Situs Pencari Jurnal Nasional & Internasional Lengkap

Situs pencari jurnal nasional dan internasional yang akan disebutkan di sini menyediakan sebagaian besar artikelnya secara gratis. Sebagai peneliti atau mahasiswa, bebrapa situs pencari jurnal berikut mungkin sudah sering kamu akses. Namun, kamu perlu mengetahui beberapa lainnya sebagai alternatif pencarian informasi.

Banyak faktor yang mengakibatkan penulisan laporan penelitian menjadi molor dari jadwal, salah satunya adalah sulitnya mencari referensi yang bisa dikamulkan untuk menyusun skripsi. Maklum saja, referensi yang dibutuhkan haruslah valid sehingga hasil riset nantinya bisa dipertanggungjawabkan. Jika kamu mengalami masalah tersebut, maka langsung bergerak cepat untuk menemukan situs pencari jurnal menjadi jalan terbaik.

Jurnal yang dibutuhkan adalah jurnal akademik yang berisi kumpulan artikel ilmiah dari penelitian yang bisa dipertanggungjawabkan. Jika dahulu referensi yang dicari umumnya adalah berbentuk buku atau penelitian, kini buku digital dalam bentuk artikel dan jurnal juga bisa menjadi referensi kamu.

Baca juga: Jurnal OJS

Tak perlu membeli buku atau mencarinya secara langsung di perpustakaan yang berada jauh dari kota domisili karena kini sudah ada situs pencari yang mengumpulkan berbagai jenis jurnal ilmiah yang siap kamu gunakan sebagai referensi. Apa saja situs pencari tersebut? Berikut ini adalah daftar situs pencari untuk menemukan jurnal ilmiah yang kamu butuhkan:

E-resources.purpernas.go.id (Perpusnas)

Perpusnas adalah Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dimana di dalamnya terdapat berbagai jenis jurnal ilmiah yang bisa kamu gunakan sebagai literatur. Jurnal ilmiah yang ada di sini semuanya bisa dipertanggungjawabkan dan asli sehingga menjadi sumber literasi yang mumpuni untuk skripsi. Beberapa jurnal sebenarnya memiliki sistem royalti, namun pemerintah indonesia telah membayarnya sehingga kamu bisa mengunduhnya secara gratis. Akan tetapi, untuk bisa masuk dalam situs perpusnas dan membaca koleksinya, kamu perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Proses pendaftaran tak akan memakan waktu lama dengan manfaat yang sangat besar bagi keberhasilan skripsi kamu.

Lipi.go.id (LIPI)

Jika di perpusnas.go.id kamu akan bisa menemukan referensi berbahasa indonesia maupun bahasa asing yang sesuai dengan kata kunci, maka di lipi.go.id semua referensi dan artikel tersedia dalam bahasa indonesia. LIPI sendiri adalah lembaga ilmu pengetahuan indonesia non kementrian yang mengumpulkan berbagai jurnal ilmiah dari penulis indonesia untuk bisa digunakan semaksimal mungkin demi peningkatan pendidikan di tanah air. Semua artikel di lipi bisa kamu baca dan gunakan secara gratis namun tetap harus memperhatikan penghormatan pada penulisnya dengan mencantumkan sumber secara jelas.

Scholar.google.com (Google Scholar)

Sebagai mesin pencari terbesar saat ini, Google tak berhenti hanya pada Google Book saja untuk memberikan literatur pada penggunanya. Google juga memiliki situs pencari jurnal untuk menemukan jurnal ilmiah dan karya skripsi dari berbagai mahasiswa di belahan dunia. Kamu juga mengetik kata kunci di Google Scholar untuk menemukan artikel ilmiah yang berkaitan dengan kata tersebut. Karena diunggah oleh masyarakat internasional, mungkin kamu akan menemukan artikel dengan bahasa Indonesia, Inggris maupun bahasa asing lainnya.

Academic.microsoft.com (Microsoft Academic)

Bukan hanya Google saja yang menjadi perusahaan raksasa dalam bidang it yang peduli terhadap pendidikan dan literasi. Microsoft juga memiliki mesin pencari jurnal ilmiah yaitu Microsoft Academic. Sama seperti Google Scholar, kamu bisa mengetikkan kata kunci untuk mencari literatur yang sesuai dengan kebutuhan. Setelah hasil literatur ditemukan, kamu masih bisa menyortirnya untuk memilih mana yang paling relevan seperti pada penyortiran bahasa, tahun pembuatan dan sebagainya. Kelebihan lain dari pencari ini adalah adanya fitur Call for Paper dimana kamu bisa mengikuti seminar yang diadakan secara online mengenai topik yang berhubungan dengan pencarian kamu tersebut.

Academia.edu (Academia Edu)

Ingin bertemu dengan peneliti, penulis dan penemu di seluruh dunia? Kamu bisa bergabung di academia.edu yang mirip dengan jejaring sosial ini. Mirip dengan Facebook, Academia Edu merupakan jejaring sosial yang lebih mengutamakan tersebarnya ilmu pengetahuan berupa jurnal dan literasi. Dari yang berbayar hingga literatur gratis bisa kamu temukan disini. Namun sebelum bergabung, kamu bisa mendaftarkan diri terlebih dahulu menggunakan akun Google ataupun Facebook.

Researchgate.net (Research Gate)

Ingin mendapatkan literatur ilmiah sekaligus ingin bertanya jawab seputar topik yang diangkat tersebut? Kamu bisa melakukan keduanya di Research Gate. Research Gate merupakan wadah para peneliti bertemu secara maya dan melakukan komunikasi. Kamu bisa meninggalkan pertanyaan untuk kemudian dijawab oleh anggota lainnya sehingga menciptakan sebuah konferensi secara tidak langsung.

Baca juga: Kumpulan Jurnal Internasional

Dengan mengetahui beberapa situs di atas, menulis paper dan laporan riset tak perlu menghabiskan banyak uang. Kamu bisa memanfaatkan sumber gratis yang diberikan oleh pemerintah maupun beberapa media lainnya melalui situs pencari jurnal. Tak ada salahnya mendaftarkan diri di beberapa situs untuk memperoleh artikel yang berbeda-beda demi kualitas skripsi atau tugas akhir kamu.