Kumpulan Jurnal Nasional & Internasional: Situs Lengkap

Kumpulan jurnal baik nasional maupun internasional tersedia dalam beberapa situs yang akan dipaparkan di artikel ini. Mengetahui situs penyedia kumpulan jurnal akademik apalagi yang gratis akan membantuk peneliti dan mahasiswa mengerjakan penulisan karya ilmiah secara lebih efisien.

Memilih situs merupakan salah satu pertimbangan penting ketika akan mencari jurnal. Baik jurnal nasional maupun internasional biasanya memiliki basis database yang berbeda. Sehingga situs perlu disesuaikan dengan jenis dan kebutuhan jurnal yang kamu cari. Karena jurnal merupakan bagian yang penting dalam penelitian, maka referensi dari jurnal ini menjadi salah satu yang harus ada pada sebuah tulisan ilmiah.

E Jurnal: Cara Mencari & Download

Selain memilih situs dari jenis jurnal nasional dan internasional, pilihan selanjutnya ketika memilih situsnya adalah dari tipe jurnal. Karena jurnal memiliki jenis tipe jurnal berbayar dan gratis. Sehingga kamu bisa mendapatkan jurnal yang sesuai dengan kebutuhan apabila menyesuaikan dengan tipe tersebut. Dan beberapa pilihan situs yang menyediakan kumpulan jurnal gratis yang bisa diakses misalnya:

Perpusnas

Bagi kamu yang mencari jurnal nasional bisa untuk mengakses dan menemukan jurnal tersebut di laman Perpusnas. Dimana alamat yang bisa dikunjungi ketika tidak bisa datang langsung ke kantornya adalah di http://e-resources.perpusnas.go.id/. Web tersebut menyediakan banyak sekali pilihan jurnal yang bisa diakses secara gratis dari berbagai sumber dan juga bidang. Misalnya saja Perpusnas menyediakan jurnal dari sumber Proquest, Sage, Neliti, Ebrary, dan juga sumber terpercaya lainnya.

LIPI

Lembaga ilmu pengetahuan indonesia merupakan pilihan web selanjutnya untuk mengakses dan mendapatkan jurnal yang kamu butuhkan. Jurnal yang ada di LIPI bisa diakses di http://www.jurnal.lipi.go.id/. Dimana web ini juga menyediakan banyak sekali jurnal gratis yang kredibel dan terpercaya. Hal tersebut tentu saja karena sumber jurnal dari lembaga ini juga terpercaya sehingga kamu tidak perlu ragu lagi ketika mengakses dan menggunakan jurnal dari LIPI untuk penelitian kamu. LIPI sendiri mencakup banyak bidang jurnal yang bisa dipilih mulai dari himpunan profesi, lembaga pendidikan, dan juga banyak lembaga lainnya.

DOAJ

Pilihan lain untuk mengakses jurnal secara gratis karena banyak jurnal open access yang ditawarkan adalah pada situs doaj. Directory of Open Access Journals merupakan pilihan terbaik bagi kamu yang mencari jurnal internasional secara gratis. Kamu bisa mengakses alamat https://doaj.org/untuk mendapatkan jurnal internasional gratis yang kamu butuhkan. Dimana DOAJ menyediakan setidaknya 20 ribu jurnal dalam berbagai bidang dan juga penerbit yang kompeten. Sehingga dari sekian banyak jurnal tersebut tentunya akan ada banyak jurnal yang berkaitan dengan penelitian yang sedang kamu lakukan.

Google Scholar

Pilihan situs selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengakses kumpulan jurnal gratis yang kamu butuhkan adalah di Google Scholar. Dimana Google yang selama ini kita kenal memang merupakan mesin pencari yang bisa digunakan untuk mendapatkan berbagai macam informasi yang dibutuhkan. Sedangkan untuk Google Scholar merupakan mesin pencari yang secara khusus dapat untuk mencari berbagai macam literature, jurnal ilmiah, dan juga berbagai koleksi artikel lainnya.

Baca juga: Jurnal Online

Citeseer

Pilihan selanjutnya yang bisa diakses untuk mendapatkan jurnal yang kamu butuhkan adalah di citeseer. Kamu bisa mengakses http://citeseer.ist.psu.edu/ yang merupakan situs untuk mendapatkan jurnal online secara gratis. Laman ini menggunakan konsep mesin pencari sehingga akan lebih mudah ketika akan mencari jurnal yang kamu butuhkan. Terutama karena banyaknya koleksi jurnal yang bisa diakses secara gratis di tempat ini mulai dari bidang ilmu pengetahuan hingga komputer. 

Economics

Pilihan alamat selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengakses jurnal secara gratis adalah yang disediakan oleh economics. Alamat yang bisa diakses adalah http://economics-ejournal.org/ yang bisa digunakan untuk mendapatkan banyak sekali jurnal akademik yang tentu saja berpusat pada bidang ekonomi. Berbagai jurnal dalam alamat ini bisa kamu akses secara gratis karena mempunyai sifat yang open access.

IOSR Journals

Dan alamat pilihan terakhir yang bisa digunakan untuk mendapatkan kumpulan jurnal yang kamu butuhkan adalah yang disediakan oleh IOSR Journals. Alamat yang bisa diakses adalah di http://iosrjournals.org/ yang disediakan oleh Internasional Organization of Scientific Research. Lembaga tersebut merupakan penyediaan jurnal yang bisa diakses secara gratis dan merupakan lembaga swasta yang bekerja secara independen. Untuk jenis jurnal yang disediakan pada umumnya akan membantu untuk penelitian dalam bidang profesional dan pendidikan.