Beasiswa Eropa & Amerika: Tips & Trik Mudah

Bisa kuliah di luar negeri selain memiliki nilai prestise tersendiri, ternyata memiliki banyak sekali kelebihan. Sebut saja bisa mendapatkan pendidikan yang berkualitas, melatih kemandirian di negara orang lain, bisa bergaul dengan komunitas global, memperdalam kemampuan bahasa Inggris, mempelajari berbagai budaya dari banyak negara dan etos kerja profesional, melatih kepercayaan diri, memiliki prospek karir yang lebih baik, dan juga bonus bisa sekalian traveling.

Mungkin masing-masing orang memiliki tujuan berbeda untuk kuliah ke luar negeri. Terlepas dari hal itu, kuliah ke luar negeri dijamin akan memberikan banyak benefit yang baik untuk ke depannya. Jika kamu memiliki cita-cita kuliah di luar negeri, belum terlambat untuk merealisasikannya. Jika biaya menjadi kendala kamu, maka coba untuk melamar beasiswa Eropa atau Amerika, maupun beasiswa di benua lainnya.

Beasiswa Luar Negeri S1: Informasi Lengkap

Tak sedikit anak muda Indonesia yang melanjutkan kuliah ke luar negeri dengan mengkamulkan beasiswa. Kamu tentunya tertarik bukan untuk mengikuti jejak mereka? Namun untuk bisa menjadi seperti mereka, kamu tidak boleh menggunakan cara yang biasa. Pasalnya peminat beasiswa Eropa  atau Amerika terbilang banyak dan Kamu harus siap-siap bersaing dengan beberapa dari mereka. Agar beasiswa incaran Kamu bisa didapatkan, ada beberapa tips yang harus kamu lakukan, antara lain:

  • Memiliki motivasi dan keinginan yang kuat

Sebelum memulai sesuatu, faktor dari dalam diri menjadi salah satu penentu berhasil tidaknya dalam menggapainya. Nah, jika kamu memiliki keinginan mendapatkan beasiswa ke luar negeri maka yakinkan ke diri kamu sendiri terlebih dahulu bahwa hal ini sungguh-sungguh bukan hanya karena keinginan sesaat. Motivasi diri kamu terlebih dahulu dan yakinlah bahwa kamu bisa dan akan berusaha sungguh-sungguh.

  • Menentukan perguruan tinggi dan jurusan

Meskipun banyak sekali beasiswa Eropa maupun US yang bisa kita apply, namun pastikan terlebih dahulu apakah universitas tersebut memiliki jurusan yang sesuai dengan bakat dan minat kita. Jangan sampai kamu memilih jurusan yang salah dan kurang sesuai dengan kamu. Karena hal ini bisa saja mendatangkan masalah di kemudian hari. Selain itu pertimbangkan juga peringkat jurusan yang kamu ambil, selain peringkat universitasnya juga karena keduanya tentu memiliki kriteria berbeda. Sebaiknya kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya agar kamu bisa mendapatkan beasiswa Eropa dan Amerika di universitas yang terbaik dan sesuai dengan bakat dan minat kamu.

beasiswa eropa
  • Memiliki nilai akademis yang bagus

Untuk kamu yang memiliki mimpi untuk kuliah ke luar negeri, maka lakukan persiapan dari jauh-jauh hari, terutama yang berhubungan dengan nilai akademis. Untuk kamu yang berada di bangku SMA, pendidikan sarjana ataupun master, usahakan selalu memiliki prestasi akademik yang bagus. Karena hal ini nantinya juga turut menjadi bahan pertimbangan dalam mendapatkan beasiswa.

  • Memiliki jiwa kepemimpinan yang bagus

Untuk mendapatkan beasiswa, tidak cukup hanya dengan memiliki nilai akademis dan prestasi yang bagus saja. Kamu juga harus memiliki sesuatu yang menarik agar pemberi beasiswa yakin bahwa kamu adalah orang yang tepat. Biasanya pihak pemberi beasiswa akan mencari seseorang yang selain bagus akademisnya, namun juga memiliki jiwa kepemimpinan. Untuk itu, bagi kamu yang serius ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri bisa melatih leadership dengan mengikuti organisasi-organisasi yang positif, seperti OSIS atau Himpunan Mahasiswa.

Beasiswa Inggris: Daftar Lengkap Untuk Mahasiswa Indonesia

  • Memiliki jiwa relawan

Selain jiwa kepemimpinan (leadership), pengalaman dalam kegiatan sosial juga bisa menjadi nilai tambah dalam mendapatkan beasiswa. Pasalnya beberapa jenis beasiswa lebih tertarik dengan pelamar yang memiliki pengalaman sebagai relawan dalam kegiatan sosial. Contohnya seperti beasiswa Erasmus Mundus Eropa, beasiswa Chevening dari Inggris, dan beasiswa Fullbright dari AS.

  • Menguasai bahasa asing dengan lancar

Untuk kuliah di luar negeri, kamu harus bisa menguasai bahasa Asing, setidaknya bahasa Inggris. Biasanya persyaratan beasiswa luar negeri juga harus memiliki kemampuan bahas asing dengan level tertentu. Biasanya pemberi beasiswa akan mensyaratkan test bahasa sendiri, namun yang paling sering digunakan adalah TOEFL dan IELTS.

  • Manfaatkan rekomendasi

Agar pihak pemberi beasiswa mengetahui performa yang kamu miliki, sebaiknya sertakan surat rekomendasi dari staf pengajar di institut kamu. Karena tak jarang pihak pemberi beasiswa akan menghubungi untuk menanyakan tentang kamu. Pastikan kamu memang juga memiliki rekam jejak yang baik.

  • Membuat curriculum vitae (CV) yang menarik

Dari CV akan terlihat gambaran perjalanan kamu selama ini. Agar bisa membuat CV yang baik, kamu harus cermat mencatat setiap kegiatan yang pernah kamu lakukan berdasarkan waktu kegiatan tersebut. Untuk apply beasiswa ke luar negeri, pastikan CV yang kamu buat representatif namun tetap informatif.

  • Motivation letter yang mengesankan

Dalam motivation letter, jelaskan kenapa kamu tertarik dengan jurusan tersebut dan motivasi apa yang melatarbelakanginya. Buat semenarik dan semeyakinkan mungkin bahwa kamu memang sungguh-sungguh dan memiliki komitmen yang tinggi sehingga layak mendapatkan beasiswa dari mereka.

  • Mempersiapkan dengan baik untuk test dan interview penerima beasiswa

Agar mendapatkan beasiswa Eropa maupun di negara lainnya, pastikan kamu melakukan persiapan dengan matang. Mengingat akan ada test dan interview, maka jangan malas untuk terus berlatih. Cari informasi sebanyak-banyaknya terkait test atau wawancara seperti apa yang diujikan. Sehingga nantinya kamu bisa melalui proses ini dengan tenang dan lancar.

Beasiswa Kuliah di Luar Negeri [S1/S2/S3]: Daftar Lengkap