Kelas Sosial: Pengertian dan Contohnya

Kelas sosial harus dipahami dalam kerangka sosial, bukan ekonomi atau lainnya. Dalam kerangka sosial artinya, kelas merupakan posisi sosial yang hierarkis, namun tidak ditentukan oleh kekuatan lain yang dimiliki oleh suatu individu atau kelompok.

Sering kali kita mendengar istilah ‘berkelas’ untuk menggambarkan pujian, sanjungan atau ungkapan salut. Istilah tersebut secara implisit menunjukkan posisi superior diatas yang inferior. Tidak mungkin kita mengomentari orang yang nginap di hotel melati sebagai ‘selera nginepnya berkelas’ kecuali menyindir. Tapi kita mengomentari teman yang dulu main kelereng sekarang main golf sebagai ‘minat olah raganya sekarang berkelas’.

Stratifikasi Sosial: Definisi dan Contohnya

Apa itu kelas dan apa itu kelas sosial?

Pengertian kelas sosial sebenarnya tidak begitu rumit. Kelas menandai posisi sosial yang hierarkis. Kelas sosial adalah posisi sosial dalam hierarki sosial atau posisi aktor sosial dalam stratifikasi sosial. Semoga tidak cukup rumit untuk memahaminya.

Kelas sosial berbeda dengan kelas ekonomi. Di kelas sosial mana individu berada tergantung pada kondisi sosialnya, bukan pada kondisi ekonominya. Penumpang pesawat first class tidak menempati kelas sosial elit di mata penumpang first class lainnya. Tetapi dimata penumpang kelas ekonomi dipandang elit.

Selain itu, kelas sosial cenderung sulit diubah. Berbeda dengan kelas ekonomi yang cenderung mudah diubah. Individu yang berada di kelas ekonomi elit, punya banyak uang, lalu bangkrut langsung turun kelas. Kelas sosial tidak mudah berubah karena terbentuk dari proses sosial yang lama.

Kelas sosial dibentuk oleh aspek sosio-kultural yang disosialisasikan pada individu. Proses sosialisasi bisa berlangsung dalam keluarga, institusi pendidikan, organisasi dan institusi sosial lainnya. Proses sosialisasi ini membentuk karakteristik individu yang termanifestasi dalam perilaku, pengetahuan dan gaya hidup.

Sampai di sini, kita bisa memahami bahwa kelas sosial berhubungan dengan perilaku, pengetahuan dan gaya hidup. Untuk memahami lebih lanjut, kita perlu manuju ke contoh-contohnya.

Lembaga Sosial: Pengertian dan Contohnya

Contoh kelas sosial

Perilaku bergelantungan di KRL

Orang udik yang datang ke kota, menikmati transportasi publik KRL yang baru saja launching merasa terkesima lalu bergelantungan di dalam gerbong sekadar main-main. Sebagian duduk lesehan sambil makan pecel meskipun di atasnya ditempeli stiker dilarang duduk lantai.

Kita bisa membaca perilaku tersebut dilakukan oleh orang dari kelas sosial mana. Konsep kelas sosial menjelaskan perilaku individu atau kelompok sebagai cermin posisi sosialnya dalam hierarki sosial. Tidak sebatas itu, perilaku tersebut bisa menunjukkan bagaimana proses sosialisasi yang diterima oleh individu tersebut selama ini.

Pengetahuan tentang seni

Tidak semua orang bisa menikmati pameran seni. Ketika kamu tidak tau banyak tentang seni, lalu masuk ke museum termahal, kamu tidak akan tau untuk apa mengunjungi museum tersebut. Hal ini karena kamu tidak punya pengetahuan yang memandu bagaimana menikmati karya seni.

Pengetahuan merupakan salah satu komponen pembentuk kelas sosial. Ketika pembicara seminar mengisi jeda dengan candaan yang selalu seksis, kita bisa mengidentifikasi dari kelas mana ia berasal. Bisa saja berasal dari kelas elit, namun pengetahuan akan jokes yang dikuasai tidak bisa menutupi bahwa dirinya berasal dari kelas sosial dimana candaan seksis adalah suatu hiburan yang normal.

Cukur rambut di bawah pohon

Gaya hidup merupakan salah satu penanda kelas sosial seseoarng. Orang yang cukur rambutnya di bawah pohon bisa menunjukkan siapa dirinya, bahkan berapa pendapatannya. Berbeda dengan orang yang tidak pernah potong rambut kecuali di barber shop. Barber shopnya-pun harus di shopping mall.

Sering kali kita mendengar seseorang mempertahankan justifikasi gaya hidupnya dengan ungkapan selera. Karena seleranya senam zumba, maka senam zumba. Perlu diingat bahwa selera tidak pernah netral. Selera selalu menunjukkan kelas sosial seseorang. Oleh karena itu, gaya hidupmu menunjukkan dari kelas sosial mana kamu berasal dan di kelasa sosial mana kamu menuju.