Wawasan Kebangsaan: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Contoh

Wawasan kebangsaan menjadi pilar penting keberhasilan masyarakat dalam sebuah bangsa untuk mencapai tujuan bersamanya. Dalam kehidupan berbangsa, kita tidak bisa sekadar numpang hidup, melainkan juga harus merawat dan menguatkan keutuhan bangsa kita sendiri.

Artikel ini akan mengulas secara ringkas arti wawasan kebangsaan disertai contohnya. Wawasan merupakan cara pandang yang menyeluruh. Dapat diartikan pula sebagai pengetahuan, namun tak sekadar pengetahuan teoritis, tetapi juga pengetahuan yag diperoleh dari pengalaman hidup.

Pengertian wawasan kebangsaan

Yaitu cara pandang masyarakat sebagai bagian dari bangsa terhadap diri dan lingkungannya dalam penyelenggaraan kehidupan bernegara.

Dari definisi itu, kita bisa memahami pentingnya pengetahuan tentang kedirian. Tentu saja yang dimaksud disini adalah kebangsaan. Bangsa sebagai diri.

Juga, bangsa sebagai lingkungan yang dalam konteks Indoenesia terbentuk atas kemajemukan atau keanekaragaman. Pengetahuan ini menjadi basis kesadaran yang digunakan untuk memandang seluruh aspek kehidupan.

Artinya, ketika kita memahami wawasan kebangsaan, kita perlu menggunakan itu sebagai cara pandang kita dalam melihat sesuatu. Termasuk dalam mencapai tujuan bersama sebagai satu bangsa.

Sampai di sini, wawasan kebangsaan menjadi landasan bersama dalam upaya pencapaian visi besar bangsa Indonesia.

Baca juga: Sistem Pemerintahan Indonesia

Untuk lebih detail memahaminya, kita perlu masuk pada fungsi dan tujuannya

Fungsi dan tujuan wawasan kebangsaan

Fungsi dasarnya adalah sebagai fondasi. Fungsi lainnya mencakup panduan, motif, dan dorongan dalam kehidupan berbangsa. Di level pemerintahan, baik daerah maupun pusat, kita bisa pahami dalam konteks perumusan kebijakan dan relasinya dengan masyarakat.

Wawasan ini juga memberi batasan-batasan terhadap nilai kebangsaan supaya tidak jatuh pada keburukan atau nilai yang merugikan bangsa.

Tujuan wawasan ini membentang dari kesadaran diri sampai nasionalisme atau patriotisme. Kesadaran diri yang dimaksud adalah pengetahuan tentang kondisi internal bangsanya. Naionalisme atau patriotisme tidak sekadar identitas, melainkan juga keberpihakan yang jelas pada kepentingan bangsa diatas kepentingan pribadi.

Fungsi dan tujuan yang disampaikan di sini cukup memberi kita gambaran tentang pentingnya wawasan ini agar dimiliki oleh setiap orang, apalagi para pembuat kebijakan.

Contoh wawasan kebangsaan

Beberapa contoh yang saya paparkan disini diklasifikasikan berdasarkan aspeknya. Mulai dari demografi hingga ideoogi.

Demografi

Yaitu wawawan mengenai kondisi kependudukan negara Indonesia. Tidah hanya meliputi seberapa banyak dan bagaimana tren pertumbuhannya, melainkan juga yang tidak kalah penting yaitu komposisi kelas sosialnya, ekonominya dan politiknya.

Geografi

Yaitu wawasan mengenai posisi negara dalam konteks kewilayahan. Pengetahuan dan kesadaran tentang ini juga meliputi posisi strategis bangsa Indonesia dalam peta geopolitik global. Ketimpangan spasial juga bagian dari komposisi wawasan ini.

Politik

Yaitu mengenai sistem politik yang dianut suatu bangsa. Indonesia sejak reformasi berupaya menetapkan kembali demokrasi Pancasila. Sikap politik ini semestinya menjadi landasan dalam setiap proses pengambilan kebijakan politik.

Hukum

Yaitu berkaitan dengan sistem hukum yang diterapkan di negara ini. Melalui proses politik, hukum diturunkan dalam bentuk tertulis yang disepakati. Namun, sering kali penegakannya tergantung pesanan. Hukum yang tumpul keatas adalah contoh praktik kehidupan yang dijalankan tanpa adanya wawasan kebangsaan.

Ideologi

Yaitu wawasan mengenai nilai-nilai dan tujuan yang dianut oleh bangsa dimana warganya juga mengakui itu sebagai suatu kebenaran dan kebaikan bagi kemaslahatan. Dalam konteks Indonesia, kita mengenal Pacasila. Nilai-nilai dalam pancasila menjadi nyawa dari ideologi yang dianut oleh warga negara ini.

Baca juga: Pengertian Ideologi

Diluar kelima contoh wawasan di atas, tentu saja masih ada beberapa lainnya. Kekayaan alam yang tertimbun di bawah tanah adalah salah satunya. Pengetahuan tentang kondisi alam Indonesia juga tak kalah penting untuk diinternalisasi menjadi sebuah kesadaran.

Ringkasnya wawasan kebangsaan meliputi segala aspek yang menyeluruh tentang kondisi, problem, peluang dan visi bangsa dan negara.