Komunikasi Bisnis: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Contoh

Komunikasi bisnis merupakan praktik bertukar pesan dalam konteks berbisnis. Secara sekilas kita mudah memahami artinya, yaitu komunikasi dalam berbisnis.

Semua orang tau bahwa komunikasi penting dalam berbisnis. Keberhasilan mendapat klien, mendapat investor, mendapat partner dan karyawan sangat ditentukan oleh bagaimana perusahaan atau individu yang berbisnis menerapkan cara berkomunikasinya.

Artikel ini akan membahas secara ringkas pengertian, fungsi, tujuan disertai contohnya. Kita mulai dari paparan mengenai definisinya dulu.

Pengertian komunikasi bisnis

Yaitu praktik komunikasi atau bertukar pesan baik verbal ataupun non verbal dalam dunia bisnis guna mencapai tujuan tertentu.

Beberapa kata kunci kita dapati disini, yaitu jenis komunikasi yang tidak sebatas verbal. Selain itu juga ada tujuannya.

Komunikasi ini juga meliputi aktivitas yang pasif seperti mendengarkan. Jadi tidak hanya aktif saja seperti menulis atau berbicara. Mendengarkan, juga merupakan bagian dari komunikasi ini karena tidak semua orang bisa mendengarkan.

Komunikasi verbal meliputi penggunaan kata-kata, sedangkan nonverbal menggunakan simbol-simbol yang direpresentasikan melalui beragam cara seperti gerak tangan, mimik wajah, intonasi suara dan semacamnya.

Pengertian Ekonomi

Fungsi

Terdapat empat fungsi utama, yaitu informatif, mengatur, persuasif dan integratif.

Informatif berorientasi pada penyampaian isi pesan. Seorang bos sharing tentang cara membangun kultur korporasi di perusahaannya terhadap karyawan barunya. Informasi tentang kultur korporasi disampaikan melalui proses komunikasi.

Mengatur berorientasi pada regulasi. Misalnya, dalam rapat, seorang karyawan mengusulkan untuk mengadakan rapat lanjutan rutin membahas progres kerja. Menjadwalkan rapat rutin merupakan aturan yang disepakati dalam rapat melalui proses komunikasi di ruang rapat.

Persuasif merupakan seni membujuk seseorang dalam konteks hubungan bisnis. Contohnya, stafsus milenial membujuk kepala negara untuk melibatkan startupnya menyelesaikan masalah penanganan wabah di daerah. Komunikasi disampaikan secara persuasif agar mendapat persetujuan.

Integratif berorientasi pada titik temu perbedaan dalam praktik bisnis. Misalnya, seorang karyawan meminta gaji CEO dipotong untuk membayar THR karena sedang masa pagebluk. Akhirnya disepakati bahwa karyawan yang mendapat THR adalah karyawan dengan gaji terendah saja dan gaji CEO dipotong namun sedikit. Kesepakatan ini merupakan integrasi pendapat yang dicapai melalui proses komunikasi.

Tujuan

Dari beberapa fungsi di atas, kita bisa menerka apa saja tujuan dari komunikasi bisnis. Tidak terlalu sulit untuk menyebutkannya disini. Saya hanya memaparkan sedikit saja, misalnya:

Resolusi konflik

Konflik kepentingan antara pekerja dan manajer perlu diselesaikan. Dialog adalah jalan damai yang ingin dicapai. Dalam dialog itu, komunikasi berlangsung dan kesepakatan dicapai. Akhirnya kedua pihak berhasil menurunkan tensi dan menghentikan pertikaian.

Kerjasama

Join bisnis dapat dicapai dengan proses komunikasi dimana pihak-pihak yang terlibat yakin akan diuntungkan secara finansial ke depan. Kerjasama tersebut tidak terjadi begitu saja, melainkan melalui proses interaksi dan komunikasi yang akhirnya membentuk visi bersama.

Ekspansi bisnis

Perusahaan yang berencana melakukan ekspansi perlu menjalin kontak dengan berbagai pihak. Tidak hanya partner bisnis lain, tetapi bisa juga pemerintah daerah, masyarakat setempat, bahkan investor. Perluasan jejaring bisnis dapat dicapai melalui komunikasi yang baik.

Prinsip-Prinsip Ekonomi dan Penerapannya

Contoh

Paparan di atas sebenarnya sudah memuat beberapa contoh komunikasi dalam dunia bisnis. Saya berikan lagi sebagai penutup saja.

Seorang anak presiden membangun usaha kuliner tetapi untungnya cuma jutaan rupiah. Anak presiden itu kemudian bertemu seorang menteri yang merupakan bawahan orang tuanya. Menteri terebut punya bisnis tambang senilai triliunan rupiah.

Untuk meningkatkan nilai bisnis dari jutaan ke triliunan, anak presiden itu diberi kesempatan untuk membeli beberapa sahamnya, dengan jaminan membeli lagi jika perusahaan mengalami peningkatan keuntungan.

Tentunya, hubungan baik antara anak presiden dan menteri dalam dunia bisnis menjadi modal besar bagi menteri untuk kembali dipilih kembali jika presiden tersebut terpilih lagi dalam pilpres mendatang. Menjadi menteri lagi artinya bisnisnya akan aman selama beberapa tahun mendatang.

Komunikasi bisnis berlangsung tidak hanya sehari-dua hari, melainkan intens dan lama. Bagaimana proses komunikasi berlangaung ketika anak presiden bertemu menteri menentukan keberhasilan anak presiden dalam berbisnis.