Profil

Blog sosiologi

blog sosiologiSosiologis.com adalah blog sosiologi kontemporer yang didedikasikan untuk membahas sosiologi dan isu-isu sosial kekinian secara kritis. Blog ini terhubung dengan akun twitter @sosiotalk untuk interaksi & tanya-jawab.

Sosiologis.com is a personal blog dedicated to present a sociological view of everyday life and sociology. The blog is connected to author’s twitter account @sosiotalk for questions & answers.


Tentang sosiologi

Kata ’sosiologi’ sebenarnya ambigu. Terbentuk dari perpaduan bahasa setengah Latin, setengah Yunani. Science of society, ilmu tentang masyarakat adalah konotasi artifisial yang melekat pada awal perkembangannya. Sosiologi tak bisa dipisahkan dari tradisi filsafat ilmu pengetahuan. Istilah ‘sosiologi’ sendiri digunakan pertama kali oleh Auguste Comte, yang kemudian disebut sebagai ‘bapak sosiologi’. Masterpiece-nya yang terkenal adalah kitab ‘Cours de philosophie positive’ ditulis pada tahun 1830-1842. Kata ‘positive’ atau disebut juga ’positivism’ menekankan bahwa ‘sosiologi’ adalah ilmu pengetahuan sosial yang spesifik, mendekati ilmu pasti. Sosiologi adalah anak kandung positivisme.

Comte mengenalkan istilah ’sosiologi’. Tapi faktanya, ilmu tentang masyarakat sudah ada jauh sebelumnya. Filsafat berhubungan erat dengan doktrin pengorganisasian masyarakat. Sosiologi memisahkan diri dari abstraksi filosofis menjadi filsafat praktis. Sosiologi sama sekali bukan ilmu pengetahuan baru. Desain tentang masyarakat yang ideal telah dirumuskan berabad-abad silam. Teks kuno karya filsuf Plato berjudul ’Replublic’ telah menyuplai doktrin tentang masyarakat yang adil. Konsepsinya memberi pengaruh berantai pada filsafat sosial setelahnya, tak terkecuali para pemikir anti-Platonic. Athena, 360 tahun sebelum masehi barangkali tahun lahir sosiologi.

(Horkheimer & Adorno, Aspects of Sociology, hal 1 terj. & tbn.)

Tentang sosiologis.com

Sosiologis.com adalah bagian dari rangkaian minat studi tentang masyarakat sejak jaman Plato. Blog sosiologi ini terdiri dari empat kolom: Buku, Opini, Tokoh, Teori. Masing-masing kolom memuat konten sesuai tipenya.

  • Buku: membahas tentang literatur berupa buku, jurnal akademik, laporan penelitian dan jurnalistik.
  • Opini: membahas tentang isu sosial kekinian ditulis secara kritis dari sudut pandang subjektif penulis.
  • Tokoh: membahas tentang tokoh-tokoh sosiologi yang berpengaruh.
  • Teori: membahas tentang konsep dan teori sosiologi yang umum dipelajari.

Blog ini dirilis sebagai upaya penyebarluasan konten pendidikan dalam bidang ilmu sosial khususnya sosiologi. Sosiologis.com percaya bahwa ilmu pengetahuan adalah hak semua kalangan sehingga harus bisa diakses secara luas. Platform digital seperti blog telah memfasilitasi datangnya era keterbukaan informasi dan pengetahuan. Blog sosiologi ini dibuat dengan mengutamakan kualitas konten agar pembaca memperoleh informasi dan pengetahuan yang layak dan bisa dipertanggungjawabkan.

Menjadikan konten blog sebagai rujukan online pembelajar ilmu sosial di Indonesia adalah visi besar penulis blog ini. Usaha mencapai visi tersebut tentu harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dengan mengedepankan kepentingan dari pembaca. Jika ada pertanyaan, usulan atau kritik konstruktif, silahkan mention @sosiotalk. Enjoy surfing!