Fungsi Struktur Sosial dan Contohnya




Fungsi struktur sosial dalam sosiologi, baik yang berkaitan dengan diferensiasi sosial maupun stratifikasi sosial adalah untuk menciptakan dan menjaga proses sosial agar tetap berjalan secara harmonis. Berikut ini akan dipaparkan beberapa fungsi struktur sosial yang terjadi di masyarakat dalam kehidupan sosial sehari-hari.

Fungsi struktur sosial

Instrumen untuk mencapai tujuan bersama

fungsi struktur sosialFungsi struktur sosial sebagai instrumen atau alat untuk mencapai tujuan bersama dapat dilihat pada operasionalisasi organisasi. Dalam organisasi, individu yang terlibat menempati posisinya masing-masing. Peran yang dimainkan tiap posisi mempengaruhi satu sama lain sehingga terbentuk hubungan saling ketergantungan. Visi organisasi selalu berkaitan dengan tujuan yang ingin dicapai bersama. Di sinilah struktur menjadi alat untuk mencapai tujuan. Tanpa struktur, proses mencapai tujuan bersama akan mengalami hambatan kalau tidak gagal.

Begitu pula struktur sosial dalam masyarakat yang berbentuk diferensiasi atau stratifikasi. Masing-masing individu berbeda baik secara horizontal maupun vertikal. Namun, meski berbeda, ada keterkaitan satu sama lain. Keterkaitan itulah yang membentuk dinamika sosial masyarakat.

Alat penunjuk identitas

Struktur sosial juga berfungsi sebagai alat petunjuk identitas individu atau kelompok. Semisal, dalam diferensiasi sosial, kita menyebut diri kita sebagai orang Sunda. Ketika pergi ke Australia, kita bertemu orang Cina. Warna kulit kita berbeda, kita berada dalam struktur sosial yang berbeda. Sebagai orang Sunda kita memiliki ciri-ciri warna kulit yang berbeda dengan orang Cina, logat bahasanya pun berbeda. Perbedaan ini menjadi alat petunjuk identitas tentang siapa kita.

Dalam stratifikasi sosial juga demikian. Misal, kamu seorang bos, tetanggamu kita karyawan. Struktur sosial kamu berada di lapisan atas sedangkan tetanggamu di bawah. Struktur tersebut menjadi penanda identitasmu.

Baca juga Stratifikasi Sosial: Definisi dan Contohnya


Penjaga norma sosial

Fungsi struktur sosial sebagai penjaga norma sosial dapat dilihat pada perilaku keseharian orang-orang yang menempati posisi sosial tertentu. Sebagai contoh, seorang siswa yang menyadari dirinya sebagai siswa, belajar pada malam hari sebelum tidur. Perilaku untuk belajar merupakan hal yang normal bagi siswa. Struktur sosial yang menandai dirinya sebagai seorang siswa mendasari perilakunya untuk belajar. Di sini struktur sosial berfungsi untuk menjaga norma sosial siswa, yaitu belajar.

Contoh lain, seorang polisi lalu lintas yang menyadari dirinya sebagai petugas yang bertanggung jawab mengatur keamanan dan ketertiban lalu lintas. Profesinya sebagai seorang polantas merupakan menempatkan dirinya pasa struktur sosial tertentu. Ketika ada pengendara sepeda motor tak bersalah namun dihentikan dan ditilang, polantas tersebut telah melakukan pelanggaran norma. Jika sadar akan posisinya dalam struktur sosial, maka perilakunya akan patuh pada norma sosial.

Pemersatu unit sosial yang berbeda

Struktur sosial juga dapat berfungsi sebagai pemersatu. Fungsi struktur sosial sebagai pemersatu dapat dilihat pada, misalnya peristiwa sumpah pemuda. Para pemuda pada masa itu sadar akan perbedaan identitas suku, bahasa, dan bangsa yang disandangnya. Struktur diferensiasi tersebut justru berhasil menjadi pengikat demi mewujudkan cita-cita bersama.

Petunjuk tingkah laku

Fungsi struktur sosial yang juga terlihat jelas dalam keseharian adalah sebagai petunjuk tingkah laku manusia, terutama ketika berhubungan dengan orang lain. Sebagai contoh, ketika bertemu dengan seorang profesor di kampus, kita menyadari posisi sosial seorang profesor. Maka, ketika bertemu dan berbicara, kita bertingkah laku sebagaimana bertingkah laku kepada profesor sesuai norma yang berlaku. Ketika kita bertemu seseorang di jalan, namun karena tidak mengetahui posisi orang tersebut dalam struktur sosial, kita akan kebingungan bagaimana bertingkah laku yang tepat.

Baca juga Pengertian Norma


Sebagai contoh, teman saya pernah ngobrol dengan orang lain tentang kesehatan tanpa menyadari bahwa yang diajak bicara sebenarnya adalah ahli kesehatan. Ketika belakangan baru menyadari bahwa yang diajak bicara lebih tahu daripada dirinya, ia merasa malu dan menyesal karena teringat tingkah lakunya ketika berbicara. Fungsi struktur sosial sebagai petunjuk tingkah laku sering kita lihat bahkan alami dalam keseharian.

Demikian beberapa fungsi struktur sosial yang bisa disebutkan. Jangan lupa sertakan sumber bila mengutip untuk menghindari plagiasi.

Lebih lengkap baca Struktur Sosial: Pengertian dan Jenisnya