Download Jurnal Internasional Gratis: Cara & Daftar Situs

Download jurnal internasional gratis di beberapa situs yang akan dipaparkan dalam artikel ini, agar kerjaan kamu menulis paper cepat selesai dan berkualitas.

Ketika mau nulis paper akademik, kita akan membutuhkan literatur dari luar sebagai sumber penulisan dan penelitian yang dilakukan. Sumber tersebut bisa diambil dari jurnal ilmiah yang sudah diterbitkan dan bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Untuk mendapatkannya, kini mudah saja. Sudah banyak situs yang bisa digunakan untuk download jurnal internasional gratis yang bisa dikamulkan dan resmi atau legal sehingga kamu tak perlu mengeluarkan uang untuk mencari literatur ilmiah.

Baik situs dari dalam negeri maupun situs dari luar negeri sudah banyak yang memberikan keleluasaan sebesar-besarnya untuk menggunakan jurnal ilmiah buatan orang lain asalkan bisa dipertanggungjawabkan.

Baca juga: Jurnal OJS

Penulisnyapun sudah memberikan ijin penggunaan jurnal ilmiahnya untuk umum dengan memberikan harga atau bahkan mengratiskannya sesuai dengan keinginan. Publikasi jurnal tersebut dilakukan secara online di berbagai situs sehingga bisa diakses dari seluruh dunia.

Siapapun bisa mengupload jurnalnya untuk berpartisipasi menyediakan literatur yang bisa untuk download jurnal internasional gratis. Karenanya kamu akan menemukan jurnal internasional berbagai bahasa dengan mudah melalui berbagai situs pencarian jurnal ilmiah.

Kalau kamu pejar atau mahasiswa Indonesia, bisa mengakses perpustakaan nasional digital yang memberikan keleluasaan sebesar-besarnya untuk membaca berbagai koleksi yang dimiliki. Salah satu kategori yang dimiliki oleh Perpusnas adalah jurnal ilmiah yang didapatkan dari dalam negeri maupun luar negeri.

Negara bahkan sudah membayar biaya royalti untuk semua jurnal ilmiah yang ada di koleksi Perpusnas sehingga kamu tak perlu mengeluarkan uang sedikitpun untuk menggunakan artikel hingga jurnal ilmiah yang ada di sana.

Namun untuk bisa mengakses koleksi Perpusnas, kamu terlebih dahulu harus mendaftarkan diri sebagai anggota dengan mengisi data diri sesuai dengan kartu identitas yang masih berlaku.

Bukan hanya jurnal ilmiah berbahasa indonesia saja yang bisa kamu temukan di sana namun juga jurnal ilmiah berbahasa asing yang bisa memperkaya pengetahuan kamu untuk membuat skripsi ataupun tesis.

Baca juga: Jurnal Nasional Terakreditasi Dikti

Selain situs milik pemerintah dan lembaga dalam negeri, untuk melakukan download jurnal internasional gratis, kamu juga bisa mencarinya di berbagai situs internasional seperti:

  • Google Scholar

Perusahaan raksasa Google juga memiliki situs pencari tersendiri yang khusus menyimpan koleksi jurnal ilmiah. Kamu bisa menggunakan Google atau Google Scholar untuk mencari jurnal ilmiah sesuai dengan keyword yang diinginkan. Google Scholar akan memberikan temuan dari berbagai negara dengan berbagai bahasa. Beberapa diantaranya memiliki harga yang harus dibayarkan agar bisa digunakan atau didownload. Namun jangan khawatir karena google dan google scholar juga masih memiliki banyak koleksi jurnal ilmiah gratis yang bisa kamu gunakan cuma-cuma.

  • Academia.edu

Academia.edu merupakan salah satu situs yang juga menjadi pilihan bagi mereka para cendekia untuk membagikan papers dan jurnal ilmiah. Disini kamu bisa mencari berbagai jurnal ilmiah dalam berbagai kategori dan bahasa. Sama seperti Google Scholar, academia juga memiliki jurnal ilmiah berbayar dan jurnal ilmiah gratis yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

  • FreeFullPdf

Membutuhkan jurnal ilmiah dalam kategori nonsosial untuk referensi riset sosial? Kamu bisa memilih situs pencari jurnal ilmiah ini karena FreeFullPdf membatasi jurnal ilmiah yang di koleksinya hanya pada kategori tersebut. Dengan begitu kamu tak akan dipusingkan dengan banyaknya jurnal yang harus dipilah sendiri. Begitu juga dengan kamu yang ingin mengupload jurnal, akan lebih spesifik sehingga mendekatkan diri dengan yang membutuhkan jurnal sesuai dengan kategori yang kamu bagikan tersebut. 

Itulah beberapa situs yang bisa kamu kamulkan untuk download jurnal internasional gratis dengan berbagai kategori ilmu. Dengan menjadi anggota salah satu atau beberapa situs tersebut, kamu bisa menghemat uang untuk mencari literatur bagi selesainya tesis atau skripsi yang kamu lakukan. Meski gratis namun tetap cantumkan nama penulis dan judul jurnal yang kamu gunakan sebagai bentuk penghormatan dan rasa terima kasih kepada yang membuatnya.