Sosiologi dan Ekonomi: Beda Frase, Beda Makna

Sosiologi dan ekonomi mengalami disparitas lingkup studi selama beberapa dekade terakhir. Sosiologi dan ekonomi seolah menjadi dua disiplin yang tak berkaitan satu sama lain. Fenomena ini ternyata bisa diidentifikasi dengan jelas dari istilah-istilah yang digunakannya. Coba simak uraian berikut ini.

Sekelompok buruh turun ke jalan menuntut kenaikan upah. Seorang analis mengatakan ”mereka butuh lebih banyak uang”. Analis lain mengatakan ”mereka ingin lebih banyak uang”. Di sini terlihat perbedaannya: kebutuhan vs keinginan, need vs want. Mana yang lebih tepat? Mengapa beda analis, beda istilah? Tebakannya mudah, karena mereka beda fakultas!

sosiologi dan ekonomi

Sering kali ketika di kampus kita lebih nyambung ngobrol atau berdiskusi isu-isu penting dengan teman atau kolega se-jurusan, se-departemen, se-fakultas. Ketika bertemu teman lain jurusan atau lain fakultas, atau dengan disiplin ilmu yang berbeda, kadang kita sulit memahami apa yang dimaksud lawan bicara kita. Hal ini bisa jadi karena perbedaan maksud dari istilah yang digunakan. Dua mahasiswa PhD bidang sosiologi ekonomi dari Universitas Chicago, Jeffrey Smith dan Kermit Daniel membuat daftar contoh istilah membingungkan khususnya dalam bidang sosiologi ekonomi yang perlu klarifikasi agar pendengar tidak kebingungan. Di sini, saya tulis daftar istilah tersebut. Saya ambil dari ”Economic/Sociology Phrase Book” karya Smith dan Daniel yang saya interpretasi dan terjemahkan secara bebas.

Simak daftar istilah sosiologi dan ekonomi berikut:

Istilah Sosiologi Istilah Ekonomi
Kebutuhan Keinginan
Perilaku rasional Pengambilan keputusan berdasarkan kalkulasi matematis dikombinasikan dengan fungsi utilitas dimana kekayaan finansial menjadi tujuan utama
Perbedaan orientasi nilai Kemalasan
Korelasi Korelasi
Determinasi Korelasi
Kasualitas Korelasi
Analisis struktural Analisis regresi
Empiris Crosstabs
Eksploitasi Kontrak
Diskriminasi Perbedaan upah
Upah rendah Produktivitas rendah
Upah tinggi Produktivitas tinggi
Patriarki Keluarga inti
Modal sosial Teman
Marxisme Marxisme
Sosialisme Marxisme
Komunisme Marxisme
Pemerintah Negara
Maksimalisasi keuntungan Maksimalisasi pendapatan
Pengangguran Leisure
Ekonomi makro Ekonomi manajemen Keynesian
Ekonomi neoklasik Ekonomi
Ekonomi Marxis Sosiologi
Diktator Pemimpin
Struktural Abstraksi matematis
Elastisitas Nol
Model Eksplanasi

Tampak jelas perbedaan antara istilah sosiologi dan ekonomi? Daftar istilah ekonomi diatas sering dipakai oleh ekonom terkenal seperti Gary S. Becker. Istilah sosiologinya ditulis oleh mahasiswa sosiologi ekonomi Smith dan Daniel. Versi lengkapnya bisa didownload di sini

Keterbatasan definisi istilah terdapat pada hampir semua bidang ilmu. Daftar diatas menunjukkan limitasi istilah Ekonomi. Maksudnya, ekonomi neoklasik. Maka tidak salah jika seseorang selalu meminta klarifikasi dari istilah yang dipakai lawan bicara ketika diskusi atau debat. Daftar istilah sosiologi diatas lebih beragam, kompleks, dan tentu saja terbuka untuk diperdebatkan dan dipertanyakan. Pada akhirnya klarifikasi istilah penting dalam diskursus terutama ilmu sosial. Kebingungan menjadi konsekuensi logis yang harus diterima dalam proses memahami. Reskonya bisa mengerti atau salah mengerti. Selamat belajar!