Norma Sosial: Pengertian, Fungsi, Jenis & Contohnya

Norma sosial dapat diartikan sebagai seperangkat aturan atau panduan hidup yang biasanya tak tertulis dan berlaku di masyarakat. Norma mempengaruhi tindakan dan kehidupan sosial secara luas. Tanpa norma, kehidupan masyarakat bisa kacau dan semrawut.

Postingan ini akan membahas secara ringkas dan spesifik tentang norma sosial. Setiap masyarakat memiliki norma tertentu. Norma bisa berlaku di suatu tempat, namun tak berlaku di tempat lain. Bisa pula norma berlaku di suatu periode tertentu, namun tak berlaku di waktu lain. Dengan demikian, jelas bahwa norma bersifat spesifik dan kontekstual.

Baca juga Nilai Sosial: Pengertian dan Contohnya


Pengertian norma sosial

Norma sosial merupakan seperangkat aturan disertai sanksi-sanksi baik tertulis maupun tidak yang berfungsi memandu kehidupan sosial anggota masyarakat. Secara sederhana kita bisa mengatakan bahwa norma adalah apa yang membuat suatu tindakan sosial disebut normal.

norma sosial

Sebagai seperangkat aturan, norma bisa memandu, mempengaruhi, menentukan, dan mengatur tindakan seseorang. Dalam sosiologi, norma merupakan bagian dari struktur sosial. Mempelajari norma artinya mempelajari bagaimana struktur sosial membuat tindakan masyarakat bisa tampak dalam bentuk pola yang teratur. Jika norma dilanggar, maka sistem sosial terganggu. Jika norma ditaati, maka sistem sosial berjalan sebagaimana mestinya.

Dari uraian di atas kita bisa pahami bahwa norma berperan penting dalam kehidupan bermasyarakat. Sosiolog Emile Durkheim menyebut bahwa tanpa norma, masyarakat akan chaos. Kekacauan merupakan anomali dalam sistem sosial yang teratur. Durkheim menyebutnya sebagai anomie, suatu kondisi sosial tanpa aturan, tanapa norma, tanpa keteraturan.

Baca juga: Pengertian Norma dan Contohnya



Sosiolog Indonesia Selo Soemardjan pernah menguraikan peran penting norma dalam kehidupan sosial. Menurutnya, norma di masyarakat memiliki beberapa fungsi krusial, diantaranya:

Fungsi norma sosial

♣ Sebagai pedoman hidup yang berlaku untuk warga masyarakat di lokasi dan waktu yang spesifik. Sebagai contoh, di kampung Ciraos, orang-orang mengucapkan salam sebelum pergi dan ketika bertemu. Perilaku tersebut tentu saja bisa tidak berlaku di kampung lain atau di Ciraos sebelum dikenal salam.

♣ Mengikat setiap anggota masyarakat pada peraturan-peraturan sehingga siapa yang melanggar akan dikenai sanksi. Sanksi ini bisa berbeda tingkatannya. Misal, orang yang mencuri ayam bisa dihukum penjara. Sedangkan orang yang suka misuh-misuh bisa kena sanksi sosial berupa dijauhi.

Kekuatan norma dalam mengikat anggota masyarakatnya berbeda-beda. Ada yang mengikat begitu kuat, ada pula yang longgar. Semakin kuat norma mengikat, semakin lemah kecenderungan orang untuk melanggar. Begitu pula sebaliknya. Untuk mengetahui tingkatan norma serta seberapa kuat sanksinya, kita perlu melihat apa saja jenis-jenis norma sosial.

Baca juga Keteraturan Sosial: Pengertian dan Contohnya


Jenis-jenis norma sosial

Fashion

Biasanya disebut juga dengan istilah mode. Norma ini berupa perilaku meniru penampilan atau tampakan luar. Tampakan luar yang menjadi referensi mode dianggap oleh penirunya sebagai norma. Sebagai contoh, dikalangan anak punk, pake kaos item adalah norma yang berlaku terutama ketika kumpul-kumpul. Celana cutbray, sepeda fixie, dan rambut undercut adalah beberapa contoh mode.

♦ Usage

Merupakan suatu bentuk perbuatan atau cara melakukan sesuatu. Norma ini memiliki sanksi yang lemah. Artinya, jika melanggar tidak apa-apa, palingan hanya mendapatkan celaan dari masyarakat. Sebagai contoh, cara kita makan bisanya adalah dengan mengeluarkan suara ting ting ting ketika pake sendok. Kebetulan masyarakat melihat cara makan seperti itu tidak elok dan terdengar berisik. Maka, orang akan mencela cara kita makan seperti itu.

♦ Folkways

Bisa disebut juga sebagai norma kebiasaan. Sebagai contoh, menghormati orang yang lebih tua dengan cara cium tangan ketika bertemu. Kalau kita ketemu orang yang lebih tua tapi salaman aja nggak, kita akan dinilai sebagai orang yang tidak punya kebiasaan baik. Hukuman yang kita terima biasanya berupa teguran.

Baca juga Pengendalian Sosial: Pengertian dan Contohnya


♦ Mores

Dalam sosiologi disebut sebagai tata kelakuan atau kesusilaan. Tata kelakukan adalah kebiasaan masyarakat yang telah menjadi norma pengatur. Sebagai contoh, kita memanggil orang tua kita dengan sebutan ibu atau bapak, tidak langsung namanya. Ketika kita memanggil namanya saja, kita akan dianggap sebagai bocah gendeng. Masyarakat terutama orang tua kita akan melarang perbuatan seperti itu. Mereka menuntut kita untuk menyesuaikan dengan tata kelakukan yang berlaku.

♦ Custom

Terjemahannya adalah adat-istiadat. Norma sosial ini memiliki ikatan paling kuat dibanding empat norma sebelumnya. Anggota masyarakat yang melanggar adat akan mendapat sanksi keras. Sebagai contoh, nembung sebagai salah satu adat dari perkawinan di suatu desa. Ketika orang menikah tanpa nembung, masyarakat akan memandang aneh. Bisa pula perkawinan dianggap tidak sah karena tidak sesuai adat.

♦ Norma agama

Peraturan yang diturunkan dari ajaran-ajaran teologis. Norma agama dinilai memiliki ikatan langsung secara vertikal berupa hubungan antara manusia dengan Tuhan. Norma ini berupa perintah, larang, dan anjuran dari Tuhan kepada manusia. Sebagai contoh, menutup aurat merupakan perintah agama di suatu masyarakat tertentu.

♦ Norma hukum

Norma hukum dianggap memiliki sanksi yang terberat di dunia. Sanksi pelanggar norma hukum adalah diberi hukuman yang sesuai. Sebagai contoh, mencuri adalah perbuatan melanggar hukum. Hukumannya penjara. Maka pencuri harus dipenjara.

Baca juga Sosiologi Hukum: Pengetian dan Objek Kajiannya



Pada dasarnya, norma menjamin bagaimana suatu perbuatan manusia dianggap normal atau bahkan manusiawi. Pelanggar norma akan mengganggu sistem sosial yang mapan. Pada kenyataannya, norma sosial tidak selalu sepenuhnya dipatuhi oleh anggota masyarakat. Ada pula pelanggaran norma sehingga timbullah dinamika dan perubahan sosial.

Baca juga Dinamika Sosial: Pengertian dan Contohnya