Fungsi Pancasila dan Penjelasannya Lengkap

Fungsi Pancasila meliputi lima manfaat umum dan lima manfaat spesifik, seperti; sebagai panduan hidup, sumber hukum, sumber norma, perjanjian luhur, dan falsafah hidup bangsa Indonesia. Para pendiri bangsa memilih Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara bukan tanpa alasan. Pancasila dipilih karena memiliki fungsi fundamental bagi eksistensi bangsa Indonesia.

Postingan ini akan membahas tentang fungsi Pancasila secara umum dan spesifik. Fungsi spesifik dapat dipahami sebagai fungsi Pancasila sebagai dasar negara. Materi tentang pendidikan Pancasila memiliki posisi yang krusial dalam agenda pembangunan bangsa. Dalam materi pendidikan Pancasila, fungsi Pancasila merupakan salah satu tema terpenting. Apa saja fungsi Pancasila secara umum?


Fungsi umum Pancasila

Pancasila sebagai panduan hidup bangsa Indonesia

Artinya, nilai-nilai dan makna Pancasila menjadi pedoman segala perilaku dan tindakan warga Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Nilai-nilai Pancasila ikut berperan mendefinisikan mana yang baik dan mana yang buruk dalam proses pengambilan kebijakan dan penyelesaian masalah bangsa.

Pancasila sebagai sumber segala sumber hukum

Artinya, lima sila Pancasila menjadi acuan dalam proses pembuatan peraturan tertulis oleh negara. Segala peraturan hukum yang dirancang, dibuat dan disahkan tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Sumber segala sumber hukum berarti rujukan sumber hukum yang dibuat. Misal, bila negara ingin membuat kebijakan tentang pengakuan penganut kepercayaan, kebijakan tersebut harus diuji terlebih dahulu apakah sesuai dengan nilai-nilai Pancasila atau tidak.

Pancasila sebagai sumber norma

Mirip seperti Pancasila sebagai sumber segala sumber hukum, artinya norma yang berlaku di Indonesia harus selaras dengan nilai moral Pancasila atau bahkan mencerminkan nilai-nilai Pancasila. Norma meruapakan aturan tak tertulis atau informal yang mengatur kehidupan bermasyarakat. Meski tak tertulis, kekuatan norma sangat besar karena melekat di dalam kepercayaan masyarakat. Keselarasan dengan Pancasila menjadi keunggulan norma di Indonesia. Untuk selaras, Pancasila bisa berperan sebagai sumber norma yang hendak diterapkan.

Baca juga: Pengertian Norma dan Contohnya


Pancasila sebagai perjanjian luhur

Artinya, Pancasila merupakan buah kesepakatan hasil rumusan para intelektual pendiri bangsa. Pancasila juga merupakan produk musyawarah mufakat yang wajib dihormati keberadaannya. Para pendiri bangsa sepakat menjadikan Pancasila sebagai dasar negara. Kesepakatan tersebut hendaknya tidak dicedrai oleh generasi penerusnya.

Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa Indonesia

Pancasila sejak kemunculannya sebagai ide yang kelak menjadi ideologi bangsa dianggap cerminan falsafah hidup yang paling sesuai dengan kondisi masyarakat Indonesia. Pancasila juga dianggap mencerminkan filosofi yang dianut oleh manusia Indonesia dalam kelima silanya. Tak heran jika Pancasila selalu dilihat sebagai ideologi yang paling sesuai dengan jiwa bangsa Indonesia.

Adapun fungsi Pancasila yang spesifik, yakni fungsi Pancasila sebagai dasar negara. Beberapa bahan ajar untuk materi pendidikan Pancasila menyebutkan bahwa sedikitnya ada lima fungsi Pancasila sebagai dasar negara. Kelima fungsi tersebut antara lain Pancasila sebagai pedoman hidup bangsa, jiwa bangsa, kepribadian bangsa, sumber hukum negara, dan cita-cita bangsa. Berikut ini penjelasan versi singkatnya:

Baca juga: Pancasila Sebagai Dasar Negara


Fungsi Pancasila sebagai dasar negara

Pancasila sebagai pedoman hidup bangsa

Artinya, bangsa indonesia melalui peran negara memegang teguh nilai-nilai Pancasila ditengah pergaulan dengan bangsa lain. Hubungan diplomatik dalam bentuk apapun tak boleh menghasilkan keputusan tanpa pertimbangan yang melibatkan kehadiran nilai-nilai Pancasila.

Pancasila sebagai jiwa bangsa

Artinya, institusi sosial di Indonesia dari yang paling besar sampai yang paling kecil harus menjadikan Pancasila sebagai sumber inspirasi ideologinya. Dari institusi tingkat tinggi seperti negara sampai ormas, nilai-nilai Pancasila harus diposisikan sebagai jiwanya.

Pancasila sebagai kepribadian bangsa

Artinya, selain keluhuran makna dan nilainya, Pancasila juga berfungsi sebagai identitas bangsa yang layak dibanggakan. Sebagai identitas, Pancasila merupakan jawaba dari pertanyaan tentang apa kepribadian bangsa Indonesia yang sesungguhnya.

Pancasila sebagai sumber hukum

Fungsi ini mirip fungsi umum Pancasila sebagai sumber segala sumber hukum. Pada prinsipnya sama, hukum yang dibuat oleh insitusi atau organisasi diberbagai level tak boleh bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila.

Pancasila sebagai cita-cita bangsa

Artinya, Pancasila sebagai dasar negara mengandung ide atau gagasan ideal yang hendak diwujudkan oleh segenap elemen bangsa Indonesia. Nilai-nilai Pancasila yang merupakan konsep abstrak dilihat sebagai tipe ideal yang menjadi cita-cita masyarakat Indonesia. Fungsi Pancasila sebagai cita-cita bangsa artinya nilai-nilai Pancasila menadi orientasi kemana bangsa ini hendak diarahkan.

fungsi pancasila

Sejauh ini kita sudah menyimak fungsi Pancasila secara umum dan secara spesifik sebagai dasar negara. Pemahaman mengenai fungsi Pancasila ini penting bagi pembelajar karena dapat membantu untuk menilai apakah bangsa ini sudah berjalan ke arah yang benar. Bangsa yang tak memiliki dasar ideologi akan linglung dan diombang-ambingkan oleh ideologi bangsa lain.

Baca juga: Pengertian Ideologi dan Contohnya



Peran Pancasila untuk Indonesia sangatlah besar. Bahkan boleh dibilang tanpa Pancasila, sulit kita membayangkan bangsa dan negara Indonesia eksis. Persoalannya sekarang adalah apakah sejauh ini Pancasila masih berfungsi sebagaimana mestinya bagi kesejahteran rakyat banyak?

Justifikasi tentang penerapan Pancasila sering kali hanya tampak di podium-podium formal. Dalam konteks implementasi kebijakan, tak jarang Pancasila absen. Sebagai contoh, kesenjangan sosial di suatu daerah yang meninggi, menimbulkan pertanyaan: kemana keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia itu?

Memahami Pancasila dapat dilakukan, selain dengan menilik makna dan nilai-nilainya, juga bisa dengan menilik fungsi dan peranannya. Fungsi Pancasila bagi bangsa Indonesia sangat fundamental dan radikal. Tugas kita, manusia Indonesia untuk merawat, menjaga, melestariakan sambil berupaya terus mengoptimalkannya.

Baca juga: Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka