pertama kali diluncurkan tahun 2003, hingga sekarang jumlah jurnal koleksi atau yang sudah diterbitkan disini juga tidak main-main ada lebih dari 11 ribu dan juga hingga 3 juta artikel.

Microsoft Academic, khusus untuk situs yang satu ini tidak hanya menyediakan jurnal yang berbahasa inggris saja, melainkan bagi yang tengah mencari jurnal dengan bahasa indonesia juga tersedia di dalamnya, hanya saja memang jumlah jurnal berbahasa inggris jauh lebih banyak, karena karya-karya tersebut berasal dari seluruh dunia.

Academia.edu, situs ini bisa dikatakan termasuk yang paling terkenal di dalam negeri, apalagi untuk bisa mendapatkan jurnal disini bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, gratis tidak dipungut biaya sepeserpun, cukup dengan mendaftarkan diri kamu. Ada banyak karya-karya berkualitas yang bisa didapatkan dari sini, cukup dengan memfollow atau dengan mengikuti media sosial dari situs ini, maka jika ada karya terbaru yang diterbitkan bisa langsung mendapatkan informasinya.

Research Gate, selain dapat digunakan untuk mencari jurnal atau berbagai bentuk karya ilmiah, maka juga ada forum di dalamnya yang dapat diikuti, dimana nantinya juga ada forum-forum dari para peneliti di seluruh dunia yang aktif melakukan diskusi, bisa ikut terlibat di dalamnya.

Google Scholar, situs lainnya yang juga sangat mudah untuk diakses, apalagi jika ingin mencari berbagai jenis karya ilmiah adalah yang dikeluarkan oleh google ini sendiri, mulai dari jurnal yang berbahasa inggris sampai dengan indonesia semuanya ada disini. Karya-karya yang ada di dalamnya juga dapat secara mudah didownload.

Proquest, proquest ini nyatanya juga termasuk sebagai salah satunya yang cukup populer digunakan oleh para mahasiswa atau dosen ketika ingin mencari jurnal, apalagi jumlah yang ada di dalamnya begitu banyak dan berasal dari berbagai disiplin ilmu yang berbeda-beda, tentunya dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Ebsco, mencari referensi ilmiah untuk tugas atau bahkan penelitian yang kualitasnya bagus, maka juga bisa diakses di Ebsco, ada ribuan jurnal yang dimuat disini, mulai diantaranya adalah yang berasal dari kajian kesehatan, pendidikan hingga kemiliteran semuanya ada dan lengkap.

Science Direct, banyak sekali jurnal atau karya ilmiah hingga artikel yang dimuat disini, kualitasnya sendiri benar-benar bagus, sehingga tidak heran jika sekamuinya ingin akses kesini maka harus mengeluarkan sejumlah uang, artinya memang tidak gratis, melainkan berbayar. Biasanya berlangganan membayar beberapa dollar untuk akses selama beberapa bulan, sangat cocok untuk para dosen atau praktisi akademisi.

Baca juga: Jurnal OJS

Sebagai mahasiswa hendaknya aktif dalam membaca atau melihat karya ilmiah semacam ini, karena akan sangat membantu nantinya dalam menyelesaikan tugas akhir, memang ada kalanya tugas akhir atau skripsi dijadikan salah satu momok untuk mempersulit kelulusan. Bahkan tidak jarang diantaranya yang sudah kuliah lebih dari 5 tahun namun tidak kunjung wisuda karena masalah semacam ini.

Untuk itu dianjurkan lebih aktif sejak masih menjadi mahasiswa awal untuk membaca jurnal internasional, sehingga tidak kesulitan dalam menemukan tema untuk penelitian kedepannya, juga bisa menjadi bahan rujukan selain dari buku, sehingga dalam penyusunan proposal penelitian menjadi semakin cepat dan mudah.