Flashpacker: Pelancong di Era Digital

Flashpacker adalah tech-savvy backpacker di era internet dan sosmed. Kita di sini akan bahas sedikit tentang Flashpackers dari teks yang ditulis oleh Cody Morris Paris, Profesor Sosiologi di Middlesex University Dubai, berjudul ”Flashpackers: An Emerging Sub-culture?”.

Kita lihat sekarang ini tampaknya sulit menemukan seorang traveler yang melakukan perjalanan tanpa membawa gadget. Tas backpack yang digendong atau koper yang dibawa kemana-mana kini berisi kebutuhan penting perjalanan yang tak hanya pakaian dan uang, tapi juga hape, tablet, laptop, lengkap dengan charger, powerbank, atau bahkan kamera, tripod, tongsis. Traveling di era digital, sebagaimana kebanyakan aktivitas kekinian lainnya juga tak lepas dari intervensi teknologi digital.

flashpacker adalah

Istilah backpacker yang secara terminologis muncul dari sebutan wujud fisik berupa tas gendong ’backpack’, kemudian berkembang melahirkan istilah kultural yang kini identik dengan traveler, pelancong, pejalan mandiri. Backpacking adalah kultur perjalanan mandiri yang kini mengalami transformasi akibat kehadiran teknologi digital. Istilah baru yang cukup populer kemudian muncul di kalangan backpacker, yang disebut Flashpacker.

Apakah Flashpacker berbeda dengan Backpacker? Apa perbedaannya? Pertanyaan yang lebih menarik adalah apakah keduanya memiliki kultur traveling yang berbeda?

Jurnal ’Annals of Tourism Research’, Vol. 39, No. 2 hal 1094-1115 tahun 2012 memuat artikel yang berjudul “Flashpackers: An Emerging Sub-Culture?” ditulis oleh Cody Morris Paris.

Istilah flashpacker muncul ditengah konvergensi atau penyatuan antara mobilitas fisik traveler dengan perkembangan teknologi komunikasi digital dan internet. Teknologi digital memungkinkan flashpackers untuk mobile ke lebih banyak tempat dalam waktu singgah yang lebih singkat. Mereka semakin wired dan mobile. Flashpackers umumnya masyarakat urban dengan mobilitas tinggi. Mereka hobi jalan-jalan, traveling, yang bisa dibilang bagian dari gaya hidupnya. Flashpacker memperagakan ’kultur traveling’ yang muncul dari kalangan backpacker. Menurut Paris:

”…, flashpacker bisa disebut sebagai individu hypermobile yang secara fisik dan virtual melekat dengan kultur backpacker dan hidup dalam proses penyatuan yang berlangsung antara teknologi digital dan kehidupan sehari-hari. Flashpacker adalah perintis awal yang mengadopsi, mengeksplor, mencipta ruang virtual dari backpacking”

Pernyataan diatas jelas menekankan adanya keterlekatan antar teknologi digital dengan mobilitas dikalangan flashpacker. Selanjutnya, Paris mencoba membandingkan kultur traveling antara flashpacker dengan kelompok traveler yang disebutnya ’non-flashpacker’ (backpacker). Analisis Konsensus Kultural digunakan untuk melihat perbedaan keduanya. Survei dilakukan secara online di sebuah grup Facebook backpacker dan offline di sebuah motel di Australia. Preferensi dan intensitas penggunaan gadget ketika traveling digunakan sebagai instrumen survei untuk membentuk 2 kelompok: flashpacker dan non-flashpacker. Hasilnya:

”Flashpackers lebih tech-savvy dibanding non-flshpackers, sebagaimana sudah bisa ditebak diawal… Namun ada beberapa kemiripan antara keduanya seperti: Senang membawa kamera digital ketika traveling dan sering internetan ketika di rumah… Salah satu perbedaan yang mencolok adalah lebih dari 75% flashpackers membawa laptop, kurang dari 14% bagi non-flashpacker. Flashpackers lebih menginginkan tinggal di hostel dengan akses Wifi ketimbang non-flashpackers, dan jauh lebih sering login ketika traveling.”

Perbedaan lainnya juga terindikasi dari ’cultural statement’ yang dinyatakan dalam salah satu pernyataan survei: ”Sering nge-Twit dan Facebookan ketika traveling mengurangi pengalaman backpacking”. Flashpackers cenderung tidak setuju dengan pernyataan ini, sedangkan non-flashpackers setuju.

Bagaimanapun, teknologi digital dan internet berkontribusi menciptakan transformasi kultur baru dalam dunia backpacking atau melahirkan ’sub-kultur’ traveling seperti kata Paris. Kultur traveling Anda backpacking atau flashpacking?