Jurnal Online: Daftar Situs Untuk Referensi Tugas Akhir

Jurnal online tersedia agar peneliti tidak perlu lagi datang ke perpustakaan mencari referensi di rak buku. Internet telah membantu para peneliti dan mahasiswa yang mau mengakses jurnal online dimanapun berada. Tulisan ini akan membahas mengenai daftar situs yang menyediakan jurnal online dan bisa diakses siapapun.

Baca juga: Jurnal Indonesis Terindeks Sopus

Menyusun tugas akhir bagi mahasiswa tingkat akhir bukanlah perkara yang mudah, butuh kerja keras, kesabaran dan doa yang cukup kuat untuk dapat menyelesaikan semua prosesnya dengan baik. Baik itu hanya tugas akhir, skripsi, tesis maupun riset lainnya cukup melelahkan.

Dalam semua karya yang dibuat tersebut tentu saja tidak luput dari penggunaan jurnal, baik itu secara nasional ataupun internasional sebagai tambahan atau referensi karya ilmiah yang dibuat. Tetapi untungnya, saat ini dipermudah dengan adanya jurnal online yang bisa digunakan.

Semua proses pembuatan karya ilmiah memang tidak mudah, sekalipun itu hanya mencari jurnal saja. Jika melihat secara klasik tentu banyak sekali orang yang kebingungan harus menemukan jurnal dimana, keamanan dan seperti apa.

Tetapi untuk saat ini tinggal langsung ketik saja pada mesin pencarian dan akan keluar semua referensi yang kamu butuhkan dari awal sampai dengan akhir. Memilih berapapun jurnal yang sesuai dengan ketentuan, keabsahan dan diakui akan lebih mudah melalui sistem online seperti sekarang ini.

Jika kamu sedang dilkamu kegalauan untuk mengerjakan tugas akhir skripsi dan bingung mencari jurnal dimana, tenang. Karena pada artikel kali ini akan dibagi deretan situs mana saja yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan jurnal lebih cepat, mudah dan tentunya sesuai yaitu:

  1. Perpusnas

Mencari satu buku di tumpukan ribuan buku yang ada di perpustakaan seperti tidak terbayangkan sama sekali. Tetapi jaman digital merubah kebiasaan itu semua dalam belajar, melalui digital library. Jadi kamu bisa langsung akses tanpa perlu keliling lagi untuk menemukan buku yang sesuai dengan pas sebagai referensi. Begitu juga ketika kamu membutuhkan jurnal, bisa langsung tulis dan menemukan. Tentu saja dokumen yang kamu dapatkan tersebut berbentuk soft file yang lebih ringkas, efektif serta efisien.

  1. E-jurnal

Portal e-jurnal merupakan salah satu website yang dapat kamu gunakan, ini hasil dari kerjasama dengan pusat manajemen informasi dan unit kerja yang terkait di lingkungan internal bppt sebagai wadah karya, penulis dan pihak lain. Jika kamu masuk dalam dunia sains dan teknologi tidak perlu lagi bingung menemukan jurnal yang tepat. Karena pada website tersebut menyediakan banyak sekali pilihan jurnal online mengenai bidang tersebut.

  1. LIPI

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau lebih dikenal dengan LIPI merupakan salah satu pilihan. Jika dilihat dari namanya saja sudah ketahuan jika ini merupakan tempat yang memberikan banyak sekali keilmuwannya. Pasti akan mempunyai sumbangsih yang besar dalam memberikan beragam informasi pengetahuan secara lengkap dan luas untuk semua masyarakat indonesia. Mulai dari jurnal biologi, kimia, teknik, sains dan masih banyak lagi lainnya yang cukup membantu.

  1. Google Scholar

Bagi para mahasiswa tingkat akhir pastinya sudah tidak asing lagi dengan website yang satu ini, ini merupakan situs penyedia jurnal terlengkap miliki google. Didalamnya, kamu bisa menemukan ribuan jurnal yang bisa langsung dilihat tanpa bayar atau free tetapi ada pula yang berbayar. Entah free ataupun berbayar, yang pasti ini merupakan salah satu tempat yang dapat kamu jadikan sebagai situs mempermudah proses tugas akhir.

  1. Academia

Mencari jurnal internasional sering sekali kesulitan, apalagi jika harus melalui proses yang cukup pajang. Tetapi masih ada harapan untuk tetap dapat menemukan tempat yang pas, academia merupakan salah satu tempat terbaik. Situs ini lengkap sekali, mudah kamu temukan artikel ataupun jurnal yang sesuai dengan karya ilmiah. Jadi bagaimana, masih ingin bayar mahal untuk membeli buku langsung?

Baca juga: Jurnal Nasional Terakreditasi Dikti

Dengan adanya beberapa pilihan situs diatas, tentunya sedikit banyak akan membantu kamu menyelesaikan tugas akhir sebagai mahasiswa. Jadi kemajuan jaman seperti sekarang ini harus kamu gunakan secara maksimal untuk mempermudah segala bentuk kegiatan. Jangankan menemukan situs jurnal online langsung, untuk menemukan buku ataupun referensi lain dari internet sekarang ini sudah bisa dan sangat mudah sekali. Bagaimana, masih ingin tetap menggunakan cara manual dalam pencarian referensi tugas kuliah?