Pelajaran Jurusan IPS: Daftar Lengkap




Pelajaran jurusan IPS yang ada di SMA atau sederajat antara lain Sosiologi, Sejarah, Geografi, Ekonomi, Antropologi dan Akuntansi. Namun demikian pada umumnya, tidak semua sekolah menyediakan mata pelajaran jurusan IPS tersebut. Sosiologi, Sejarah, Geografi dan Ekonomi menjadi empat diantaranya yang pokok. Akuntansi di banyak sekolah menjadi bagian dari ekonomi. Antropologi, menjadi bagian dari sosiologi.

Postingan kali ini akan berisi tentang penjelasan ringkas pelajaran jurusan IPS tingkat mengah atas. Penjelasan ini sengaja dipaparkan agar pembaca memperoleh gambaran tentang apa isi dari Ilmu Pengetahuan Sosial yang merupakan salah satu jurusan favorit di SMA.

IPS sebagai jurusan favorit?

IPS sebagai jurusan favorit sering kali disambut dengan rasa heran. ”Bagaimana bisa?” IPS adalah jurusan favorit terutaman bagi yang memilihnya. Siswa yang jatuh cinta pada sastra biasanya memilih jurusan Bahasa. Siswa yang suka ilmu-ilmu alam, seharusnya memilih IPA. Siswa IPS? Ialah mereka yang suka pada dunia sosial, dunia empati, dunia perilaku manusia, dan dunia kemasyarakatan.

Jika kamu tertarik pada salah satu atau beberapa mata pelajaran yang akan dijelaskan di bawah ini, jadilah anak IPS. Ilmu yang dipelajari di jurusan IPS saling terkait satu sama lain. Keterkaitan pelajaran tersebut mungkin dapat dijelaskan dengan satu istilah: kemanusiaan. Ya, pelajaran jurusan IPS adalah pelajaran tentang kemanusiaan. Kamu akan lebih tau detailnya pada penjelasan di bawah ini.

Sebelumnya, saya akan sebutkan dulu apa saja daftar pelajaran jurusan IPS itu agar penjelasannya bisa sistematis dan mudah ditangkap oleh pembaca. Persamaan dan perbedaannya juga akan diulas secara ringkas khusus untuk pembaca blog ini.

Baca juga Jurusan Kuliah IPS: Daftar Lengkap


Daftar pelajaran jurusan IPS

  • Sosiologi
  • Sejarah
  • Geografi
  • Ekonomi
  • Antropologi
  • Akuntansi

Apa saja yang dipelajari?

  • Sosiologi

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang masyarakat. Pengertian ini tentu saja cukup luas. Apa yang dipelajari dari masyarakat mencakup banyak hal, mulai dari perilakunya, interaksinya, organisasinya, dan segala macam hal yang berhubungan dengan kehidupan sosial.

Mata pelajaran sosiologi di tingkat SMA umunya dimulai dengan pengenalan tentang apa itu sosiologi dan konsep-konsep dasar sosiologi, seperti; interaksi sosial, nilai dan norma sosial, sosialisasi, perilaku menyimpang dan bagaimana sosiologi diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat.

Selanjutnya, pembelajar sosiologi akan dikenalkan dengan istilah yang sering muncul seperti apa itu struktur sosial, konflik sosial, mobilitas sosial, kelompok sosial, perubahan sosial, lembaga sosial, dan masyarakat Indonesia yang multikultural. Pada bagian akhir, pembelajar akan mendapat pengetahuan tentang bagaimana membuat, merancang dan melakukan penelitian sosial.

  • Sejarah

Sejarah merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang kehidupan manusia di masa lampau. Pelajaran jurusan IPS ini sangat penting tidak hanya bagi siswa, melainkan juga seluruh manusia. Kita perlu mengerti sejarah untuk melangkah ke masa depan akar kesalahan di masa lalu tidak terulang.

Siswa yang belajar sejarah, awal mulanya akan dikenalkan dengan pengertian tentang apa itu sejarah. Secara lebih spesifik, sejarah yang dipelajarai di SMA selalu dalam konteks keindonesiaan. Materi yang dipelajari tentu saja tentang sejarah Bangsa Indonesia dari pra aksara sampai modern.

Selanjutnya, ilmu yang dipelajari di mata pelajaran ini adalah mengenai sejarah peradaban Bangsa Indonesia, dari sebelum ajaran Hindu-Budha masuk sampai era kolonialisme. Tak hanya sampai di situ, masa-masa awal berdirinya negara Indonesia juga diulas secara detail sampai dengan bagaimana struktur sosial dan politik Indonesia era kontemporer. Dengan bekal pengetahuan sejarah ini, semestinya kecintaan kita pada Indonesia meningkat.

pelajaran jurusan ips

  • Geografi

Geografi adalah ilmu tentang bumi dan penghuninya. Mata pelajaran ini masuk dalam pelajaran jurusan IPS karena sangat terkait dengan tempat dimana manusia dan makhluk hidup lainnya tinggal; bumi. Perlu digarisbawahi, meskipun geografi masuk dalam pelajaran jurusan IPS di SMA, di tingkat universitas seringkali masuk dalam jurusan kuliah IPA. Hal ini barangkali karena di level perguruan tinggi, geografi yang dipelajari adalah murni tentang ilmu bumi dan sedikit sekali menyinggung manusianya.

Pembelajar geografi di SMA pada mulanya akan dikenalkan dengan hakikat keilmuan geografi, tata surya dan bumi, batuan dan tanah, serta cuaca dan iklim. Semua konten pelajaran awal tersebut menjadi fondasi sebelum melangkah lebih jauh dan mempelajari kaitannya dengan kehidupan manusia.

Selanjutnya, pembelajar geografi akan mempelajari tetang flora dan fauna sebagai dua habitat penting di bumi selain manusia. Setelah flora dan fauna, sumber daya manusia dan pelestarian lingkungan menjadi fakus bahasan berikutnya. Di akhir bagian dari keseluruhan pelajaran, siswa akan mempelajari materi geografi yang lebih spesifik, seperti: peta, penginderaan jauh, sistem informasi geografi, dan perencanaan wilayah.

  • Ekonomi

Ekonomi seringkali dipahami sebagai ilmu yang mempelajari tentang bagaimana masyarakat mencapai kesejahteraan. Pengertian lain yang cukup mudah dipahami adalah ilmu tentang penawaran dan permintaan. Ekonomi merupakan bagian dari kehidupan sosial kemasyarakatan.

Pada awal mata pelajaran, siswa akan mempelajari tentang kebutuhan manusia. Konsep ekonomi seperti produsen dan konsumen dikenalkan pada siswa. Kedua konsep ekonomi tersebut akan dikaitkan dengan permintaan dan penawaran. Setelah memahami konsep dasar, pembelajar ekonomi akan mempelajari tentang kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi. Siswa mulai terekspose dengan lembaga ekonomi negara termasuk bank dan sistem keuangan.

Selanjutnya, materi ekonomi yang dipelajari meliputi pembangunan ekonomi di Indonesia, anggaran pendapatan dan belanja baik daerah maupun negara (APBD dan APBN), pasar modal, dan sistem ekonomi secara umum. Menjelang akhir, pembelajar ekonomi akan banyak membahas tentang akuntansi.

Baca juga Jurusan IPS: Prospek dan Peluang Kerja


  • Antropologi

Antropologi memiliki irisan materi pelajaran dengan sosiologi. Hubungan keduanya sangat erat. Di beberapa fakultas di Indonesia, sosiologi dan antropologi berada dibawah naungan fakultas yang sama. Atau bahkan melebur menjadi satu departemen dengan nama departemen sosiologi dan antropologi. Antropologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kebudayaan manusia.

Siswa SMA yang mempelajari antropologi awalnya akan dikenalkan dengan hakikat ilmu antropologi. Kemudian, siswa akan berkenalan dengan keragaman bentuk dan perkembangan seni di Indonesia. Agama dan aliran kepercayaan yag ada di indonesia juga dipelajari, termasuk fungsi dan perilaku agama dan aliran kepercayaan tersebut.

Selanjutnya, materi antropologi akan menyentuh aspek perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam menciptakan dinamika budaya. Menjelang akhir materi, fokus studi banyak membahas tentang metode penelitian yang biasa digunakan dalam riset antropologi seperti etnografi dan fenomenologi.

  • Akuntansi

Sudah disinggung di awal, bahwa akuntansi merupakan bagian dari mata pelajaran ekonomi. Akuntansi adalah studi tentang perencanaan, penghitungan, evaluasi dan auditing keuangan. Sebagai cabang dari ilmu ekonomi, siswa yang belajar akuntansi akan mempelajari materi ilmu ekonomi di awal.

Materi akuntansi yang dipelajari meliputi siklus keuangan perusahaan, neraca saldo, koperasi, manajemen badan usaha, dan kewirausahaan. Masing-masing bab akan membahas secara detail dan disertai praktik perhitungan matematis. Siswa yang mempelajari akuntansi akan akrab dengan rumus excel.

Tidak hanya mempelajari tentang perencanaan dan penghitungan neraca keuangan, pembelajar akuntansi juga mempelajari sistem badan usaha dan kewirausahaan. Sistem koperasi yang dikenalkan oleh bapak koperasi Indonesia Bung Hatta juga dikenalkan. Beberapa sekolah memfasilitasi proses pembelajaran dengan berkunjung ke koperasi sekolah. Siswa akuntansi juga diharapkan memiliki jiwa kewirausahaan nantinya.

Penjelasan singkat tentang pelajaran jurusan IPS di atas banyak merujuk pada buku referensi tingkat SMA lintas kurikulum. Kesemuanya sudah saya rangkum dalam versi yang sangat singkat. Bila kita teliti lebih seksama, ada persamaan diantara semua pelajaran jurusan IPS yang telah disebutkan. Persamaan tersebut adalah tentang ”kehidupan manusia”. Semua mata pelajaran jurusan IPS itu pada prinsipnya sama saja, beragamnya dimensi kehidupan manusia-lah yang mau tak mau menciptakan keberagaman aspek yang tercermin dalam keragaman daftar mata pelajaran jurusan IPS.