Website Jurnal Gratis: Daftar Situs & Cara Download

Website jurnal gratis menjadi alternatif peneliti untuk mencari bahan yang bisa dijadikan referensi. Kita perlu familiar dengan beberapa daftar situs yang menyediakan website jurnal gratis supaya cepat dalam menemukan referensi.

Para intelektual baik dari kalangan pelajar maupun yang berkecimpung dalam dunia pendidikan, pastinya sangat familiar dengan yang namanya jurnal ilmiah. Mencari maupun menulis jurnal ilmiah adalah kondisi yang ditemui sehari-hari.

Baca juga: Jurnal Indonesia Terindeks Scopus

Jurnal ilmiah merupakan salah satu persyaratan untuk meningkatkan posisi atau jabatan seseorang dalam dunia pendidikan. Selain itu jurnal ilmiah juga menjadi referensi penulisan karya ilmiah lainnya sehingga siapa saja yang membuat jurnal ilmiah haruslah didukung dengan data yang benar sehingga bisa dipertanggungjawabkan.

Karena detailnya proses pembuatan jurnal ilmiah ini, tak aneh jika pembuatnya mewajibkan seseorang yang ingin menggunakan jurnal untuk membayar sejumlah biaya royalti. Namun meski begitu, ternyata banyak juga jurnal ilmiah yang bisa digunakan secara bebas alias gratis asalkan dipakai untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Jurnal ilmiah gratis tersebut bisa kamu peroleh di berbagai website jurnal gratis yang bisa kamu akses dari mana saja.

Sebagai mahasiswa atau peneliti, kamu bisa mencari jurnal ilmiah secara gratis di perpusnas digital. Perpusnas digital memiliki koleksi berbagai jenis jurnal ilmiah yang bisa kamu gunakan untuk membuat skripsi, tugas akhir, tesis maupun penelitian.

Semua yang ada di Perpusnas digital bisa digunakan gratis meski sebenarnya ada banyak jurnal atau buku yang memerlukan pembayaran royalti agar bisa digunakan. Pemerintah indonesia sudah membayarkan royalti untuk kamu sehingga semua anggota Perpusnas bisa mengakses semua koleksi dengan cuma-cuma.

Selain Perpusnas, di indonesia sendiri masih banyak situs atau website yang bisa digunakan untuk mengupload sekaligus mendownload jurnal secara gratis, salah satunya adalah dari situs lipi. Lipi adalah kependekan dari lembaga ilmu pengetahuan indonesia yang memiliki situs untuk mengupload berbagai kategori jurnal ilmiah, karya tulis dan lainnya dalam bentuk online.

Jurnal yang disediakan oleh LIPI sepenuhnya adalah gratis yang bisa kamu akses dari mana saja. Karena kebanyakan jurnal ilmiah ditulis oleh masyarakat indonesia, maka jurnal ilmiah yang ada di LIPI sebagian besar menggunakan bahasa indonesia meski ada juga yang menggunakan bahasa inggris.

Baca juga: Jurnal OJS

Selain website jurnal gratis dari indonesia di atas, kamu yang mencari jurnal internasional juga masih memiliki banyak website yang menyediakan jurnal gratis seperti di bawah ini:

Google Scholar

Mesin pencari Google juga memiliki situs pencari khusus untuk menemukan jurnal ilmiah yang kamu inginkan. Menggunakan mesin pencari ini, kamu akan bisa menemukan berbagai jurnal ilmiah yang ditulis oleh masyarakat dunia dengan berbagai bahasa. Google Scholar memiliki koleksi jurnal ilmiah berbayar maupun gratis, kamu tinggal menyeleksi sesuai dengan kebutuhan untuk mendownload mana yang diinginkan.

Academia.edu

Academia.edu merupakan situs tempat mengupload jurnal ilmiah secara gratis dan mengunduhnya dengan cara berbayar maupun gratis. Disini kamu akan menemukan berbagai tema jurnal ilmiah baik dari dunia sains, teknologi, kesehatan, hukum dan bidang ilmu lainnya. Academia.edu merupakan salah satu situs pencari jurnal gratis yang populer di seluruh dunia.

Books.org

Di situs books.org kamu bukan hanya bisa menemukan jurnal ilmiah internasional secara gratis namun juga berbagai buku bacaan ataupun ilmiah secara gratis. Karena digunakan secara internasional, koleksi books.org ditulis dalam berbagai bahasa. Gunakan filter untuk mencari apa yang kamu inginkan. Selain buku dan jurnal ilmiah, books.org juga memiliki koleksi artikel dari berbagai tema ilmu pendidikan dan sosial. 

Itulah beberapa website jurnal gratis yang bisa kamu gunakan saat membutuhkan jurnal ilmiah baik yang ditulis dengan bahasa indonesia maupun bahasa asing. Dengan menggunakan jurnal ilmiah gratis yang diperoleh secara online, kamu akan menghemat biaya untuk membuat skripsi dan penelitian.

Selain itu cara mengunduh jurnal ilmiah sangatlah mudah karena kamu tak perlu membeli buku atau mendatangi universitas tempat jurnal ilmiah tersebut disimpan untuk bisa membacanya. Proses pemilihan jurnal pun sangat mudah dan cepat karena situs atau website tersebut di atas bisa menampilkan isi jurnal sebelum kamu memilih mana yang ingin digunakan atau didownload.