Ruang Lingkup Sosiologi: Beberapa Contoh

Ruang lingkup sosiologi merupakan objek kajian yang dipelajari dalam sosiologi. Objek kajian sosiologi sangat luas. Namun pada prinsipnya kita bisa mengatakan bahwa objek kajian sosiologi adalah masyarakat karena sosiologi merupakan studi tentang masyarakat.



Ruang lingkup sosiologi pada satu sisi terbatas, artinya dibatasi oleh aspek-aspek yang berkaitan dengan masyarakat saja. Namun disisi lain juga teramat luas karena aspek yang berkaitan dengan masyarakat tak terhitung jumlahnya.

Beberapa aspek masyarakat yang masuk dalam ruang lingkup sosiologi meliputi interaksi antar individu, individu dengan kelompok, kelompok dengan kelompok, dan karakteristik kelompok sosial yang beragam.

Baca juga Pengertian Sosiologi



Postingan ini akan membahas tentang ruang lingkup sosiologi. Pengertian singkat tentang apa ruang lingkup yang dimaksud disini adalah apa yang dipelajari dalam sosiologi.

Ruang lingkup sosiologi

Beberapa aspek yang dipelajari dalam sosiologi antara lain:

♣ Sosiologi mempelajari hubungan timbal balik antara individu dengan individu lain. Sebagai contoh, kita melihat seorang pemimpin dan pengikut yang memiliki interaksi yang khas. Setiap mereka bertemu, seorang pengikut selalu menundukkan pandangannya dan melaksanakan titah pemimpinnya. Fenomena interaksi dua orang ini sudah bisa menjadi objek kajian sosiologi.

♣ Sosiologi mempelajari hubungan antara individu dengan kelompok. Sebagai contoh, peran sosial seorang ayah yang memilih bekerja di kantor atau seorang ibu yang memilih bekerja di rumah. Pilihan untuk mememainkan peran sosial dipengaruhi oleh pandangan mereka tentang bagaimana membangun keluarga. Ayah atau ibu merupakan individu. Sedangkan keluarga adalah kelompok.

♣ Sosiologi mempelajari hubungan antara kelompok yang satu dengan kelompok lain. Sebagai contoh, konflik antar etnis yang terjadi di Kalimantan beberapa tahun silam. Hubungan antar etnis yang bertikai jelas bersifat konfliktual. Hubungan tersebut merupakan bentuk relasi antar kelompok masyarakat. Sosiologi dapat mengkajinya dari beberapa dimensi. Misalnya dari dimensi identitas, dimana kedua kelompok tersebut menggunakan identitas etnis untuk saling bermusuhan.

♣ Sosiologi mempelajari karakteristik atau ciri-ciri kelompok sosial yang beragam. Salah dua konsep dasar sosiologi yang banyak dipelajari adalah diferensiasi sosial dan stratifikasi sosial. Perbedaan kelompok sosial baik secara vertikal maupun horizontal bisa menjadi objek kajian sosiologi. Misalnya, mengapa sebagian orang menempati kelas sosial atas dan sebagian yang lain mau naik kelas aja kesulitan, malah menyungsep ke kelas bawah atau terjebak di kelas menengah.

Baca juga Kelompok Sosial: Pengertian dan Contohnya



Keempat aspek di atas boleh disebut sebagai ruang lingkup sosiologi karena merupakan objek kajian sosiologi. Sebelumya saya juga pernah menulis ringkasan tentang Objek Kajian Sosiologi di postingan lain. Sekadar informasi jika pembaca tertarik mendalami.

Menurut sosiolog Soerjono Soekanto, ruang lingkup sosiologi dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu ruang lingkup sosiologi secara umum dan khusus. Berikut penjelasan masing-masing ruang lingkupnya.

Ruang lingkup sosiologi secara umum

Sosiologi mempelajari, mengidentifikasi, mengkaji, menyelidiki, dan menginvestigasi pola perilaku manusia dalam hubungannya dengan manusia lain dan lingkungannya. Ruang lingkup ini sangat luas sehingga cukup tersamar dan luas. Sebagaimana yang sudah disampaikan di awal, sosiologi adalah studi tentang masyarakat sehingga masyarakat secara umum menjadi objek kajian sosiologi.

ruang lingkup sosiologi

Ruang lingkup sosiologi secara khusus

Sosiologi mempelajari, mengidentifikasi, mengkaji, menyelidiki, dan menginvestigasi berbagai dimensi sosial kemasyarakatan yang spesifi. Istilah dimensi yang spesifik di sini menenkankan pada satu sektor tertentu. Misalnya, sosiologi yang mempelajari hubungan sosial dalam aspek keluarga, dipelajari dalam sosiologi keluarga. Sosiologi yang mempelajari hubungan sosial di era digital atau internet, dipelajari dalam sosiologi digital, dan sebagainya.

Dalam dimensi yang spesifik ini, kita bisa menemukan bahwa ruang lingkup sosiologi sangat beragam. Terbukti dari beragamnya subdisiplin sosiologi yang memiliki objek kajiannya masing-masing. Sebagai contoh: sosiologi agama mempelajari prinsip dan praktik keagamaan di masyarakat. Sosiologi ekonomi mempelajari hubungan antara ekonomi dan sosial. Sosiologi fashion mempelajari pola konsumsi fashion di masyarakat.

Kita bisa menyebutkan lebih banyak lagi sampai tak terbatas. Apa yang ingin saya sampaikan di sini adalah bahwa ruang lingkup sosiologi yang khusus berisi tentang keragaman dimensi atau objek kajian. Sedangkan ruang lingkup sosiologi yang umum adalah masyarakat dan hubungannya dengan manusia lain dan lingkungannya.



Baca juga Sosiologi: Sebuah Ringkasan