Kata Pengantar Skripsi: Contoh dan Penjelasannya

Kata pengantar skripsi yang diposting di sini pernah dipublikasikan sebelumnya. Saya memodifikasi sedikit sebagai contoh saja. Pembaca dapat mencermati contoh kata pengantar skripsi yang saya posting di sini agar nantinya dapat membuatnya sendiri dan skripsinya cepet kelar dengan hasil baik.

Baca juga: Contoh Proposal Tugas Akhir



Kata pengantar skripsi ditulis dengan tujuan sebagai ”pengantar” pembaca pada isi skripsi. Meski ”hanya” sebagai pengantar, bagian ini harus ditulis secara serius. Tak jarang dikalangan mahasiswa, kata pengantar skripsi menjadi wadah curhatan selama proses penulisan skripsi. Tak jadi masalah selama penulisannya tidak nyeleneh sehingga menurunkan kualitas karya akademik.

Tidak nyeleneh batasannya seperti apa? Ditulis dengan bahasa yang baik dan benar, bukan bahasa alay ala kids ala ala. Berikut ini merupakan contoh kata pengantar skripsi yang sudah saya modif terutama nama dan lokasinya:

Baca juga: Contoh Proposal Skripsi


Contoh kata pengantar skripsi

Berikut ini contohnya. Oleh karena pernah dipublikasi, hati-hati plagiasi.

Segala puji hanya bagi Allah yang menciptakan dan mengatur semesta alam. Shalawat serta salam kepada Nabi termulia, Muhammad saw, keluarga dan semua sahabatnya.

Internet telah menjadi bagian dari peradaban kita hari ini, salah satu simbol perkembangan teknologi, simbol peradaban ‘modern’. Dalam kegiatan ekonomi, internet mulai mengubah cara orang bertransaksi dan berjual-beli. Internet marketing menjadi varian baru dalam strategi bisnis ‘modern’. Bagi para pengusaha batik di Kauman, Solo, internet dapat menjadi peluang sekaligus tantangan dalam rangka mengembangkan unit usaha batik kedepan. Studi ini merupakan ikhtiar penulis untuk mengetahui respon pengusaha batik terhadap internet marketing sebagai bagian dari strategi bisnis yang diterapkannya.

Atas selesainya karya akademik ini, terimakasih saya haturkan kepada orang-orang tercinta:

Ibu saya, Popon dan kakak saya, Neng Barbara  yang selalu mensupport dengan toleransi dan keikhlasan.

Prof. Dr. Sarkum Budiman, salah satu sosiolog favoritku sekaligus pembimbing skripsiku. Sosiolog Agama, Dosen pengujiku yang kampung halamannya aku singgahi selama penelitian lapangan, Idoy Melehoy. Sosiolog Ekonomi, Dosen pengujiku yang kuliahnya menjadi inspirasi tema skripsi ini, Dadang Terpandang Kondang. Serta segenap dosen sosiologi UT yg telah membimbing saya.

Para ‘pendekar’ batik, pelestari kebudayaan asli Indonesia dari Kampung Batik Kauman, sekaligus yang telah mendukung dengan ikhlas penelitian ini: Pak Lurah Kauman, Pak Dudung, Pak Asep, Bu Yuyun, Mas Kusoy, dan Pak Saum.

Rekan seperjuangan, anak-cucu opa: Tutik, Encut, Alex. Personil Kethek Rangers: Jenifer, Veronica, Valentino, Febri, Claudia. Temanku Edward yang meminjamkan catatan kuliahnya untukku, serta paguyuban sosiologi yang glundang-glundung kemana-mana bareng.

Rekan seperjuangan, komunitas pers mahasiswa UT, ex DP: Kemmet, Kemi, Acenk, Adun, Aming, beserta segenap awak yang diundang saat rapat. Staf saya: Kokom, Koeswara, Atin, Ice. Kolega saya di warung: Wa Sain dan Entin. Segenap mahasiswa kongkow yang bermimpi menulis buku. Semoga mimpi kita tercapai!

Selebihnya, terimakasih kepada teman-temanku yang namanya tidak sengaja tak tertulis. Terakhir, terimakasih kepada buku-buku di kamarku yang setia menemaniku terutama disaat aku kesepian.

Karya akademik ini terbuka untuk komentar, kritik dan saran. Semoga, Allah memberikan Ridho kepada kita semua. Selamat membaca!

Penulis

Bams Chandra Bayu

 

Baca juga: Cara Membuat Skripsi


Penjelasan singkat

Sekilas kita bisa rangkum bahwa kata pengantar skripsi sebagaimana contoh di atas memuat ungkapan puji syukur, ulasan tema skripsi, ucapan terimakasih dan harapan dengan selesainya skripsi. Tak lupa pula tercantum nama penulis skripsi di bagian pojok bawah.

kata pengantar skripsi

Pada paragraf pertama, penulis mengungkapkan puji syukurnya kehadirat Tuhan YME atas selesainya skripsi tersebut. Bagian ini tidak wajib di bagian atas, namun ungkapan mulia yang memuji Dzat Tertinggi umumnya diletakkan paling awal.

Pada paragraf kedua, penulis membahas secara singkat tentang apa yang dibahas dalam skripsi tersebut. Dengan kata lain, paragraf kedua merupakan ulasan topik atau tema penelitian. Bagian ini berfungsi sebagai pengantar pembaca agar tahu skripsi tersebut memahas tentang apa.

Baca juga: Kerangka Skripsi



Paragraf berikutnya berisi ucapan terimkasih kepada orang-orang yang telah berkontribusi pada penulisan skripsi. Tak jarang penulis skripsi curhat di sini, mendeskripsikan bagaimana orang-orang terdekat terlibat dalam perjuangan skripsinya. Sebagai catatan, jangan lupa mencantumkan pula para partisipan, terutama bila skripsinya melibatkan turun lapangan dan menggunakan metode wawancara, jika ruangnya cukup tentunya. Ingat juga, jangan curhat terlalu panjang.

Pada paragraf terakhir, penulis menyatakan harapan, termasuk pernyataan untuk menerima komentar dari pembaca. Kata pengantar skripsi diakhiri dengan nama lengkap penulis.

Baca juga: Cara Membuat Judul Skripsi yang Simpel dan Fancy