Contoh Asimilasi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh asimilasi yang dibahas di postingan ini sering disebutkan dalam pelajaran ilmu sosial. Asimilasi adalah perpaduan atau peleburan unsur-unsur kebudayaan yang berbeda menjadi satu bentuk budaya baru. Kadang kala orang bingung membedakan mana asimilasi mana akulturasi. Kedua istilah tersebut memang sering digunakan secara bergantian.

Saya menyarankan untuk menghapal kata kuncinya agar dapat membedakan keduanya. Asimilasi menghilangkan unsur-unsur budaya lama, sedangkan akulturasi tidak. Itulah kunci perbedaan keduanya yang jamak diketahui.

Baca juga: Pengertian Budaya dan Unsur-Unsurnya



Jika merujuk pada pendapat tokoh kondang sosiologi Indonesia Soerjono Soekanto, asimilasi adalah proses sosial yang ditandai dengan adanya usaha-usaha mengurangi perbedaan-perbedaan yang terdapat antara orang-perorang atau kelompok-kelompok manusia yang meliputi usaha-usaha untuk mempertinggi kesatuan tindakan, sikap, proses mental dengan memperhatikan tujuan dan kepentingan bersama.

Bagaimana perpaduan atau usaha mengurangi perbedaan itu terjadi? Untuk membantu menjawab pertanyaan ini, saya akan paparkan beberapa contoh asimilasi. Asimilasi dapat terjadi pada level individu, kelompok, atau budaya kelompok yang lebih luas.

contoh asimilasi

Contoh asimilasi dalam sosiologi

√ Kawin campur

Pernikahan beda etnis atau ras merupakan salah satu contoh asimilasi. Anak yang dihasilkan dari proses kawin campur biasanya menunjukkan peleburan warna kulit dan paras dari pasangannya. Misalnya orang Indonesia yang menikah dengan bule Amerika menghasilkan anak yang berparas belesteran. Asimilasi sendiri menekankan pada prosesnya. Jadi, kita bisa menyebutkan bahwa anak blesteran adalah produk asimilasi, sedangkan kawin campur adalah proses asimilasi.


√ Singaporean English

Dikenal dengan bahasa Singlish, kata masyarakat Singapura kontemporer. Jika mendengar kebanyakan orang Singapura ngomong bahasa Inggris, kita bisa menerka ada suatu keganjilan dalam logat atau dialeknya. Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling banyak ditutur oleh masyarakat Singapura. Logat melayu Singapura yang kental berbaur dengan bahasa Inggris menjadi Singlish. Sebenarnya, tidak hanya orang Singapura, orang India misalnya, yang ngomong bahasa Inggris juga medok sekali logat Indianya. Bahasa Inggris medok adalah contoh asimilasi linguistik.

√ Asian American

Orang asia yang merupakan salah satu etnis minoritas di Amerika Serikat fasih berbahasa Inggris dan mengadopsi norma dan nilai yang berorientasi pada budaya Amerika. Kulit kuning yang dimiliki membuat orang lain mudah menduga bahwa ia orang Asia. Namun ia lebih senang mengidentifikasi dirinya sebagai orang Asia Amerika. Asian American, begitulah sebutan umumnya merupakan salah satu etnis minoritas yang berhasil melakukan proses asimilasi di Amerika Serikat.

√ Hari Minggu libur

Hari libur di Indonesia yang paling sering adalah hari Minggu. Jika kita mendengar istilah akhir pekan, maka yang muncul di pikiran adalah hari Sabtu dan Minggu. Sabtu sebagai awalnya, Minggu sebagai puncaknya. Mengapa hari Minggu libur? Kalo dipikir secara kritis, kita, pertama-tama harus sadar bahwa Minggu Libur ada sejarahnya. Minggu libur adalah hasil dari kesepakatan. Konon, tradisi Minggu libur berasal dari barat. Ya, saya sangsi kalo Minggu libur adalah budaya asli Indonesia. Minggu libur adalah contoh asimilasi.


√ Merayakan valentine

Tidak jauh beda dengan Minggu sebagai hari libur, ikut merayakan valentine di Indonesia bisa dianggap sebagai proses asimilasi pada level individu. Ketika seseorang dari tanah Papua merantau ke Eropa, kemudian ikut merayakan Halloween di sana, ia sedang melakukan proses asimilasi dengan kultur dominan masayarakat di sana. Halloween sendiri bukan murni dari Eropa, artinya proses adaptasi kultur yang dilakukan oleh anak Papua menunjukkan tahapan asimilasi yang berlapis-lapis. Ikut merayakan halloween, valentine, dan semacamnya dimanapun berada sebagai orang Papua merupakan contoh asimilasi pada level invidual.

Hampir sama dengan akulturasi, asimilasi dalam sosiologi sering digunakan untuk menjelaskan fenomena kelompok minoritas yang beradaptasi dengan kultur, nilai, norma yang dianut mayoritas. Kaum imigran adalah salah satu subjek yang sering dilibatkan dalam studi mengenai proses asimilasi. Namun demikian, definisi sederhana dari asimilasi sebenarnya lebih luas dari adaptasi kaum imigran terhadap budaya mayoritas setempat. Seperti yang sudah disampaikan di awal, asimilasi merupakan perpaduan, pencampuran, peleburan dari kultur yang berbeda menjadi kultur baru.

Baca juga: Contoh Akulturasi dalam Kehidupan Sehari-Hari