Program Beasiswa ke Jepang untuk Lulusan SMA – IPS

Program beasiswa ke Jepang yang dirilis dalam postingan ini adalah beasiswa S1 (GAKUBU) dan beasiswa Sekolah Spesialis Keahlian (SENSHU) yang ditawarkan oleh pemerintah Jepang (Monbukagakusho/MEXT) untuk siswa-siswi lulusan SMA atau sederajat. Informasi yang ditampilkan di sini bersumber dari website resmi Kedutaan Besar Jepang di Indonesia.

Siswa-siswi Indonesia yang mengambil jurusan IPS dan berminat melanjutkan kuliah S1 atau program keahlian khusus di Jepang memiliki peluang untuk mengikuti salah satu dari dua program beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Jepang periode studi tahun 2019: Program GAKUBU dan Program SENSHU.



Di kedua program tersebut, para penerima beasiswa akan mengikuti preparatory school (sekolah persiapan sebelum mulai kuliah) di tahun pertama kedatangannya di Jepang. Preparatory school meliputi pelajaran tentang negara Jepang, Bahasa Jepang, Bahasa Inggris, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Sosial.

Program beasiswa ke Jepang GAKUBU dan SENSHU sebenarnya ditawarkan juga buat anak IPA SMA/sederajat. Namun informasi di website ini telah disaring hanya untuk mereka yang lulusan SMA IPS. Berikut ini penjelasan singkat tentang program beasiswa ke Jepang program GAKUBU dan SENSHU.

program beasiswa ke jepang

Program GAKUBU

Program ini merupakan program beasiswa ke Jepang jenjang S1 yang ditawarkan oleh pemerintah Jepang kepada siswa-siswi SMA/sederajat yang minat dan memenuhi syarat untuk kuliah di universitas di Jepang. Beasiswa yang ditawarkan adalah beasiswa penuh dan tanpa ikatan dinas. Jurusan kuliah yang bisa diambil lulusan IPS SMA/sederajat dengan program beasiswa ini meliputi: Sosiologi, Politik, Pedagogi, Sastra, Sejarah, Bahasa Jepang, Ekonomi, Administrasi Bisnis, dan sebagainya. Ketika mendaftar, siswa/siswi boleh memilih maksimal 3 bidang studi.

Program SENSHU

Program ini merupakan program beasiswa di Jepang yang ditawarkan oleh pemerintah Jepang kepada siswa-siswi SMA/sederajat yang minat dan memenuhi syarat untuk kuliah di sekolah keahlian khusus (Specialized Training College – Senshu Gakko) di Jepang. Lulusan Senshu Gakko diharapkan dapat memiliki keahlian khusus dan bekerja di industri yang berkembang tinggi di pasar dunia. Total masa belajar dengan progam ini yaitu 3 tahun. Setelah lulus dari Senshu Gakko, siswa berpeluang melanjutkan studi ke jenjang S1, langsung sebagai mahasiswa tahun ke 3.


Fasilitas

  • Biaya kuliah ditanggung sepenuhnya
  • Tunjangan hidup sebesar kurang lebih 117.000 Yen/bulan
  • Tiket pesawat pergi pulang Indonesia – Jepang
  • Bebas biaya pengurusan visa pelajar
  • Tanpa ikatan dinas

Persyaratan

  • Warga Negara Indonesia
  • Lulusan SMA atau sederajat
  • Lahir antara tanggal 2 April 1994 sd tanggal 1 April 2002
  • Nilai minimal rata-rata Ujian Nasional: minimal 84 untuk program GAKUBU, minimal 80 untuk program SENSHU

Sebagaimana di tahun sebelumnya, tahun ini kedua program tersebut juga dibuka untuk masa studi yang dimulai tahun depan. Lulusan SMA/sederajat yang mengambil jurusan IPS memiliki peluang ke Jepang apabila berhasil lolos seleksi. Keseluruhan prosedur dari pendaftaran sampai kepastian diterima dilakukan secara online sehingga, calon pelamar harus sering-sering mantengin website yang memberikan info program beasiswa ini.

Beasiswa ke Jepang baik berupa program GAKUBU atau pun SENSHU, merupakan program hasil kerjasama pemerintah Jepang dan Indonesia. Kerja sama ini dilakukan untuk mendorong penguatan bilateral hubungan kedua negara khususnya di sektor pendidikan.



Pada prinsipnya, kedua negara membutuhkan banyak siswa/siswi Indonesia untuk mengikuti program ini sebagai aset penguatan kapasitas kedua negara di masa depan. Jika kamu berminat mengikuti program beasiswa ke Jepang tersebut, berikut ini saya berikan link yang berisi tentang cara mendaftar dan informasi yang lebih rinci tentang program GAKUBU dan SENSHU.

» Beasiswa S1 ke Jepang Program GAKUBU
» Beasiswa Sekolah Keahlian Khusus di Jepang Program SENSHU

Sumber informasi beasiswa