Kata Pengantar Makalah: Contoh dan Penjelasannya

Kata pengantar makalah yang akan dipaparkan di sini pernah ditulis dalam rangka program hibah riset mahasiswa. Modifikasi dilakukan agar bahasanya lebih sederhana dan dapat diadaptasi oleh para siswa dan mahasiswa untuk referensi membuat kata pengantar makalah penelitian.

Membuat kata pengantar makalah sebenarnya mudah saja. Kata pengantar paper atau makalah sebenarnya sama namun sekaligus berbeda dengan kata pengantar lainnya, seperti laporan penelitian, skripsi, tesis dan sebagainya. Letak perbedaannya hanya pada penegasan bahwa kata pengantar ini ditulis sebagai pengantar makalah. Oleh karenanya, istilah ”makalah” biasanya ditulis secara eksplisit.

Baca juga: Pengertian Makalah



Seperti misalnya kata pengantar buku. Kita sering temukan kalimat yang berbunyi, ”buku ini ditulis bla bla bla”, demikian juga makalah yang perlu penegasan. Di situlah letak perbedaannya. Secara substansi, semua kata pengantar boleh dikatakan sama, meskipun strukturnya bisa saja bervariasi.

kata pengantar makalahUcapan puji syukur kepada Tuhan YME dan pihak-pihak yang telah berkontribusi dalam penulisan makalah biasanya muncul. Sekilas tentang isi makalah juga ditulis dalam kata pengantar makalah. Aspek yang perlu ditekankan di sini adalah kata pengantar makalah berfungsi sebagai pengantar pembaca menuju ke isi makalah.

Penjelasan tentang kata pengantar makalah akan lebih mudah dan praktis apabila disertai contoh. Berikut ini saya paparkan contoh kata pengantar makalah yang pernah saya dan tim peneliti tulis dalam rangka hibah riset. Nama dan lokasi telah saya samarkan untuk menjaga privasi sekaligus memberi kemudahan pembaca untuk mengadaptasi.

Baca juga: Kerangka Makalah Penelitian


Contoh kata pengantar makalah

Berikut ini cuplikan kata pengantar paper atau makalah yang pernah ditulis. Jadikan contoh berikut sebagai panduan dan hati-hati terhadap plagiasi.

 

Puji syukur senantiasa kami panjatkan atas kehadirat Tuhan YME yang memberikan karunia dan kesempatan kami untuk belajar.

Sebagai sebuah wacana yang tidak ada habisnya dibahas, demokrasi kerap memberikan silang pendapat dan pembahasan yang komplek. Demokrasi tak sekadar soal politik, namun juga ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, bahkan soal mentalitas. Tentunya masih banyak lagi wacana demokrasi yang bisa ditilik dari berbagai aspek.

Makalah ini membahas seputar pelaksanaan demokrasi di Indonesia. Luasnya wacana demokrasi memberikan kesempatan kepada kami untuk memilih dan melakukan telaah demokrasi dibidang pendidikan. Tak bisa dipungkiri bahwa dalam pendidikan sendiri melekat didalamnya aspek budaya atau kultur.

Sosiolog Perancis, Pierre Bourdieu berpendapat bahwa institusi pendidikan seperti sekolah dan perguruan tinggi merupakan arena reproduksi budaya melalui proses pendidikan dalam institusi tersebut. Artinya, demokrasi sebagai sebuah budaya mengalami proses reproduksi melalui proses pendidikan.

Toleransi, egaliter, disiplin, peduli, dan solidaritas merupakan sikap atau perilaku yang dipahami disini sangat demokratis. Sejatinya, perilaku individual demokratik selaras dengan kehidupan sosial yang demokratik pula seperti terciptanya keadilan, kesetaraan, dan kesejahteraan masyarakat.

Sebagai sebuah kultur, perilaku dan nilai-nilai demokratik memang sangat esensial sebagai syarat terwujudnya kehidupan yang demokratik. Nilai-nilai tersebut adalah persoalan perilaku yang hanya bisa dibentuk melalui proses pendidikan. Atas dasar itulah makalah ini disusun.

Sesungguhnya karya ini tidak akan selesai tanpa peran serta bebagai pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak terhadap penelitian untuk makalah ini. Kendatipun tidak bisa disebut satu persatu, rasa terimakasih kami ucapkan kepada dosen pembimbing kami, Alfredo Pareto, kepala Sekolah Lisbet Banten, Savic Mihajlovic, para guru: Budi, Udin, dan Temon. Terakhir, tak lupa pula terimakasih kami sampaikan kepada siswa dan siswi SD Lisbet Banten yang telah berpartisipasi dalam riset ini. Semoga selalu ceria dalam belajar.

Makalah ini senantiasa memerlukan kearifan berupa saran, teguran, dan kritik yang konstruktif agar hasilnya optimal. Akhirnya, sekecil apapun sumbangan yang dapat diberikan dari makalah ini semoga bermanfaat.

Banten, 20 November 2017

Tim Peneliti

Lebih lengkap baca juga: Contoh Kata Pengantar


Penjelasan singkat

Dari contoh di atas, kita bisa temukan bahwa kata pengantar tersebut dibuka dengan ungkapan puji syukur bahwa makalah tersebut telah selesai ditulis. Di bagian akhir, ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah berkontribusi pada selesainya makalah juga ditulis dan disebutkan nama-namanya jika memungkinkan. Paragraf akhir juga diikuti oleh permintaan akan saran dan harapan semoga makalah yang ditulis bermanfaat.

Pada bagian tengah, contoh kata pengantar di atas mengulas sekilas tentang isi makalah tersebut. Kita bisa mengasumsikan bahwa makalah tersebut membahas tentang ”Kultur Demokrasi Siswa di SD Lisbet Banten”, misalnya. Isi makalah perlu diulas secara singkat dalam kata pengantar sekadar untuk memberi tahu pembaca makalah itu tentang apa.

Baca juga: Susunan Makalah



Sampai di sini, kita bisa ketahui beberapa poin penting yang seharusnya ditulis dalam kata pengantar makalah:

  • Ungkapan puji syukur
  • Ulasan singkat sebagai pengantar tentang isi makalah yang ditulis
  • Ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah berkontribusi
  • Keterbatasan makalah
  • Permintaan saran
  • Harapan dengan selesainya makalah

Kendati secara struktural tidak ada ketentuan harus berurutan, kata pengantar makalah yang baik setidaknya mencakup beberapa poin yang telah disebutkan di atas.

Baca juga: Cara Membuat Makalah