Dampak Positif Globalisasi dan Contonya

Dampak positif globalisasi dapat kita lihat dalam berbagai dimensi. Kemunculannya terlihat dalam kehidupan sehari-hari. Globalisasi merupakan fenomena sosial dimana relasi-relasi sosial sifatnya menggobal. Artinya, di era globalisasi hal-hal detail yang berada dalam skala kecil tidak lagi sepenuhnya steril dari unsur-unsur yang sifatnya global.

Baca juga Globalisasi: Definisi dan Dampaknya



Dalam postingan ini saya akan memaparkan beberapa contoh dampak positif globalisasi yang terjadi di sekitar kita. Dampak positif globalisasi yang akan dipaparkan di sini meliputi berbagai dimensi, seperti sosial, politik, ekonomi, dan sebagainya. Namun untuk kemudahan penjelasan, saya tidak akan menuliskan dimensinya satu-persatu, melainkan langsung pada contohnya saja.

Dampak positif globalisasi dan contohnya

» Meningkatnya kecepatan untuk mengenal kebudayaan lain

Globalisasi sebagai proses relasi antara lokal dan global telah memberi kemudahan bagi kita untuk mengenal kebudayaan lain di luar sana yang sebelumnya sulit dijangkau. Kemudahan ini tentu dibantu oleh beberapa inovasi khususnya di bidang teknologi, informasi dan transportasi.

Tidak hanya budaya di kampung sebelah yang bisa kita kenal, namun juga kebudayaan di negeri seberang atau di benua tetangga. Misalnya, kita dapat mengenal pakaian tradisional Tiongkok. Eropa mengetahui bahwa sarung adalah pakaian khas dari Indonesia.

Mengenal kebudayaan lain merupakan salah satu modal penting yang harus dimanfaatkan di era globalisasi ini. Dengan mengenal, kita bisa memilih untuk lebih toleran sehingga mampu hidup bersama secara harmonis.

Baca juga: Pengertian Budaya dan Unsur-Unsurnya


» Mempercepat terjadinya perubahan sosial

Globalisasi juga dapat mempercepat terjadinya perubahan sosial. Memang, perubahan sosial bisa terwujud dalam berbagai macam bentuk, bisa positif dan bisa pula negatif. Dampak positif globalisasi terhadap perubahan sosial adalah terjadinya perubahan semakin cepat.

Globalisasi membuka peluang adanya pertukaran informasi, ide, pengetahuan, barang dan jasa. Dengan proses pertukaran ini, perubahan sosial sangat mudah terjadi. Kehidupan masyarakat yang stagnan bisa dengan cepat berubah ketika ide baru dari luar masuk.

Sebagai contoh, suatu kampung yang selama beberapa dekade mengalami perubahan sosial budaya yang lambat, ketika globalisasi memberi jalan masuknya korporasi multinasional, kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat setempat berubah drastis.

dampak positif globalisasi

» Terjadinya demokratisasi teknologi

Globalisasi memberi kesempatan bagi terjadinya demokratisasi teknologi. Artinya, inovasi dan konsumsi teknologi tidak lagi terpusat, melainkan tersebar ke beberapa wilayah. Hal ini dapat terjadi karena salah satunya, globalisasi mengijinkan distribusi terknologi dengan pola yang tidak lagi dari pusat ke daerah-daerah, melainkan dari daerah-daerah ke beberapa daerah lain yang membentuk jaringan yang kompleks.

Kita bisa menggunakan teknologi buatan Jepang, orang Amerika membuat komunitas pecinta drama Korea, makanan halal menjadi tren di Eropa, dan sebagainya adalah bentuk bagaimana demokratisasi teknologi ikut andil mengenalkan sesuatu yang lain dari belahan bumi lain.

Internet merupakan salah satu teknologi yang paling sering dianggap sebagai penopang utama globalisasi. Anggapan ini tentu saja problematik karena seolah globalisasi tidak ada sebelum internet. Namun pastinya, dengan internet, ekskalasi proses globalisasi menjadi semakin pesat.

Baca juga Perubahan Sosial Budaya: Pengertian dan Contohnya


» Terjadinya konvergensi sistem politik

Konvergensi sistem politik maksudnya adalah penyatuan sistem politik yang semula bervariasi ke dalam sistem mapan yang lebih dominan. Dua contoh yang bisa saya paparkan di sini antara lain demokrasi dan Hak Asasi Manusia (HAM).

Banyak negara mengadopsi sistem demokrasi sebagai sistem politiknya. Secara praktis, pemilihan pemimpin tertinggi dilakukan lewat voting dalam proses pemilu. Demokrasi menjadi identik dengan pemilu dan pemilu identik dengan voting.

Globalisasi juga mengenalkan sebuah prinsip yang dikenal dengan istilah HAM. HAM merupakan ide politik yang kini telah menyebar luas di berbagai negara. Negara tanpa penegakkan HAM akan dianggap sebagai negara yang tidak demokratis. Negara yang tidak demokratis akan menjadi musuh bersama.

Baca juga: Pengertian Demokrasi dan Jenisnya


» Munculnya solidaritas sosial lintas bangsa

Solidaritas sosial di era global tidak lagi ditentukan oleh teritori dan batasan geografis semata. Kita bisa bersimpati dan mengekspresikan rasa simpati kita terhadap orang atau peristiwa apapun yang terjadi jauh dari kita.

Sebagai contoh, kita bisa menunjukkan dukungan simpatik kita terhadap rakyat Palestina dan menyuarakan kemerdekaan Palestina. Kita juga bisa bersimpati atas apa yang terjadi di Paris dan Syiria, misalnya.

Aksi solidaritas lintas bangsa, bahkan agama dan bahasa telah menjadi fenomena umum dalam bahasan gerakan sosial. Dampak positif globalisasi yang bisa kita saksikan di sini adalah terbukanya dukungan dari luar dan bangsa lain. Dukungan yang melimpah ini tentu merupakan gambaran positif terutama bagi mereka yang didukung.

» Memperkuat intensitas hubungan diplomatik

Hubungan diplomatik antar negara bisa semakin intens dengan dukungan arus globalisasi yang kuat. Di era globalisasi, negara tidak lagi bisa berdiri sendiri. Negara yang mengisolasi diri akan terancam eksistensinya.

Hubungan diplomatik ini bisa terjadi di berbagai sektor. Hubungan internasional itu sendiri merupakan bentuk globalisasi yang banyak dimaknai secara politis. Terlepas dari apapun kepentingannya, hubungan internasional menjadi semakin intens seiring meningkatnya kesadaran negara-negara akan globalisasi.

Sebagai contoh, dalam pertemuan diplomatik antara Indonesia dengan Swedia membahas kerjasama di bidang pendidikan dan perdagangan. Kerjasama yang disepakati dalam pertemuan akan secara intens ditindaklanjuti seiring kesadaran keduanya bahwa mereka menjadi saling tergantung satu sama lain.

Baca juga Hubungan Internasional: Pengertian dan Contohnya



Dampak positif globalisasi telah menjadi senjata ampuh bagi para globalis untuk mempromosikan ideologinya. Pada dasarnya, dunia akan dianggap menjadi semakin bagi jika masyarakat memiliki kesadaran akan pentingnya globalisasi. Namun perlu diingat bahwa dampak positif globalisasi yang dipaparkan tersebut perlu dikontekstualisasikan agar kita paham negara mana dan siapa saja yang diuntungkan serta siapa yang dirugikan akibat globalisasi.

Baca juga: Pengertian Ideologi dan Contohnya