Cara Mencari Jurnal Internasional Gratis

Cara mencari jurnal internasional gratis tidaklah sulit. Beberapa situs penyedia jurnal gratis sudah tersedia, kita tinggal mencarinya. Mahasiswa dan peneliti yang sedang menulis paper atau menyelesaikan laporan riset perlu mengetahui cara mencari jurnal internasional yang gratis supaya riset efisien namun tetap berkualitas.

Ketika akan menulis karya ilmiah ada banyak hal yang diperhatikan. Salah satu yang paling penting adalah menggunakan sumber yang kredibel dan menggunakan metode ilmiah yang jelas. Seperti misalnya beberapa sumber yang bisa digunakan adalah dari jurnal, koran, majalah, ataupun referensi karya lainnya.

Jurnal sendiri merupakan salah satu pilihan yang bisa digunakan untuk dapat menjadi sumber karya tulisan kamu. Dimana ada dua jenis jurnal yang bisa dipilih yaitu jurnal nasional dan jurnal internasional. Untuk mendapatkan dua pilihan jurnal tersebut tentu saja berbeda sehingga cara mencari jurnal internasional maupun jurnal nasional juga berbeda.

Baca juga: Jurnal Indonesia Terindeks Scopus

Untuk mendapatkan jurnal nasional misalnya kamu akan bisa menemukannya lebih mudah. Selain itu mengakses jurnal nasional juga akan lebih mudah menemukan serta dalam tahap membacanya karena jurnal nasional kebanyakan akan dipublikasikan dalam bahasa indonesia. Sehingga kamu akan lebih mudah untuk memahami jurnal nasional.

Untuk mendapatkan jurnal nasional ini juga akan lebih mudah dengan mengakses beberapa laman yang terkenal menyediakan jurnal nasional. Misalnya saja beberapa tempat yang bisa digunakan untuk mengakses jurnal nasional adalah sebagai berikut ini:

  • Perpusnas atau perpustakaan nasional merupakan alamat pertama yang bisa kamu pilih untuk mengakses jurnal nasional. Alamat ini menyediakan digital library yang bisa digunakan dan juga diakses secara gratis. Sehingga bagi kamu yang mencari jurnal nasional yang dibutuhkan bisa untuk mencarinya di perpusnas baik datang secara langsung maupun di laman web yang telah disediakan.
  • LIPI merupakan tempat jurnal nasional lainnya yang bisa diakses yang menyediakan berbagai bidang ilmu dan bisa mendapatkan jurnal secara gratis.

Selain memilih jurnal nasional, kamu juga bisa mengakses jurnal internasional yang bisa digunakan untuk sumber penelitian kamu. Dimana sama dengan situs jurnal nasional seperti diatas, juga ada beberapa laman yang bisa digunakan untuk mendapatkan jurnal internasional yang bisa kamu dapatkan.

Ketika akan mendapatkan jurnal internasional tersebut juga kamu memerlukan beberapa pertimbangan seperti dari tipe jurnal yang akan dipilih. Baik jurnal nasional maupun jurnal internasional mempunyai dua pilihan tipe jurnal yaitu yang berbayar ataupun gratis.

Akan tetapi walaupun begitu tentu saja ada cara mencari jurnal internasional berbayar yang bisa didapatkan secara gratis. Sehingga kamu tidak perlu repot-repot untuk mengeluarkan biaya apabila ingin mendapatkan jurnal yang dibutuhkan.

Tips pertama biasanya adalah memanfaatkan situs jurnal internasional yang telah bekerjasama dengan kampus kamu. Sehingga dengan begitu kamu tidak perlu untuk mengeluarkan biaya karena kampus atau universitas sudah melakukan langganan pada situs tersebut agar mahasiswa maupun dosen bisa mencari jurnal dan mengaksesnya secara gratis.

Baca juga: Jurnal OJS

Selain dengan cara tersebut, kamu juga bisa untuk menggunakan beberapa cara lainnya agar mendapatkan jurnal berbayar secara gratis. Misalnya dengan menggunakan beberapa laman dan cara berikut ini:

  • Menggunakan advance search yang ada di Science Direct

Langkah pertama yang bisa digunakan untuk mendapatkan akses jurnal berbayar secara gratis adalah di science direct. Laman ini memang merupakan platform yang menyediakan berbagai literatur ilmiah yang kamu butuhkan. Di Science Direct ini menawarkan beberapa saja tulisan yang bisa diakses secara gratis dengan open access.

Sedangkan untuk mendapatkan jurnal secara gratis di laman ini adalah dengan memanfaatkan advance search. Caranya akan dengan mengetikkan keyword jurnal yang kamu cari, kemudian pilih jurnal gratis, dan juga memilih pencarian berdasarkan jurnal yang and butuhkan.

  • Situs DOAJ

Pilihan selanjutnya untuk mengakses jurnal internasional secara gratis yang terkenal adalah DOAJ. Directory of Open Access Journal ini menawarkan banyak sekali jurnal gratis yang diterbitkan oleh publisher. Dimana cara untuk mendapatkannya juga sangat mudah dengan membuka situs DOAJ, mengetikkan kata kunci jurnal yang kamu jurnal sehingga akan muncul tampilan jurnal yang kamu butuhkan.

  • Situs Libgen dan Sci Hub

Cara mencari jurnal internasional gratis berikutnya adalah dengan memanfaatkan Library Genesis dan Sci Hub. Situs ini sangat cocok bagi kamu yang mencari jurnal gratis bahkan juga jurnal berbayar yang bisa diakses secara gratis.

Cara yang bisa dilakukan juga cukup mudah dengan mengakses kedua situs tersebut. Kemudian kamu bisa mencari jurnal yang dibutuhkan dan kemudian memilih untuk mengunduh jurnal dari berbagai platform jurnal yang sebelumnya ditawarkan secara berbayar.