Beasiswa Erasmus Mundus: Info & Penjelasan Lengkap

Saat ini banyak sekali beasiswa pendidikan yang ditawarkan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Bagi kamu yang ingin kuliah di luar negeri, beasiswa Erasmus merupakan salah satu beasiswa yang populer bagi pelajar Indonesia. Wajar saja, tidak sedikit beasiswa yang meng-cover seluruh biaya. Beasiswa Erasmus Mundus adalah salah satunya. Banyak anak muda Indonesia yang berkuliah di luar negeri dengan mengikuti program beasiswa tersebut. Jadi tidak ada salahnya jika kamu ikut mencobanya.

Beasiswa S2 Luar Negeri: Tips & Trik Mudah

Program beasiswa Erasmus Mundus merupakan program kerjasama di bidang pendidikan yang memiliki tujuan untuk memperkenalkan Uni Eropa sebagai pusat dari keunggulan ilmu dunia. Untuk beasiswa dari program ini merupakan bantuan hibah dari Uni Eropa dengan tujuan untuk mendorong dan membuka peluang kepada mahasiswa ataupun mahasiswi lulusan S1 dari negara-negara selain Uni Eropa untuk mengikuti program Magister Erasmus Mundus tertentu di Eropa dalam kurun waktu 1-2 tahun. Selain itu terdapat juga dana untuk para akademisi yang melakukan penelitian atau tugas mengajar dan kegiatan ilmiah lembaga dalam program magister Erasmus Mundus dalam jangka waktu 3 bulan.

Untuk bisa mengikuti program beasiswa Erasmus ini, harus memenuhi berbagai persyaratan sebagai berikut:

  • Warga negara di luar Uni Eropa.
  • Tidak terdaftar sebagai penduduk di salah satu negara anggota Uni Eropa.
  • Belum pernah melakukan kegiatan utama, baik bekerja atau kuliah selama lebih 12 bulan dalam 5 tahun terakhir di salah satu negara anggota Uni Eropa.
  • Sudah menyelesaikan pendidikan S1. Namun untuk yang sudah mendapat gelar kesarjanaan yang lebih tinggi juga bisa mendaftar program Magister Erasmus Mundus selama untuk kriteria penerimaan program tersebut memperbolehkan.
  • Sudah diterima atau terdaftar pada program Magister Erasmus Mundus.
beasiswa erasmus

Mengingat yang bisa mengikuti beasiswa Erasmus Mundus hanyalah warga negara di luar negara Uni Eropa, maka yang bisa mengikuti adalah warga negara selain dari negara berikut ini:

  • 27 negara anggota Uni Eropa, yaitu Republik Ceko, Belgia, Bulgaria, Denmark, Estonia, Jerman, Irlandia, Spanyol, Yunani, Italia, Perancis, latvia, siprus, Hungaria, Luksemburg, Lithuania, Belanda, Polandia, Malta, Austria, Portugal, Rumania, Slowakia, Slovenia, Swedia, finlandia, dan Kerajaan Inggris.
  • Negara-negara EEA-EFTA, yaitu Norwegia, Islandia, dan Liechtenstein.
  • Turki, negara-negara Balkan baratt, yaitu Albania, Kroasia, Bosnia-Herzegovina, Kosovo berdasarkan Resolusi DK PBB 1244/99, Republik Makedonia bekas Yugoslavia, Serbia dan Montenegro. Selain itu juga negara Swiss.

Beasiswa Inggris: Daftar Lengkap Untuk Mahasiswa Indonesia

Nilai tambah yang akan didapatkan bagi yang mengikuti program Magister Erasmus Mundus, yaitu:

  • Program studi yang terpadu pada tingkat magister.
  • Mahasiswa dan mahasiswi akan menjalani perkuliahan sekurang-kurangnya 2 dari 3 lembaga pendidikan di 2 negara berbeda di Eropa.
  • Dari program Magister Erasmus Mundus nantinya akan mendapatkan gelar kesarjanaan ganda atau bersama.
  • Untuk program Magister Erasmus Mundus yang terdiri dari 60-120 kredit European Credit Transfer System (ECTS) di tingkat magister ditempuh dalam jangka waktu 1-2 tahun.
  • Program yang disediakan mencakup berbagai macam disiplin ilmu, seperti ilmu bisnis dan manajemen, ilmu pertanian dan kehutanan, ilmu komunikasi dan informasi, teknik dan teknologi, pendidikan dan pengajaran, humaniora, hukum, dll.

Beasiswa yang diberikan merupakan full scholarship. Nantinya mahasiswa akan mendapatkan beasiswa selama 2 tahun masa program Magister Erasmus Mundus, yang meliputi biaya perjalanan, biaya kuliah, uang tunjangan bulanan, akomodasi, dlsb. Sedangkan untuk para akademisi yang mengikuti program selama 3 bulan akan mendapatkan beasiswa yang meliputi akomodasi, tunjangan bulanan, biaya perjalanan, dll.

Nah, jika kamu tertarik untuk mendaftar beasiswa Erasmus Mundus, bisa disampaikan langsung ke Konsorsium Magister Erasmus Mundus yang menawarkan program tertentu yang kamu minati. Untuk persyaratan khusus dan kriteria diterimanya ditentukan masing-masing Konsorsium. Masing-masing Konsorsium memiliki persyaratan dan kriteria sendiri-sendiri. Hampir setiap tahun program beasiswa ini dibuka. Sehingga bagi yang tertarik bisa selalu update berita terbaru. Batas akhir pengajuan beasiswa ditentukan juga oleh Konsorsium, bisa pada awal Desember hingga pada akhir Januari. Untuk pendidikannya biasanya dimulai pada kisaran bulan Agustus dan November. Perlu diketahui, Beasiswa ini tidak berlaku untuk program magister lain. Dengan kata lain, tidak berlaku jika mahasiswa ataupun akademisi yang sudah diterima pada program magister lain di Eropa. Namun tidak semua mahasiswa yang diterima program Magister Erasmus Mundus akan menerima beasiswa. Hal ini masih ditentukan oleh konsorsium.

Beasiswa Kuliah di Luar Negeri [S1/S2/S3]: Daftar Lengkap