Cara Mendapatkan Beasiswa & Tips Mudahnya

Cara mendapatkan beasiswa dan tipsnya perlu diketahui untuk kamu yang sedang berusaha melamar beasiswa. Bagi kamu yang membutuhkannya, berikut ini adalah tips dan cara mendapatkan beasiswa untuk meneruskan ke jenjang pendidikan lebih tinggi.

Beasiswa Kuliah di Luar Negeri [S1/S2/S3]: Daftar Lengkap



Untuk anak pelajar SMA atau SMK dengan keluarga kurang mampu namun ingin melanjutkan ke pendidikan perkuliahan, hal pertama yang harus dipersiapkan adalah prestasi. Banyak beasiswa untuk lulusan pelajar SMA dan SMK agar bisa masuk ke perguruan tinggi yang diberikan pada pelajar berprestasi. Bukti prestasi tentu saja diperoleh dari nilai rapor dari kelas awal hingga akhir. Oleh karena itu, jika memang ingin memiliki beasiswa selepas lulus sekolah, anak harus memiliki prestasi yang baik selama masa belajar di sekolah menengah atas dan kejuruan tersebut. Beasiswa bisa dicari sejak duduk di kelas akhir atau setelah kelulusan.

Selain prestasi akademik, beasiswa untuk pelajar juga diberikan pada mereka yang memiliki prestasi di bidang non akademik. Sebagai contohnya, jika kamu memiliki putra-putri dengan prestasi di bidang olahraga, kesenian, atau menjadi penemu suatu hal yang baru, bisa mengajukan beasiswa prestasi sama seperti pelajar yang memiliki prestasi akademik. Bukti penghargaan dari instansi terkait bisa menjadi bukti atau pemenuhan persyaratan yang diminta oleh pemberi beasiswa.

Jika kamu sudah masuk ke bangku perkuliahan dan duduk minimal di semester 2, maka kesempatan untuk mengetahui cara mendapatkan beasiswa mendapatkan beasiswa bisa lebih besar. Sekali lagi, prestasi menjadi kunci untuk mendapatkan beasiswa. Kamu harus memiliki nilai IPK rata-rata 3.0 untuk yang berkuliah di perguruan tinggi negeri dan IPK minimal 3.2 untuk yang berkuliah di perguruan tinggi swasta. Selain itu, ikutilah organisasi kemahasiswaan karena banyak sumber beasiswa mengharuskan penerimanya untuk aktif berorganisasi terutama untuk sumber beasiswa dari perusahaan swasta.

Beasiswa Luar Negeri S1: Informasi Lengkap



Berikut ini adalah tips dan cara mendapatkan beasiswa yang bisa mulai kamu usahakan sedari awal:

  • Cari informasi

Mencari informasi adalah hal yang sangat penting untuk bisa mendapatkan beasiswa. Informasi sebaiknya sudah kamu kumpulkan sedari dini terutama jika ingin mendapatkan beasiswa sejak awal kuliah. Cari berbagai informasi mengenai sumber beasiswa yang ada termasuk jadwal pengajuannya. Dari berbagai sumber beasiswa tersebut, pelajari mana yang bisa kamu penuhi persyaratannya termasuk apakah ada ikatan tertentu dengan pihak pemberi beasiswa.

  • Persiapkan prestasi

Seperti yang telah diuraikan di atas bahwa beasiswa umumnya diberikan kepada mahasiswa dan pelajar yang memiliki prestasi. Hal ini dimaksudkan agar beasiswa diberikan dengan tepat guna. Karena itu, persiapkan diri untuk memiliki prestasi gemilang dengan acuan IPK minimal 3.0 untuk PTN dan 3.2 untuk PTS. Sedangkan syarat untuk pelajar bisa dilihat dari masing-masing sumber beasiswa yang dipilih.

  • Aktif di kegiatan kemahasiswaan

Meski tak semua pemberi beasiswa mensyaratkan mahasiswanya aktif dalam kemahasiswaan, namun nilai positif selalu ada jika kamu aktif dalam suatu organisasi. Dengan begitu kamu akan memiliki nilai lebih dibandingkan dengan para pencari beasiswa lainnya apalagi jika kamu memiliki jabatan di suatu organisasi.

cara mendapatkan beasiswa

  • Hindari masalah

Beasiswa diberikan pada mahasiswa berprestasi dan teladan termasuk di dalamnya tidak pernah melakukan tindakan kriminal dan berurusan dengan narkoba. Karenanya jaga perilaku kamu karena meski pada awalnya sudah mendapatkan beasiswa dari salah satu institusi, namun jika kamu terbukti melakukan tindakan kriminal atau menggunakan obat terlarang, maka beasiswa bisa dicabut secara sepihak.

  • Jeli melihat peluang

Beberapa beasiswa memberikan biaya kuliah full hingga kelulusan, namun beberapa lainnya hanya memberikan dana tunai dengan nominal tertentu selama periode tertentu. Jika beasiswa yang kamu dapatkan berakhir sebelum kelulusan, kamu bisa langsung mengajukan beasiswa lainnya selama memenuhi persyaratan yang dibutuhkan. Dengan begitu kamu tetap bisa kuliah dari beberapa program beasiswa sekaligus.

Tips dan cara mendapatkan beasiswa tersebut di atas bisa kamu praktekkan untuk memiliki beasiswa dari berbagai sumber. Saat ini bukan hanya pemerintah saja yang memberikan beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa Indonesia namun juga berbagai yayasan sosial hingga perusahaan nasional dan perbankan. Kamu bisa mencari informasi mengenai beasiswa di website Dikti atau langsung bertanya di kampus tempat menempuh pendidikan. Perusahaan nasional besar umumnya sudah memiliki kerjasama dengan kampus-kampus tertentu sehingga informasi mengenai beasiswa bisa diakses secara lebih mudah melalui perguruan tinggi. Tak ada alasan lagi untuk putus sekolah karena kini banyak cara untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi lewat beasiswa.

Beasiswa Inggris: Daftar Lengkap Untuk Mahasiswa Indonesia