Manfaat Penelitian dan Tujuan Penelitian




Manfaat penelitian dan tujuan penelitian dalam karya ilmiah seperti makalah, skripsi dan tesis harus ditulis secara jelas sejak proposal dibuat. Postingan ini akan memaparkan penjelasan tentang apa itu manfaat penelitian dan tujuan penelitian, bagaimana menarasikannya, dan seperti apa contohnya.

Saya akan berikan penjelasan beserta contohnya agar pembaca mudah memahami dan mampu menuliskan manfaat serta tujuan penelitiannya sendiri. Perlu diingat dulu bahwa manfaat dan tujuan penelitian yang dipaparkan di sini fokus pada bidang sosial.

Dalam riset sosial, tujuan dan manfaat penelitian bisa digabung menjadi satu, bisa pula ditulis terpisah. Tidak ada ketentuan yang baku untuk hal ini. Poin pentingnya adalah sejak dalam proposal, tujuan dan manfaat penelitian harus tersampaikan secara jelas kepada pembaca. Di sini kita buat tujuan dan manfaat penelitian secara terpisah untuk pemahaman saja.

Pada umumnya tujuan dan manfaat penelitian ditulis pada bagian awal proposal atau karya tulis. Umumnya terletak setelah bagian rumusan masalah. Tujuan penelitian ditulis terlebih dahulu baru dilanjutkan ke manfaat penelitian.

Baca juga Metode Penelitian Sosial

Apa yang dimaksud tujuan penelitian?

Tujuan penelitian adalah penjelasan yang rigid tentang mengapa penelitian dengan topik yang kamu pilih dilakukan. Pada prinsipnya, tujuan penelitian adalah untuk menjawab rumusan masalah. Jadi, kamu tinggal menarasikan kembali rumusan masalah yang sebelumnya ditulis dalam kalimat tanya menjadi kalimat aktif atau pasif.

Apa perbedaannya dengan manfaat penelitian?




Hampir sama. Sekali lagi, peneliti bisa menuliskan manfaat penelitian di bagian tujuan penelitian karena keduanya terkait erat. Manfaat penelitian adalah keuntungan atau potensi yang bisa diperoleh oleh pihak-pihak tertentu setelah penelitian kamu selesai. Pada umumnya, manfaat penelitian dibagi menjadi dua yaitu manfaat teoritis atau akademis dan manfaat praktis.

Contoh tujuan penelitian dan manfaat penelitian

Contoh tujuan penelitian

Berikut ini sebuah contoh tujuan penelitian yang diambil dari karya ilmiah berjudul ”Batik dan Internet: Respons Pengusaha Batik terhadap Perkembangan Internet Marketing di Pekalongan”. Penelitian yang dijadikan contoh di sini membahas tentang bagaimana unit usaha perbatikan di Pekalongan yang sudah eksis sejak tiga generasi merespons fenomena perkembangan internet sebagai sarana pemasaran produk.

Tujuan penelitian:

» Mengetahui respons pengusaha batik Pekalongan terhadap fenomena internet marketing.

» Mengetahui dampak perkembangan internet marketing terhadap unit usaha perbatikan di Pekalongan.

» Mengetahui bentuk keterlekatan sosial dalam perkembangan pola pemasaran perbatikan di Pekalongan.

Dari ketiga tujuan penelitian diatas, kita bisa secara mudah mengetahui topik riset tersebut dan rumusan masalahnya. Sebagaimana telah disinggung di atas, tujuan penelitian bisa diturunkan dari rumusan masalah yang berbentuk kalimat tanya. Kita bisa  menduga, misalnya, bahwa rumusan masalah pertama riset tersebut adalah ”Bagaimana respons pengusaha batik Pekalongan terhadap perkembangan internet marketing?”

Contoh manfaat penelitian

Kita masih gunakan contoh topik yang sama untuk merumuskan manfaat penelitian. Di atas, sudah saya paparkan bahwa ada dua manfaat penelitian sosial. Kedua manfaat ini harus ditulis jika memang penelitian kamu diharapkan memberikan manfaat keduanya. Jika, misalnya hanya manfaat teoritis atau akademis yang ada, maka tidak perlu dicantumkan. Bukan berarti jika penelitian sosial tidak memiliki manfaat praktis maka bukan penelitian yang baik. Tidak demikian, semua tergantung pada rumusan masalah yang kamu buat.

Baca juga Contoh Rumusan Masalah


Manfaat penelitian:

» Secara akademis, penelitian ini diharapkan memberi kontrubusi ilmiah pada kajian tentang kegiatan bisnis masyarakat pembatik di Pekalongan. Kajian tentang perbatikan di Pekalongan memang sudah cukup beragam. Namun baru sedikit riset yang secara spesifik fokus pada usaha adaptasi pembatik yang boleh dibilang eksis cukup lama terhadap perkembangan internet marketing. Oleh karena itu, riset ini diharapkan mampu menyediakan referensi baru tetang hubungan antara bisnis perbatikan dan internet sebagai fenomena kontemporer.

» Secara praktis, penelitian ini diharapkan memberi manfaat melalui analisis yang dipaparkan pada pihak-pihak yang bergelut dalam perbatikan, tidak hanya pembatik dan pembuat kebijakan, namun juga masyarakat sebagai konsumen pada umumnya. Batik telah menjadi ikon kota Pekalongan sehingga dikenal ditingkat nasional, bahkan internasional. Melalui kajian ini diharapkan Pengusaha batik, pembuat kebijakan dan masyarakat pada umumnya memiliki bahan bacaan dan diskusi yang bisa menambah wawasan tentang pengembangan dunia perbatikan di Pekalongan.

Dari narasi dua paragraf di atas, kita bisa lihat ada dua manfaat yang dipaparkan; secara akademis dan praktis. Pada manfaat akademis diselipkan pernyataan oleh peneliti bahwa kajian tentang perbatikan di Pekalongan sudah cukup banyak. Faktanya memang demikian. Namun topik penelitian yang akan dilakukan belum banyak. Hal ini menjadi poin penting untuk menarik pembaca bahwa penelitan tersebut memang penting untuk dilakukan. Penelitian tersebut dapat berkontribusi sebagai referensi dalam studi tentang yang berhubungan dengan perbatikan dan internet.

manfaat penelitian

Paragraf kedua merupakan upaya peneliti untuk menjelaskan manfaat penelitian yang dilakukan bagi pihak-pihak yang terkait. Secara eksplisit disampaikan bahwa pengusaha batik, pembuat kebijakan dan masyarakat umum akan diuntungkan dengan bertambahnya bahan bacaan tentang perbatikan. Ketiga pihak tersebut bisa memanfaatkan sesuai dengan kepentingannya masing-masing. Misal, pengusaha batik menjadi tahu seperti apa para pengusaha merespon fenomena internet marketing. Pembuat kebijakan bisa merujuk ketika memikirkan apakah perlu regulasi tentang pengingkatan pengetahuan digital bagi para pengusaha agar batik pekalongan tetap mengglobal, misalnya. Masyarakat paham bahwa pengusaha batik Pekalongan ternyata belum sepenuhnya memanfaatkan internet sebagai media pemasarannya, contohnya.

Selamat merumuskan tujuan dan manfaat penelitian kamu sendiri. Jangan lupa sertakan sumber untuk menghindari plagiarisme.

Baca juga artikel lainnya tentang metode penelitian disini.