Ideologi Pancasila: Pengertian, Makna, Fungsi

Ideologi pancasila telah disepakati oleh para pendiri bangsa kita sebagai landasan dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebagai ideologi, pancasila memiliki peranan yang mengakar dalam menentukan setiap gerakan dan arahan kehidupan bangsa ini.

Postingan ini merupakan ringkasan tentang pengertian ideologi pancasila beserta makna dan fungsinya bagi bangsa Indonesia. Sebelum melangkah lebih jauh ke pengertian ideologi pancasila, pembaca perlu mengetahui terlebih dahulu arti ideologi. Di sini ideologi diartikan sebagai idea yang berarti seperangkat ide, gagasan dan cita-cita yang mendasari pemikiran dan bagaimana kita memandang sesuatu.



Baca juga: Pengertian Ideologi dan Contohnya

Pengertian ideologi pancasila

Ideologi berasal dari kata ”ideos” dan ”logos”, yang artinya cita-cita, cara pandang, pemikiran, dan ilmu dalam bahasa Yunani. Pada perkembangannya, ideologi sering diartikan sebagai seperangkat cita-cita atau ide yang menjadi sebuah keyakinan dan menentukan kerangka berpikir seseorang untuk mewujudkan cita-cita tertentu berlandaskan ilmu pengetahuan.

Dengan demikian, ideologi pancasila dapat diartikan sebagai seperangkat ide atau cita-cita yang menentukan keyakinan dan cara berpikir untuk mewujudkan suatu tujuan dengan berlandaskan pada lima sila dalam pancasila.

Poin penting yang perlu kita garis bawahi di sini adalah ”berlandaskan pada lima sila atau pancasila”. Ideologi berada pada tataran ide, cita-cita dan gagasan. Dalam penerapannya, setiap tindakan individu sebagai bagian dari bangsa harus dipandu, didorong dan diarahkan oleh ide dan cita-cita yang membentuk ideologi pancasila.

Singkatnya, oleh karena ideologi bangsa Indonesia yang disepakati adalah pancasila, maka setiap tindakan kita sebagai warga negara dan bagaian dari masyarakat Indonesia harus selaras dengan nilai-nilai pancasila.



Baca juga: Nilai-Nilai Pancasila

Makna ideologi pancasila

Sampai di sini, kita sudah bisa ketahui deskripsi singkat tentang definisi ideologi pancasila. Selanjutnya dari definisi tersebut kita bisa sebutkan beberapa makna ideologi pancasila, diantaranya:

  • Pancasila sebagai seperangkat ide atau gagasan yang sistematis.
  • Pancasila sebagai pedoman cara hidup.
  • Pancasila sebagai cita-cita yang hendak dicapai.
  • Pancasila sebagai prinsip yang dipegang teguh.

Keempat poin di atas menunjukkan bahwa pancasila sebagai sebuah ideologi memiliki makna yang fundamental bagi kelompok yang memegang teguhnya, yakni masyarakat Indonesia. Makna tersebut tentu saja tidak bisa diwujudkan tanpa penerapan pada wilayah praktis, seperti perumusan kebijakan dan aturan. Bila pancasila tidak dipraktikkan, maka maknanya otomatis hilang.



Lebih lengkap baca juga: Makna Pancasila

Pembahasan selanjutnya dalam postingan ini akan menyentuh pada aspek fungsi sekaligus peranan ideologi pancasila.

ideologi pancasila

Fungsi dan peranan ideologi pancasila

Ideologi tentu harus memiliki fungsi, khususnya bagi sekelompok orang yang meyakininya. Fungsi pancasila sebagai sebuah ideologi bangsa tentunya sudah dipikirkan matang-matang sebelum oleh para pendiri bangsa secara formal disepakati.

Pada perkembangannya, fungsi ideologi bangsa bisa makin variatif seiring dengan dinamika kehidupan bangsa tersebut, bahkan mungkin berfungsi diluar apa yang belum pernah terpikirkan sebelumnya. Fungsi yang muncul belakangan bisa bersifat positif atau negatif.

Fungsi yang diharapkan tentu saja fungsi positif. Pancasila sebagai ideologi negara memiliki fungsi dan peranan sebagai berikut:

◊ Sebagai inspirasi seseorang untuk menemukan identitas dan jati diri kebangsaannya.

◊ Sebagai prinsip dasar untuk memahami dan menafsirkan kehidupannya dalam konteks berbangsa dan bernegara.

◊ Sebagai kekuatan yang memotivasi seseorang untuk melaksanakan hak dan kewajibannya sebagai warga begara.

◊ Sebagai pedoman seseorang dalam bertindak bagi bangsanya.

◊ Sebagai inspirasi tumbuhnya jiwa nasionalisme dan patriotisme.

◊ Sebagai sarana keilmuwan yang menghubungkan warga negara terhadap pemikiran para pendiri bangsanya.

◊ Sebagai jalan untuk menemukan jawaban mengapa bangsa Indonesia didirikan.

Lebih lengkap baca juga: Fungsi Pancasila dan Penjelasannya


Beberapa poin tersebut dapat dikatakan sebagai fungsi yang diharapkan. Sebagian besar tertu sudah dipikirkan matang-matang sebelum pancasila sebagai ideologi itu sendiri disepakati.

Selain fungsi yang disepakati, pancasila sebagai ideologi bisa pula dimanfaatkan sebagai alat untuk melanggengkan kekuasaan. Fungsi ini tentu saja bersifat negatif. Dalam sejarahnya, kita pernah mengalami masa dimana pancasila nyaris kehilangan makna dan hanya digunakan sebagai instrumen kekuasaan belaka. Pancasila ditafsir oleh rezim berkuasa dan dimnopoli kebenarannya sebagai alat untuk memberangus mereka yang berbeda pandangan.

Ciri-ciri ini secara tipikal berkaitan dengan rezim berkuasa yang menafsirkan pancasila secara sepihak. Sehingga pihak lain yang berbeda pandangan berpotensi dianggap sebagai tidak mendukung rezim dan akhirnya dicap anti-pancasila.

Sebagai contoh, rezim yang mengklaim dirinya sebagai rezim paling pancasilais. Pihak oposisi yang notabene berperan mengawal kekuasaan agar tidak keblinger berpotensi dicap anti-rezim. Celakanya, mereka juga bisa dianggap anti-pancasila. Hal ini keliru dan justru berpotensi menempatkan pancasila lagi-lagi sebagai instrumen kekuasaan.

Baca juga: Pancasila Sebagai Dasar Negara