Susunan Makalah: Contoh & Penjelasan Lengkap

Susunan makalah yang baik dan benar harus sistematis dan sesuai dengan kaidah ilmiah. Susunan makalah di sini merupakan struktur kepenulisan paper ilmiah atau artikel ilmiah yang biasanya ditulis dalam rangka tugas sekolah, tugas kuliah atau tugas akademik lainnya.

Baca juga Metode Ilmiah: Pengertian dan Contohnya



Postingan ini akan membahas tentang bagaimana susunan makalah yang sesuai dengan kaidah ilmiah. Saya akan memaparkan contoh susunan makalah yang standar sebagai gambaran saja, diikuti oleh penjelasan singkatnya tiap bagian.

Membuat makalah telah menjadi bagian rutin dari tugas individu atau kelompok yang memiliki siswa atau mahasiswa. Menulis makalah tidak seperti mengarang atau membuat opini lainnya. Makalah harus disusun secara sistematis dan dapat dipertanggungjawabkan keilmiahannya.

Contoh susunan makalah

Sebelum melihat contoh, alangkah baiknya pembaca telah memahami apa itu makalah dan apa bedanya dengan karya tulis lainnya seperti skripsi, tesis, disertasi, dan sebagainya. Untuk mengetahui definisinya tidaklah sulit. Makalah biasa disebut juga paper ilmiah. Jelas di sini bahwa makalah memiliki unsur ilmiah yang artinya harus bisa dipertanggungjawabkan secara akademis.

Baca juga: Pengertian Makalah



Tidak ada berapa jumlah pasti halaman makalah atau paper ilmiah. Berdasarkan pengalaman saya menulis makalah, guru atau dosen meminta muridnya menulis antara 3-10 halaman. Tentu saja ada pula makalah yang ditulis hanya 2 halaman yang biasanya untuk latihan atau pemula. Atau bisa lebih dari 10 halaman untuk tugas akhir mahasiswa.

susunan makalahOleh karena makalah harus mengandung unsur ilmiah, proses penelitian atau riset selalu mendahului proses penulisan makalah. Penelitian yang dilakukan juga tidak sembarangan, melainkan sesuai dengan metodologi riset yang direlevan.

Bentuk susunan makalah sebenarnya beragam. Ada yang strukturnya mirip dengan skripsi atau tesis dengan jumlah kata dan jumlah halaman yang lebih sedikit. Ada pula yang mirip esai atau opini di koran. Di sini saya berikan contoh struktur makalah dalam bentuknya yang umum saja. Susunan makalah ini bisa pula dijadikan sebagai panduan menulis kerangka makalah penelitian. Berikut contohnya:

√ JUDUL MAKALAH
√ PENGANTAR

  • Tuliskan masalah penelitian sebagai latar belakang studi
  • Tuliskan bagian dari masalah tersebut yang belum pernah diteliti sebelumnya sehingga perlu kamu teliti
  • Tuliskan apa tujuan kamu membahas masalah dan menulis makalah tersebut

√ METODE

  • Deskripsikan konteks atau setting penelitian yang dilakukan
  • Tulis secara ringkas dan jelas desain penelitian yang digunakan
  • Deskripsikan siapa populasi atau partisipan yang terlibat
  • Deskripsikan bagaimana teknik sampling dilakukan, disertai intervensi jika ada
  • Deskripsikan variabel penelitian yang digunakan
  • Deskripsikan instrumen dan proses pengumpulan datanya
  • Deskripsikan bagaimana analisis data dilakukan

√ HASIL

  • Deskripsikan hasil pengumpulan datanya
  • Deskripsikan data terkait partisipan yang terlibat dalam penelitian
  • Tulis hasil temuan penelitian yang berkaitan dengan pertanyaan penelitian

√ DISKUSI

  • Tuliskan inti dari temuan penelitian
  • Diskusikan temuan penelitian kamu dengan hasil studi yang pernah dilakukan sebelumnya
  • Diskusikan implikasi dari temuan penelitian tersebut
  • Analisis apa kelebihan dan batasan atau kekurangan dari studi yang dilakukan
  • Tawarkan potensi agenda riset lanjutan

√ REFERENSI

Baca juga Desain Penelitian: Contoh dan Jenisnya



Dari contoh susunan di atas, kita dapati bahwa diluar judul dan referensi, setidaknya terdapat empat bagian inti struktur kepenulisan paper ilmiah yang standar. Keempat bagian tersebut diantaranya: pengantar, metode, hasil, dan diskusi.

♣ Bagian pengantar berupaya menjawab pertanyaan tentang apa yang akan diteliti, mengapa perlu diteliti dan apa tujuannya.

♣ Bagian metode berupaya menjelaskan tentang bagaimana penelitian tersebut dilakukan. Pada bagian ini, penulis harus selalu merujuk pada permasalahan yang dibahas dan bagaimana pertanyaan penelitian akan dijawab.

♣ Bagian hasil menjelaskan tentang apa yang saja diperoleh setelah data dikumpulkan dan diolah. Pada bagian ini penulis menampilkan hasil baik temuan awal maupun data yang sudah diolah melalui proses analisis.

♣ Bagian diskusi merupakan ruang dimana penulis berkreasi menciptakan dialog antara hasil temuan penelitiannya, dengan hasil penelitian yang sudah ada sebelumnya dalam kajian pustaka atau review literatur. Di sini pengetahuan penulis dari membaca literatur yang relevan dipertemukan dengan pengetahuan penulis yang diperoleh dari hasil penelitiannya sendiri.

Baca juga: Contoh Kajian Pustaka



Sebelum ditutup, saya perlu menyampaikan bahwa penjelasan mengenai judul dan referensi tidak disertakan di sini karena ekspektasinya pembaca sudah mengerti seperti apa itu bentuknya. Tentu saja ada teknik-teknik tersendiri tentang bagaimana membuat judul penelitian yang simpel dan menarik, serta bagaimana menulis referensi yang baik dan benar.

Kedua bagian tersebut bisa dicari di postingan lain di blog ini. Artikel ini akan membatasi penjelasan pada contoh struktur dan susunan makalah saja.

Baca juga: Cara Membuat Judul Skripsi yang Simpel dan Fancy