Tujuan Penelitian: Contoh dan Cara Membuatnya

Tujuan penelitian merupakan bagian penting dari proposal penelitian. Nama lain bagian ini adalah Objective atau Objektif. Pembaca, reviewer atau funding akan membaca bagian ini secara seksama sebelum memutuskan apakah menerima atau menolak proposal penelitian.

Dalam penelitian akademik, misalnya skripsi atau tesis, dosen pembimbing dan penguji juga akan mencermati secara seksama bagian tujuan penelitian ini. Tanpa tujuan penelitian yang jelas, proposal kamu akan ditandai untuk revisi tau bahkan ditolak.

Tetapi jangan takut membuat proposal riset. Artikel ini akan menguraikan bagaimana membuat tujuan penelitian untuk proposal penelitian. Contoh yang dipaparkan semoga dapat menjadi rujukan buat kamu yang sedang menulis proposal penelitian berupa skripsi, tesis atau lainnya.

Sistematika Proposal Penelitian

Tujuan penelitian dan contohnya

Untuk memahami secara lebih mudah, kita langsung menyimak contohnya. Misalnya, kamu mau melakukan penelitian tentang peran pemuda desa Kedungmiri dalam pengembangan pariwisata di Bumiayu. Salah satu spot wisata yang dikembangkan adalah air terjun bumiayu.

Masalah yang akan kamu teliti tentu saja tentang partisipasi pemuda yang secara sukarela aktif memanfaatkan segala sumber daya untuk membuka beberapa spot wisata di Bumiayu. Pemuda desa Kedungmiri tampak berbeda dengan pemuda lainnya. Mereka sangat familiar dengan teknologi digital dan senang berkomunitas.

Lalu, kamu buat proposal tentang peran pemuda tersebut. Perlu dipahami, bahwa dalam sistematika kepenulisan proposal, tujuan penelitian ditulis setelah latar belakang dan rumusan masalah. Artinya, kamu tidak bisa menulis tujuan penelitian sebelum tau masalah apa yang ingin kamu teliti dan apa latar atau setting masalahnya.

Sebelum menulis tujuan penelitian. Pastikan kamu mengetahui logika penerapan objektif dalam penelitian. Tujuan riset atau penelitian adalah menjawab rumusan masalah. Tentu saja, kamu tidak perlu menulis bahwa tujuan riset ini adalah menjawab rumusan masalah. Cukup itu dipahami sebagai logika berpikir saja.

Selanjutnya, dengan contoh penelitian tentang peran pemuda, bagaimana menuliskannya. Pertama, pastikan kamu sudah memformulasi pertanyaan penelitian atau rumusan masalahnya. Misalnya saja seperti ini:

Bagaimana peran pemuda desa Kedungmiri dalam mengembangkan spot pariwisata air terjun di Bumiayu?

Ingat, pertanyaan itu hanya contoh saja, kamu tidak akan menemukan spot wisata tersebut di sana. Tidak masalah, karena yang penting bagaimana menulis tujuan penelitian. Di bagian tujuan, kamu bisa tulis seperti ini contohnya:

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran pemuda desa Kedungmiri dalam partisipasinya mengembangkan spot wisata air terjun di Bumiayu sehingga menjadi salah satu destinasi wisata populer di sana. Eksplorasi peran pemuda meliputi asal-usul sumber daya yang dimiliki pemuda dan aktivisme kreatif menggunakan media sosial untuk menginisiasi destinasi wisata.

Tujuan atau objektif tersebut cukup detail. Lebih detail dari pertanyaan penelitian. Poin pentingnya adalah tujuan atau objektif menunjukkan secara eksplisit upaya peneliti untuk menawab pertanyaan penelitian.

Secara teknis, penulisan tujuan riset tidak selalu dalam bentuk narasi. Bisa juga dalam bentuk poin-poin. Tidak ada batasan harus berapa poin asal relevan. Intinya, tidak perlu khawatir mengenai persoalan teknis. Tujuan tersebut menjawab rumusan masalah.



Manfaat Penelitian dan Tujuan Penelitian

Ingat kembali bahwa makin detail ditulis maka semakin baik, karena pembaca proposal akan mengapresiasi proposal kamu jika kamu mampu menunjukkan secara jelas mengapa kamu melakukan penelitian tersebut.

Sering kali problem yang dialami oleh pembelajar, peneliti dan mahasiswa adalah terlalu terpaku pada persoalan teknis. Tujuan riset atau penelitian narasinya hampir sama persis dengan pertanyaan penelitian, bedanya tanpa kata tanya dan tanda tanya. Ini pemahaman yang keliru.

Semestinya, peneliti berpijak pada pengetahuan tentang logika dari tujuan penelitian, bukan pada soal teknis bagaimana menuliskannya.