Jurnal Internasional Gratis: Sumber dan Cara Mencarinya

Jurnal internasional gratis membari kita kemudahan dalam mendapatkan literatur yang kita butuhkan saat menulis karya ilmiah.

Jurnal ilmiah merupakan literatur yang banyak dibutuhkan oleh mahasiswa, peneliti, akademisi dan masyarakat terpelajar pada umumnya. Jurnal ilmiah yang dibuat oleh orang lain sebelumnya dan telah terbukti bisa dipertanggungjawabkan, menjadi referensi untuk menguatkan data atau argumen dalam penelitian.

Oleh karena pembuatan jurnal sendiri membutuhkan biaya baik untuk penelitian maupun publikasinya, jurnal ilmiah umumnya dibukukan atau berbentuk portfolio dimana Kamu perlu membeli atau membayar royaltinya untuk bisa digunakan.

Baca juga: Jurnal Indonesia Terindeks Scopus

Akan tetapi kini banyak jurnal yang dipublikasikan secara online sehingga bisa ditemukan gratis tanpa bayar. Bayangkan berapa banyak dana yang bisa kamu hemat jika bisa mendapatkan jurnal ilmiah secara gratis? Untuk mendapatkannya, berikut ini adalah kumpulan situs yang menyediakan jurnal internasional gratis sehingga bisa kamu gunakan seluas-luasnya.

Sebelum mengakses beberapa situs di bawah ini, ada baiknya kamu menyiapkan kartu identitas karena beberapa situs mengharuskan penggunanya untuk mendaftarkan diri sesuai dengan kartu identitas.

Daftar penyedia jurnal internasional gratis

  • Perpusnas

Perpustakaan nasional merupakan perpustakaan milik negara yang bisa diakses oleh semua warga negara Indonesia baik di dalam negeri maupun luar negeri. Untuk mengakses koleksinya, kamu tinggal mendaftarkan diri di e-resources perpusnas untuk mendapatkan nomer anggota guna masuk atau login di situs perpusnas.

Di situs tersebut akan tersedia berbagai jenis jurnal ilmiah baik dari dalam maupun luar negeri, dengan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Beberapa jurnal dan buku sebenarnya memiliki royalti yang harus dibayarkan untuk bisa digunakan, namun pemerintah sudah membayarkannya kamu bisa menggunakan literatur tersebut secara cuma-cuma. 

  • Google Scholar

Merupakan mesin pencari jurnal ilmiah dan literatur dari Google yang membantu kamu menemukan berbagai jurnal ilmiah hingga buku dari berbagai bahasa di dunia. Beberapa jurnal di Google Scholar memang tidak gratis, ini tergantung institusi jurnalnya, namun banyak juga yang tidak berbayar alias gratis. Kamu bisa memilih mana yang dibutuhkan dengan cara memasukkan kata kunci untuk milai mencari. Setelah menemukan tinggal unduh gratis.

  • Academia.edu

Academia.edu merupakan situs koleksi karya ilmiah yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan jurnal internasional gratis. Academia.edu hampir sama seperti Google Scholar yang memiliki banyak koleksi jurnal internasional sehingga kamu bisa mendapatkan jurnal mengenai berbagai topik dengan berbagai bahasa. Academia.edu tidak mengklasifikasikan jurnal sehingga koleksinya meliputi berbagai bidang ilmu sosial maupun nonsosial.

  • Ijea.org

Ijea.org merupakan situs pengumpul dan pencari jurnal ilmiah internasional yang bisa kamu gunakan untuk menemukan berbagai tema karya ilmiah. Ijea menjadi alternatif banyak kalangan saat membutuhkan jurnal ilmiah yang berbobot. Selain menyediakan berbagai jurnal ilmiah, Ijea.org juga menyediakan informasi beasiswa yang bisa kamu manfaatkan untuk menempuh kuliah di berbagai universitas terkemuka di dunia.

Baca juga: Jurnal OJS

Selain situs-situs di atas masih banyak lagi situs pencari jurnal ilmiah yang bisa kamu gunakan untuk menyediakan jurnal ilmiah gratis baik dari dalam maupun luar negeri. Meski gratis, kamu tetap harus menghargai penulis aslinya dengan menuliskan rujukan atau referensi secara benar dalam karya ilmiah yang kamu tulis.

Mengetahui bagaimana mendapatkan jurnal internasional gratis, kamu akan bisa menghemat biaya untuk pembelian buku ataupun biaya royalti untuk menggunakan jurnal ilmiah sebagai sumber yang dibutuhkan.

Beberapa situs mewajibkan penggunanya untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu termasuk perpusnas untuk mengetahui identitas asli penggunanya, namun beberapa situs lainnya bisa diakses secara mudah dengan menggunakan akun email.