Info Beasiswa S1: Daftar Lengkap

Meneruskan pendidikan ke jenjang perkuliahan adalah salah satu modal untuk mencapai cita-cita. Jika terdapat kendala keuangan, tak perlu berkecil hati, karena banyak info beasiswa S1 yang bisa kamu dapatkan setelah duduk di bangku kuliah. Kamu bisa mulai mencari info beasiswa setelah memasukan semester 2 dengan mempersiapkan diri secara akademik yaitu memiliki IPK minimal 3.0 dan aktif dalam organisasi kemahasiswaan.

Pilihlah jurusan yang dikehendaki sesuai dengan minat kamu untuk nantinya terjun langsung di masyarakat. Kemudian persiapkan bekal untuk mendaftarkan diri di berbagai perguruan tinggi baik nasional maupun swasta. Ada baiknya memilih perguruan tinggi nasional terlebih dahulu karena memiliki biaya perkuliahan yang lebih terjangkau.

Selain itu banyak beasiswa yang diberikan pada mahasiswa yang kuliah di PTN dibandingkan di PTS. Namun jika kursi PTN tak mencukupi, kamu bisa memilih PTS yang memiliki akreditasi baik sesuai dengan jurusan yang diinginkan. Karena sejak awal kamu sudah ingin memperoleh beasiswa, maka tak ada waktu untuk berleha-leha karena IPK semester awal akan menentukan apakah kamu layak untuk menerima beasiswa dari berbagai perusahaan, ataupun yayasan dan pemerintahan.

Beasiswa Kuliah di Luar Negeri [S1/S2/S3]: Daftar Lengkap

info beasiswa s1

Setelah masuk semester ke 3, persiapkan diri untuk mendaftarkan diri dalam memperoleh beasiswa. Ada beberapa perusahaan dan yayasan yang bisa memberikan beasiswa kepada mahasiswa di semester 2 atau 3. Lengkap berkas-berkas yang dibutuhkan, kemudian cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai sumber atau pemberi beasiswa untuk mendaftarkan diri. Berikut ini adalah info beasiswa S1  yang bisa kamu pilih sesuai dengan keterpenuhan persyaratan yang kamu miliki.

Tanoto Foundation

Merupakan yayasan yang bergerak di bidang pendidikan dan sosial yang didirikan oleh Sukanto Tanoto sejak tahun 1981. Ada beberapa program beasiswa yang bisa kamu manfaatkan salah satunya adalah beasiswa National Champion Schoolarship yang dapat memberikan pembebasan biaya kuliah di perguruan tinggi dalam negeri. Selain itu ada juga program beasiswa Regional Champion Schoolarship yang diberikan untuk mahasiswa di daerah demi meringankan biaya perkuliahan dengan tujuan agar mahasiswa tersebut nantinya bisa membangun daerah asalnya. Beasiswa S1 lainnya adalah beasiswa Vokasi yang diberikan kepada mahasiswa jurusan perikanan, pertanian dan kehutanan.

Bidikmisi

Merupakan beasiswa yang bisa diberikan semenjak sebelum memasuki perguruan tinggi ataupun setelah masuk perkuliahan maksimal di info beasiswa S1 . Bidikmisi bisa memberikan full schoolarship yang diberikan oleh pemerintah melalui dikti. Untuk jenjang perkuliahan D3, beasiswa akan diberikan selama 6 semester sedangkan untuk jenjang perkuliahan S1 beasiswa akan diberikan selama 8 semester. Selain uang kuliah, beasiswa bidikmisi juga memberikan sumbangan uang saku dan uang tunjangan buku.

Beasiswa S1: Daftar Lengkap Untuk Kuliah Gratis

BBP-PPA

Masih beasiswa dari pemerintah, info beasiswa S1  berupa BBP PPA juga diberikan melalui DIKTI. Beasiswa ini bisa diberikan kepada mahasiswa semester 2 hingga semester 8 berupa sumbangan dana tunai untuk perkuliahan selama 2 tahun. Selain itu bagi pelajar sma atau smk yang berprestasi juga bisa mengajukan beasiswa BBP PPA ini sedari dini untuk mendapatkan beasiswa sejak masuk perguruan tinggi.

BCA Finance Peduli Anak Bangsa.

BCA merupakan salah satu perbankan nasional yang memiliki program sosial termasuk beasiswa. Beasiswa dari BCA diberikan kepada mahasiswa semester 2 di PTN dan PTS dalam negeri. Beasiswa berupa dana tunai sebesar Rp. 3juta tiap semesternya hingga memasuki semester 8. Untuk mendapatkannya, di semester 2 haruslah memiliki nilai IPK minimal 3.0 untuk PTN dan 3.25 untuk mahasiswa PTS.

BFI Finance

BFI adalah perusahaan pembiayaan yang juga memiliki program beasiswa. Program beasiswa dari BFI cukup unik karena selain mendapatkan bantuan dana, mahasiswa juga berkesempatan untuk bekerja di salah satu cabang perusahaan BFI jika sudah lulus kuliah. Untuk bisa mendaftar, Kamu harus sudah berada di semester 4 perkuliahan terutama di jurusan ekonomi. BFI akan memberikan dana biaya kuliah, uang saku hingga uang tunjangan buku hingga semester 9 dan biaya pembuatan tugas akhir. 

Selain daftar info beasiswa S1 tersebut di atas, masih banyak lagi yayasan dan perusahaan lain yang juga memberikan beasiswa pada mahasiswa maupun pelajar kurang mampu di Indonesia. selain beasiswa dalam negeri, beberapa juga bahkan memberikan beasiswa seluas-luasnya untuk belajar di luar negeri. Kini tak ada alasan lagi untuk takut mendaftarkan diri ke jenjang perkuliahan sesuai dengan jurusan yang diinginkan dan di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Yang paling penting adalah jaga prestasi dan aktiflah dalam berbagai bidang organisasi sehingga banyak pilihan beasiswa yang bisa kamu manfaatkan untuk mencapai cita-cita.

Beasiswa Inggris: Daftar Lengkap Untuk Mahasiswa Indonesia