E Jurnal: Contoh Situs & Cara Mencarinya

E jurnal merupakan elektronik jurnal yang bisa diakses secara online baik berbayar ataupun gratis. Mahasiswa dan peneliti perlu familiar dengan beberapa situs e jurnal agar ketika mencari referensi bisa lebih efisien.

Ketika akan menyelesaikan tulisan ilmiah yang sedang dikerjakan maka harus didukung oleh banyak data sehingga akan dapat mendapatkan kesimpulan yang ingin dicapai. Adapun sumber yang bisa didapatkan sendiri ada banyak mulai dari yang ada di buku, majalah atau koran, dan juga dari jurnal.

Jurnal Online: Cara Mencari & Download

Untuk menemukan sumber tersebut sekarang memang lebih mudah karena bisa ditemukan dengan mudah di mesin pencari sehingga akan menemukan berbagai sumber dalam bentuk elektronik seperti misalnya e jurnal. Dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk mengerjakannya karena tidak perlu lagi untuk datang ke perpustakaan ataupun lembaga yang menyediakan jurnal atau sumber yang kamu butuhkan. Sehingga tentunya lebih menghemat pengeluaran baik dari segi biaya maupun tenaga yang dikeluarkan.

Akan tetapi untuk mendapatkan jurnal yang kamu butuhkan tersebut tentu saja kadang tidak seefisien seperti yang dibayangkan. Karena sumber yang kamu butuhkan mungkin hanya akan sedikit di jurnal yang telah ditemukan sehingga hal tersebut yang akan membuat kecewa ketika akan menyelesaikan tulisan.

Oleh karena itulah dibutuhkan kesabaran ekstra untuk menyelesaikan tulisan ilmiah yang sedang dikerjakan dan tidak boleh mudah menyerah. Untuk lebih praktis ketika mencari jurnal yang kamu butuhkan, perlu untuk mengetahui beberapa tips penting.

Untuk mencarinya adalah dengan mencari penulis, judul, nama jurnal, dan juga volume dari jurnal tersebut. Pencarian ini bersifat umum dan tidak mempunyai batasan tertentu. Istilahnya, jenis pencarian ini dinamakan dengan browse sehingga nantinya kamu dapat untuk menemukan berbagai koleksi jurnal yang bisa kamu temukan.

Baca juga: Jurnal Internasional Gratis

Pencarian selanjutnya bisa dilakukan dengan mencari nama pengarang dan judul. Ketika mencari jurnal, penting untuk melihat kapasitas jurnal tersebut apakah bisa diakses secara gratis atau berbayar. Untuk dapat mengakses e jurnal secara jurnal yang sebenarnya juga bisa didapatkan dengan tips mudah seperti berikut ini:

DOAJ

Langkah pertama untuk menemukan jurnal elektronik yang bisa didapatkan secara gratis adalah di DOAJ. Directory of Open Access Journal merupakan web yang menyediakan banyak sekali jurnal gratis yang kamu butuhkan.

Web ini menyediakan jurnal internasional yang bisa didapatkan secara gratis untuk beberapa publisher tertentu. Situs yang bisa diakses adalah di https:/doj.org dan kemudian kamu bisa untuk mendapatkan berbagai macam jurnal yang dibutuhkan secara gratis.

Science Direct

Web selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengakses dan mendapatkan jurnal secara gratis adalah di Science Direct. Science Direct merupakan produk publisher besar yaitu Elsevier. Sehingga ketika memanfaatkan situs ini kamu akan bisa mendapatkan ribuan jurnal dalam berbagai bidang secara gratis.

Jurnal yang bisa didapatkan secara gratis tersebut dilabeli dengan open access dan tersedia dalam jenis jurnal internasional. Alamat yang bisa digunakan adalah di http://www.sciencedirect.com yang bisa dibuka di laman web kamu.

Sci Hub

Cara selanjutnya agar bisa mendapatkan akses jurnal secara gratis adalah di Sci Hub yang bisa diakses di http://sci-hub.bz yang bisa diketik dengan mudah di laman internet kamu. Web ini akan menyediakan jurnal berbayar sehingga tidak bisa diakses di berbagai alamat jurnal internasional tetapi ditawarkan dengan gratis di web ini.

Sehingga tentunya akan sangat membantu bagi kamu yang ingin mengakses jurnal berbayar tetapi secara gratis dan lebih mudah. Kamu bisa mengaksesnya dengan mudah dengan langkah yang bisa diikuti seperti dengan mengisi kode verifikasi hingga diarahkan pada pdf jurnal yang kamu inginkan.

Research Gate

Tips selanjutnya bagi kamu yang ingin mengakses jurnal secara gratis adalah dengan bergabung dengan Research Gate. Dimana komunitas ini merupakan komunitas peneliti yang terkenal dan juga bisa mendapatkan jurnal berbayar secara gratis. Sehingga dengan begitu kamu akan bisa mengakses jurnal yang kamu butuhkan tanpa harus membayarnya seperti pada web yang menyediakannya dengan berbayar.

Web yang bisa digunakan adalah diĀ Research Gatedan cukup untuk mengikuti langkah selanjutnya dengan mudah untuk bergabung dan mendapatkan jurnal yang dibutuhkan.

Satu hal yang mungkin perlu dipertimbangkan adalah jika kamu mahasiswa, memanfaatkan status kamu sebagai mahasiswa. Kampus semestinya melanggan beberapa jurnal. Kamu akan bisa untuk mengakses jurnal yang berbayar dari status kamu sebagai mahasiswa yang dimiliki karena kampus kamu sudah berlangganan jurnal berbayar. Sehingga hal tersebut tentu saja akan sangat menguntungkan bagi mahasiswa.