Cara Mencari Jurnal Akademik

Cara mencari jurnal akademik ada berbagai macam. Langkahnya juga tidak asal agar kualitas penulisan riset kita sistematis. Mahasiswa dan peneliti serta mereka yang bekerja di akademia, perlu memahami cara mencari jurnal akademik yang berkualitas secara efisien. Artikel ini akan memaparkan beberapa langkah yang bisa ditempuh.

Jurnal merupakan artikel akademis yang telah ditulis dan dipublikasikan oleh seseorang ataupun lembaga yang membahas mengenai masalah dalam ilmu tertentu. Sehingga jurnal tersebut bisa digunakan untuk menambah referensi dalam berbagai penelitian yang sedang kamu lakukan mulai dari menyelesaikan skripsi, tesis, disertasi, dan juga berbagai bentuk tulisan ilmiah lainnya.

Jurnal akan dibutuhkan untuk mendukung pernyataan atau pesan yang kamu coba tuliskan dalam tulisan karena jurnal tersebut sebelumnya juga didapatkan dari hasil penelitian yang dilakukan menggunakan metode yang jelas dan juga bisa dipertanggungjawabkan oleh penulis. Oleh karena itulah dengan memanfaatkan jurnal akan bisa menyelesaikan tulisan kamu dengan lebih cepat. Adapun cara mencari jurnal juga sangat mudah karena tidak sesulit jaman dahulu.

Apabila dahulu ketika mencari jurnal mempunyai ruang yang terbatas karena harus datang ke tempat tertentu, sekarang ini kamu sangat diuntungkan dengan kemajuan teknologi. Sehingga banyak sekali jurnal yang bisa ditemukan di internet yang mempunyai tipe e jurnal.

E jurnal: cara mencari & download

Dengan memanfaatkan internet kamu bisa untuk mendapatkan banyak sekali jurnal yang kamu butuhkan karena menawarkan jurnal dalam jumlah besar dalam berbagai bidang. Oleh karena itulah menggunakan jurnal untuk melengkapi tulisan yang sedang dikerjakan sekarang ini sudah seperti keharusan karena dapat menambah kredibilitas tulisan yang sedang ditulis.

Beberapa cara mudah yang bisa digunakan ketika akan mencari jurnal yang dibutuhkan bisa dengan mempertimbangkan hal berikut ini:

  • Memperhatikan jenis jurnal

Pertimbangan pertama ketika akan memilih jurnal adalah dengan memperhatikan jenis jurnal yang akan digunakan. Dimana pada umumnya jurnal yang bisa dipilih adalah jurnal nasional dan jurnal internasional. Hal tersebut akan membedakan beberapa hal mulai dari bahasa yang digunakan, poin atau kredibel jurnal tersebut, dan juga dari tempat menemukan jurnal tersebut.

Oleh karena itulah ketika akan melakukan penelitian penting untuk memperhatikan jenis jurnal yang kamu butuhkan terlebih dahulu yang disesuaikan dengan penelitian yang sedang kamu kerjakan.

  • Memperhatikan tipe jurnal

Pertimbangan selanjutnya ketika mencari jurnal juga penting untuk memperhatikan tipe jurnalnya. Cara mencari jurnal yang mudah adalah dengan melihat tipe jurnal yang akan kamu dapatkan. Dimana tipe jurnal yang ada adalah jurnal yang bisa diakses dan didapatkan secara gratis atau jurnal berbayar. Jurnal yang gratis tentu saja akan sangat membantu karena bisa diunduh secara gratis tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun.

Akan tetapi bagi kamu yang membutuhkan jurnal berbayar juga bisa menggunakan beberapa cara mudah untuk bisa mendapatkan jurnal berbayar yang diakses secara gratis. Sehingga nantinya juga tidak memerlukan biaya untuk mengakses jurnal tersebut.

Baca juga: Jurnal Internasional Gratis

  • Mencari di layanan jurnal partner yang bekerjasama dengan universitas

Tips mudah selanjutnya bagi kamu yang ingin mencari jurnal yang kamu butuhkan adalah dengan mencari jurnal yang ada pada layanan jurnal partner dari universitas. Biasanya hal ini akan sangat membantu terutama bagi yang menginginkan jurnal berbayar yang bisa diakses secara gratis.

Fasilitas ini diberikan oleh kampus yang telah melakukan registrasi dan juga langganan sehingga jurnal yang ada pada situs partner tersebut bisa diakses secara gratis oleh mahasiswa ataupun dosen. Untuk mendapatkan akses secara gratis untuk jurnal tersebut kamu bisa untuk menanyakannya pada bagian akademik.

  • Memanfaatkan mesin pencari Citeseerx

Tips selanjutnya yang bisa digunakan untuk mencari jurnal yang dibutuhkan adalah di mesin pencari khusus. Adapun mesin pencari khusus yang bisa digunakan untuk mendapatkan e jurnal yang dibutuhkan adalah Citeseerx. Mesin pencari tersebut akan bisa menemukan jurnal yang kamu butuhkan dengan mudah dan cepat apabila telah memasukkan kata kunci yang tepat.

Pada mesin pencari ini juga kamu akan mendapatkan dan bisa mengakses banyak jurnal gratis yang membantu untuk menyelesaikan karya ilmiah yang dikerjakan.

  • Mencari jurnal di Science Direct

Pilihan situs selanjutnya yang bisa digunakan untuk mencari jurnal yang kamu butuhkan adalah di Science Direct. Dimana alamat ini adalah website yang memuat banyak sekali jurnal seperti Ieee. Science Direct mempunyai banyak sekali koleksi jurnal yang cukup lengkap dan juga yang terpenting mempunyai banyak pilihan jurnal gratis yang bisa diakses oleh pengunjungnya.

Situs ini menawarkan banyak jurnal yang up to date sehingga kamu bisa mendapatkan banyak sekali jurnal yang dibutuhkan dalam berbagai bidang ilmiah.

  • Memanfaatkan Google Scholar

Dan cara mencari jurnal yang terakhir bisa memanfaatkan google scholar yang bisa digunakan untuk mencari jurnal internasional. Google tentu sudah dikenal sebagai mesin pencari yang terbesar di dunia untuk mendapatkan banyak informasi mengenai hal yang kamu inginkan.

Sedangkan untuk Google Scholar merupakan mesin pencari yang bisa digunakan secara khusus untuk memudahkan kamu mendapatkan informasi mengenai literatur, artikel, dan juga tulisan berbasis akademis seperti jurnal.