Pengertian Makalah dan Jenisnya

Pengertian makalah banyak dideskripsikan sebagai laporan karya ilmiah berupa tugas sekolah atau kuliah. Pengertian sederhana ini memang tidak salah, hanya saja kurang lengkap. Perlu dicatat, makalah merupakan karya ilmiah dalam wujud tulisan. Namun, karya tulis ilmiah banyak jenisnya. Makalah hanyalah salah satu diantaranya.

Postingan ini akan mencoba menjelaskan pengertian makalah menurut para ahli. Berbagai pengertian dikemukakan untuk dicari benang merahnya agar pembaca memperoleh pemahaman yang rigid tentang apa itu makalah.


Pengertian makalah

Terjamahan istilah ”makalah” ke dalam Bahasa Inggris adalah ”paper”. Secara implisit mengandung arti bahwa makalah merupakan karya tulis. Karya tulis apa?

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan makalah sebagai,

(1) tulisan resmi tentang suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum dalam suatu persidangan dan sering disusun untuk diterbitkan;

(2) karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi.

Kedua definisi tersebut mengonfirmasi bahwa makalah adalah tulisan resmi, karya tulis berupa tugas sekolah atau tugas kuliah. Sebagai tulisan resmi, makalah memiliki struktur atau kerangka kepenulisan yang sistematis dan ilmiah. Ilmiah artinya objektif, empiris dan logis. Bahasa yang digunakan juga bahasa resmi, dalam hal ini bersifat akademis.



Makalah yang ditulis untuk perkara pembelaan di persidangan hukum, misalnya, harus menggunakan bahasa yang resmi menurut peraturan persidangan. Sebagai laporan akhir siswa atau mahasiswa, makalah harus ditulis dengan bahasa resmi menurut kaidah kepenulisan di sekolah atau perguruan tinggi.

Beberapa pakar mendeskripsikan pengertian makalah sebagai berikut:

• Sudjiman mengartikan makalah sebagai sebuah karangan bukan fiksi, berbentuk prosa yang membahas topik tertentu.

• Zaenal Arifin mengatakan bahwa makalah adalah karya tulis ilmiah yang mengkaji permasalahan berdasar pada data lapangan yang objektif dan empiris.

• Surakhmad mendefinisikan makalah sebabgai segala jenis tugas kuliah yang diselesaikan tertulis, baik bersumber utama pada buku atau karangan tentang topik tertentu.

• Tanjung dan Ardial mengartikan makalah sebagai karya tulis yang membahas suatu masalah tertentu yang ditulis secara sitematis dengan analisis yang logis dan objektif.

• Poerwadarminta mengatakan makalah sebagai sebuah uraian tertulis yang membahas tentang suatu permasalahan agar mendapat pembahasan lebih lanjut.

Bebebrapa uraian di atas memiliki kesamaan, yaitu melihat makalah sebagai suatu karya tulis yang ditulis sistematis dan sesuai kaidah ilmiah; objektif.

pengertian makalahSering kali kita mendapat tugas untuk membuat makalah. Lalu, kita mulai browsing tentang makalah itu apa, bagaimana kerangka tulisannya, dan bahasa yang seharusnya digunakan. Secara simplistik, sekali lagi, kita bisa pahami bahwa makalah adalah karya tulis ilmiah.

Namun sebagaimana yang sudah disinggung di awal, karya tulis ilmiah banyak jenisnya. Makalah hanya salah satunya. Beberapa jenis karya tulis ilmiah yang bisa disebutkan di sini misalnya, skripsi, tesis dan disertasi. Ketiganya memiliki fungsi utama sebagai prasyarat kelulusan jenjang formal pendidikan di pergurunan tinggi. Skripsi untuk lulus S1, tesis untuk S2 dan desertasi untuk S3. Demikian prasyarat kelulusan yang ditetapkan di Indonesia.

Lalu, apa saja jenis-jenis makalah?




Berdasarkan definisi yang sudah dipaparkan di atas, kita bisa membedakan beberapa jenis makalah.

» Makalah persidangan. Makalah ini dibuat khusus untuk keperluan persidangan. Dibacakan di hadapan hakim, jaksa, dan audiens yang hadir.

» Makalah tugas sekolah. Makalah ini diberikan oleh guru kepada murid sebagai tugas sekolah. Ditulis dengan standar kerangka makalah yang ditetapkan sekolah. Sistematika kepenulisan makalah tugas sekolah umumnya mengikuti kaidah dasar kerangka makalah, yaitu terdiri dari pendahuluan, pembahasan dan penutup.

» Makalah tugas kuliah. Makalah ini diberikan oleh dosen kepada mahasiswa sebagai tugas kuliah. Standar dan sistematika kepenulisan yang dimiliki juga berbeda. Makalah tugas kuliah harus sesuai dengan kerangka penelitian ilmiah. Selain mengandung bab pendahuluan, pembahasan, dan penutup, makalah tugas kuliah perlu melibatkan abstrak, tunjauan pustaka, dan metodologi.

» Makalah penelitian. Makalah ini ditulis untuk disampaikan kepada publik dalam forum-forum diskusi. Diskusi yang dimaksud bisa berupa seminar, lokakarya, simposium, panel, dan koferensi.

Keempat jenis makalah di atas memiliki kerangka kepenulisannya masing-masing.

Baca juga Kerangka Makalah: Contoh dan Penjelasannya