Integrasi Sosial: Definisi dan Contohnya

Integrasi sosial merupakan proses sosial dimana entitas yang mulanya terpisah menjadi satu. Entitas tersebut bisa berupa berbagai macam aktor. Dalam studi ilmu sosial, entitas yang dimaksud sering kali adalah manusia. Lebih spesifik lagi, manusia dari kelompok minoritas.

Kelompok minoritas diminta melakukan integrasi pada kelompok yang lebih besar. Artinya, integrasi sosial merupakan proses sosial dimana minoritas menyatu dengan masyarakat yang lebih besar menjadi satu kelompok.

Pengertian integrasi sosial

Untuk memahami secara lebih mudah definisi integrasi sosial, kita bisa mengulas lawan dari konsepnya. Lawan konsep dari integrasi adalah disintegrasi. Disintegrasi sosial merupakan pemisahan, polarisasi, segmentasi atau segregasi.

Masyarakat yang mengalami disintegrasi artinya sedang mengalami perpecahan atau dengan sebutan lain tidak bersatu. Pikirkan momentum historis Sumpah Pemuda sebagai upaya integrasi sosial bangsa Indonesia. Sebelum Sumpah Pemuda, bangsa Indonesia mengalami disintegrasi.

Dalam beberapa studi tentang imigrasi, kelompok minoritas dan mobilitas, konsep integrasi sosial menjadi konsep sentral. Konsep lain yang dapat membantu kita memahami integrasi adalah alienasi. Alienasi secara singkat dapat diartikan keterasingan.

Para pendatang yang tiba di suatu kota atau negara biasanya mengalami alienasi, yaitu perasaan keterasingan di tempat yang baru. Keterasingan ini tidak lepas dari identitasnya sebagai orang asing menurut penduduk setempat.

Untuk mengatasi keterasingan, upaya yang bisa dilakukan adalah melakukan integrasi. Artinya, pendatang berintegrasi dengan masyarakat setempat sehingga menjadi bagian integral dari masyarakat tersebut atau komunitas di tempat yang baru.

Konsep Dasar Sosiologi

Memahami integrasi sosial akan lebih mudah dilakukan dengan menggunakan ilustrasi. Beberapa contoh berikut mengilustrasikan proses integrasi sosial di masyarakat.

Belajar bahasa asing

Misalnya kita akan pergi ke China dalam rangka studi. Sebelum pergi, kita belajar bahasa Mandarin secara otodidak. Tetapi hasilnya ambyar, karena tidak ada panduan yang sesuai dengan kebutuhan kita. Oleh karena itu, kita mulai ambil kursus berbayar.

Belajar bahasa Mandarin dalam rangka persiapan tinggal di China untuk sementara akan membantu kita beradaptasi. Di China nanti, kita lebih mudah berjuang hidup dengan menguasai bahasa Mandarin. Upaya belajar bahasa asing ini adalah upaya melakukan integrasi sosial bagi diri kita.

Sumpah Pemuda

Perbedaan suku, bahasa dan bangsa lenyap melalui deklarasi Sumpah Pemuda. Momentum tersebut, seperti yang sudah dituliskan di atas adalah wujud integrasi sosial pemuda Indonesia. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk sehingga bersatu dalam perbedaan merupakan itikad mewujudkan kemerdekaan sebagai satu bangsa.

Namun dalam perjalanannya, bangsa ini seolah tak henti dilanda upaya disintegrasi. Konflik komunal berbasis agama dan suku di nusantara merupakan potret upaya disintegrasi sosial. Di sini kita bisa melihat perbedaan antara integrasi dan disintegrasi sosial.

Kelompok Sosial: Definisi dan Contohnya

Hidup dalam kebersamaan memerlukan integrasi. Apalagi atribut dan identitas individu atau kelompok pada dasarnya berbeda. Diferensiasi sosial menunjukkan keragaman sebagai fakta sosial. Stratifikasi sosial juga demikian dalam perspektifnya yang hierarkis. Kenyataan itu membutuhkan upaya integrasi agar manusia dapat hidup bersama dalam perbedaan.

Menjadi bagian integral dari kelompok sosial yang lebih besar merupakan bentuk upaya integrasi sosial. Bila kita tarik konsep ini dan kelompokkan ke dalam fakta sosial lainnya, maka kita akan mendapati bahwa integrasi identik dengan kondisi kerjasama, kolektivitas, resolusi konflik dan solidaritas kelompok.

Kondisi tersebut menunjukkan kekuatan integrasi dalam memecahkan berbagai macam persoalan sosial. Sebaliknya, persoalan sosial bisa ditandai dengan kemunculan gejala disintegrasi sosial.