Program Beasiswa S1 Luar Negeri: Tips dan Trik Mudah

Diperkirakan ke depan, pendidikan yang dibutuhkan untuk mampu bersaing secara global adalah pendidikan tinggi. Kamu harus mempersiapkan diri untuk kuliah. Keuntungannya bukan hanya untuk diri sendiri, namun juga kepentingan bangsa dan kemanusiaan melalui kontribusinya di masa depan. Pendidikan tinggi semakin penting, namun semakin lama biaya pendidikan juga jadi semakin tinggi. Tidak heran jika seandainya banyak yang mengurungkan niat untuk kuliah, tetapi dengan adanya info program beasiswa S1 tentunya menjadi angin segar untuk kamu.

Beasiswa Kuliah di Luar Negeri [S1/S2/S3]: Daftar Lengkap

Jika dilihat sendiri ada banyak sekali perusahaan, atau pemerintah yang menawarkan bantuan pendidikan hingga ke jenjang sarjana ini, namun tentunya dengan serangkaian syarat yang mereka berikan. Tidak hanya bisa mendapatkan kesempatan kuliah gratis di dalam negeri saja, melainkan banyak juga yang menawarkan program beasiswa S1 ke luar negeri, tentunya sangat menarik bukan.

Apalagi jika dilihat memang kuliah di luar negeri sudah menjadi harapan tersendiri bagi sebagian orang, banyak sekali universitas-universitas ternama yang memiliki kualitas pendidikan jauh lebih baik dibandingkan dengan Indonesia bisa dicoba, tentunya dengan kuliah ke luar negeri maka nantinya masa depan juga akan lebih terjamin. Karena perusahaan banyak sekali yang terbuka tangannya untuk menerima lulusan luar negeri.

Beasiswa Luar Negeri S1: Informasi Lengkap

Hanya saja untuk bisa diterima disana, maka ada serangkaian hal yang patut untuk dipersiapkan, karena mendapatkan program beasiswa S1 di luar negeri bukanlah hal yang mudah, diantaranya adalah:

  • Tentukan terlebih dahulu jurusan dan juga universitas yang dipilih, hal utama yang harus mulai dipersiapkan sejak pertama kali menginjak jenjang pendidikan SMA adalah ingin kuliah di jurusan apa, mengingat ada banyak sekali program peminatan yang ditawarkan, mulai dari ilmu sains, sosial dan sejenisnya. Setelah mendapatkan jurusan apa yang diinginkan, jika bisa sesuai dengan passion yang dimiliki, karena akan sangat mempengaruhi kenyamanan belajar, maka tentukan juga perguruan tinggi mana yang diinginkan. Akan sangat sulit jika seandainya kamu tidak memiliki peminatan yang tepat.
  • Mulai untuk menjaga prestasi akademik yang dimiliki, hal ini tak kalah penting untuk dilakukan, sejak masuk kelas 10, maka sudah harus memantau prestasi, belajarlah dengan giat, sehingga nantinya mendapatkan peringkat yang bagus di kelas, begitu juga dengan nilai-nilai yang tetap terjaga dengan baik. Prestasi akademik yang dimiliki ini nantinya akan sangat mempengaruhi apakah universitas tersebut nantinya mau menerima kamu atau tidak.
  • Aktif berorganisasi, inilah salah satu hal yang sering kali disepelekan oleh siswa, ketika mereka hanya menjaga prestasi akademiknya saja, namun tidak ikut serta dalam berbagai macam kegiatan organisasi, yang mana sebenarnya hal ini sangatlah penting, karena mempengaruhi penerimaan beasiswa, kuliah di luar negeri menuntut seseorang tidak hanya cerdas dalam hal akademik saja, melainkan juga berhubungan dengan orang lain, untuk itu hendaknya ikut dalam beberapa kegiatan organisasi.
  • Mulai belajar bahasa asing, ingin kuliah di negara orang, pastinya kemampuan utama yang harus dipantaskan adalah berbahasa. Percuma memiliki prestasi yang bagus ketika kemampuan dalam berbahasa asing tidak ada, karena hal ini menjadi penilaian utama ketika ingin kuliah ke luar negeri, ada minimal skor TOEFL maupun IELTS yang harus dipenuhi. Ikutlah beberapa program kursus bahasa inggris, atau dengan menjalin pertemanan dengan orang asing, hal ini akan sangat mengasah kemampuan dalam berbahasa asing.
  • Aktif dalam melihat program beasiswa S1 luar negeri yang ada, jangan lupa juga untuk aktif di dalam mencari informasi mengenai beasiswa luar negeri yang ada, lewat website resmi dari internet atau dengan menanyakan pada pihak sekolah, mengingat tak jarang diantaranya ada beberapa sekolah yang menjalin relasi dengan universitas yang ada di luar negeri, sehingga nantinya akan lebih mudah sebagai siswa yang berprestasi untuk masuk universitas impian melalui program beasiswa.
  • Mulai mempersiapkan syarat-syarat yang dibutuhkan, sama halnya ketika kamu ingin masuk ke universitas- universitas yang ada di Indonesia. Maka ada banyak sekali syarat yang harus mulai dipersiapkan, mulai diantaranya adalah CV dan juga motivation letter, kemudian bukti dari skor TOEFL atau IELTS yang sudah dimiliki, hingga jangan lupa untuk mengasah kemampuan interview, ini adalah hal yang sangat penting.
program beasiswa s1

Sudah siap untuk mengikuti seleksi program beasiswa S1 luar negeri, jika tidak diterima maka jangan khawatir, karena ada banyak sekali diantara beasiswa S1 di dalam negeri yang bisa dijadikan sebagai pilihan. Kedepannya untuk jenjang pendidikan lanjut seperti Master atau mungkin Doktor, maka bisa mencoba lagi untuk melamar beasiswa, ada banyak sekali yang menawarkan di berbagai negara tujuan kamu.

Beasiswa Inggris: Daftar Lengkap Untuk Mahasiswa Indonesia