Manfaat Sosiologi dan Contohnya

Manfaat sosiologi merupakan nilai (value) yang diperoleh dari hasil kontribusi sosiologi sebagai ilmu pengetahuan bagi mereka yang mempelajarinya dan bagi masyarakat pada umumnya. Setiap ilmu pengetahuan harus mengandung nilai guna. Nilai guna dapat dipahami sebagai manfaat yang dibawakan oleh ilmu pengetahuan dan diamalkan oleh pembelajarnya.

Pembelajar di sini siartikan sebagai siapa saja yang mempelajari dan mengamalkan ilmu pengetahuan tersebut. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan tentang masyarakat. Beragam aspek yang berkaitan dengan masyarakat bisa menjadi objek kajian sosiologi. Manfaat soiologi, oleh karenanya harus dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat yang menjadi objek kajiannya.

Baca juga Sosiologi: Sebuah Ringkasan



Postingan blog ini akan mengulas secara ringkas apa saja manfaat sosiologi sebagai sebuah ilmu pengetahuan. Manfaat sosiologi yang dimaksud di sini, sekali lagi merupakan manfaat yang dapat dirasakan secara langsung oleh orang-orang yang mempelajarinya. Postingan ini juga bisa dibaca sebagai keuntungan dari belajar sosiologi.

Beberapa manfaat sosiologi

  • Memahami keragaman budaya masyarakat

Salah satu unsur dalam masyarakat yang menjadi objek kajian sosiologi adalah budaya. Setiap masyarakat memiliki budayanya masing-masing. Budaya masyarakat ada yang tradisional dan ada yang modern. Sosiologi mempelajari budaya masyarakat yang sangat kompleks. Kompleksitas menyiratkan adanya keragaman yang rumit. Dengan mempelajari sosiologi, pembelajar tentunya juga mempelajari aneka ragam budaya masyarakat. Pengetahuan akan keragaman ini bisa digunakan untuk menumbuhkan sikap toleran terhadap budaya lain di masyarakat.

Baca juga Masyarakat Multikultural: Pengertian dan Faktor Terbentuknya


  • Menumbuhkan jiwa sosial yang tinggi

Mempelajari sosiologi adalah mempelajari kehidupan sosial orang-orang yang berbeda dengan kita. Perbedaan tersebut bisa meliputi segala aspek. Diferensiasi sosial adalah kenyataan yang ada di masyarakat. Perbedaan perilaku dan tindakan sosial sering dapat kita pahami dengan cara merefleksikan diri kita ketika berada di posisi orang lain. Upaya refleksi ini bisa meningkatkan rasa empati yang tinggi. Tak jarang ketika belajar sosiologi, kita didorong untuk ”berjalan memakai sepatu orang lain”, artinya merasakan apa yang orang lain rasakan.

  • Meningkatkan kemampuan berpikir kritis

Sosiologi mengajarkan anak didiknya untuk tidak menerima kenyataan begitu saja tanpa refleksi dan peneyelidikan lebih lanjut. Realitas sosial yang ada di sekitar kita tidak terjadi begitu saja, melainkan hasil interaksi kehidupan sosial yang diciptakan manusia. Sebagai contoh, realitas sosial di masyarakat mengatakan bahwa acara TV alay digemari masyarakat Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan ratingnya yang tinggi. Pembelajar sosiologi tidak akan menerima argumen itu begitu saja. Sosiologi mengajarkan kita untuk melakukan refleksi dengan bertanya, misalnya, siapa saja pihak yang diuntungkan dengan argumentasi tersebut, apakah masyarakat kita menonton acara alay karena pilihan mereka atau karena tidak ada acara lain, apakah komisi penyiaran tidak punya wewenang menentukan jenis acara, apakah acara alay memiliki nilai positif, dan sebagainya.

Baca juga Pengertian Sosiologi


  • Mendorong terciptanya integrasi sosial

Manfaat sosiologi sebagai pendorong terwujudnya integrasi sosial bisa dipahami dalam konteks kebangsaan yang multikultur dan multietnis. Terkait dengan apa yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa sosiologi mengajarkan keragaman budaya pada pembelajarnya, pembelajar sosiologi diajarkan pula untuk berintegrasi secara sosial ditengah keragaman budaya. Pengetahuan akan keragaman bisa menjadi fondasi spirit toleransi antar budaya dan etnis. Saling kepahaman antar masyarakat dengan latar belakang budaya yang berbeda merupakan modal besar untuk menciptakan integrasi atau kesatuan sosial. Integrasi sosial merupakan bentuk kehidupan sosial yang solid dan harmonis.

manfaat sosiologi

Keempat manfaat sosiologi yang telah diulas di atas tentu hanya segelintir saja dari banyak manfaat lain yang bisa dirasakan. Pembelajar sosiologi atau pembelajar ilmu sosial pada umumnya akan menerima manfaat secara langsung bila menekuni apa yang dipelajarinya. Manfaat tersebut bisa dirasakan pada level personal dan bisa pula sampai pada level masyarakat ketika ilmu yang sudah dipelajari diamalkan. Pengamalan ilmu pengetahuan tentu tidak boleh hanya menguntungkan diri pribadi, melainkan harus bisa dirasakan oleh masyarakat banyak.

Baca juga Fungsi Sosiologi