Contoh Proposal Tugas Akhir

Contoh proposal tugas akhir yang akan dipaparkan di sini meliputi contoh sistematika proposal dan beberapa contoh judul proposal yang pernah diuji. Postingan ini sengaja menampilkan kembali dengan modifikasi seperlunya guna keperluan pembelajaran.

Beberapa siswa dan mahasiswa sering mencari rujukan online tentang bagaimana membuat proposal tugas akhir yang baik dan benar. Contoh proposal tugas akhir yang ditulis di sini merupakan contoh dalam bentuknya yang paling standar.

Baca juga Desain Penelitian: Contoh dan Penjelasannya



Melalui pemaparan contoh baik sistematika maupun judul, diharapkan pembaca dapat menemukan inspirasi untuk penyelesaian pembuatan proposal tugas akhir di institusinya masing-masing. Sistematika atau struktur proposal tugas akhir sebenarnya cukup beragam. Tidak ada struktur baku yang diharuskan. Namun demikian beberapa elemen dasar harus menjadi bagian, seperi latar belakang masalah, pertanyaan penelitian, dan metodologi penelitian.

Di luar sana, pembaca akan degan mudah menemukan varian lain struktur tugas akhir, namun dengan mengetahui sistematika standarnya, pembaca akan memiliki dasar untuk berkreasi menyususn sistematika tugas akhirnya sendiri tanpa keluar dari kaidah ilmiah.

Contoh proposal tugas akhir

Berikut ini adalah struktur dasar proposal tugas akhir yang bisa diadaptasi baik untuk tugas sekolah maupun kuliah. Bahkan proposal skripsi, tesis dan disertasi dapat mengacu stuktur standar di bawah ini. Setelah itu tentunya peneliti dapat memodifikasi atau memolesnya asesuai kebutuhan.

HALAMAN JUDUL
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang
  2. Rumusan Masalah
  3. Tujuan Penelitian
  4. Manfaat Penelitian

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

  1. Review Literatur
  2. Batasan Konseptual
  3. Kerangka Teori/Hipotesis

BAB III METODOLOGI

  1. Metode Penelitian
  2. Teknik Pengumpulan Data
  3. Teknik Analisis Data

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

contoh proposal tugas akhir

 

Penjelasan kerangka proposal

♣ Bagian pendahuluan proposal tugas akhir selalu berisikan latar belakang dan permasalahan yang coba diangkat. Perlu dicatat di sini bahwa penulisan sub judul tidak harus sama persis sebagaimana yang dicantumkan dalam contoh proposal tugas akhir di atas. Pembaca bisa berkreasi memberi nama sub bab latar belakang sejauh substansi pembahasannya menjelaskan tentang apa latar belakang penelitiannya.

Tujuan dan manfaat penelitian sering kali menjadi bagian dari BAB I PENDAHULUAN. Pada beberapa karya tulis yang saya temukan, tujuan dan manfaat penelitian kadang menjadi bab sendiri. Tak ada masalah sama sekali dengan hal ini asalkan secara struktur kepenulisan, proposal tertulis secara sistematis dan maksud yang disampaikan dapat dipahami pembaca proposal.

♣ Bagian tinjauan pustaka menjelaskan tentang studi atau hasil penelitian terkait tema yang sudah pernah dilakukan sebelumnya. Di sini penulis proposal ”berdiskusi” dengan peneliti sebelumnya dengan cara me-review hasil penelitian penulis sebelumnya. Tinjauan pustaka bisa disebut juga studi literatur, kajian pustaka atau review literatur.

Baca juga: Contoh Tinjauan Pustaka



Batasan konseptual menjelaskan tentang definisi konsep yang peneliti gunakan dalam penelitiannya. Definisi konsep diperlukan untuk meminimalisir atau bahkan mengantisipasi kesalahpahaman terhadap konsep yang digunakan dalam laporan penelitian nantinya. Sebagai contoh, penelitian tentang ”Kelompok Jihadis di Poso”. Peneliti harus mendefinisikan di proposalnya tentang apa itu jihad dan apa yang dimaksud dengan jihadis dalam penelitiannya.

Sub bab terakhir yang dipaparkan di situ yaitu kerangka teori atau hipotesis. Saya sengaja tulis keduanya karena dalam penelitian sosial, metode penelitian menentukan apakah proposal penelitian tersebut memerlukan hipotesis atau tidak. Serta apakah proposal penelitian tersebut memerlukan teori atau tidak. Penelitian kualitatif tak jarang tidak menggunakan hipotesis. Penelitian kualitatif dengan pendekatan grounded tak jarang tidak menggunakan teori di proposal.

Baca juga Metode Penelitian: Pendekatan, Jenis & Contoh



♣ Bagian metodologi menjelaskan tentang bagaimana riset untuk tugas akhir ini nantinya dilakukan. Aspek metodologi selalu menjelaskan setidaknya mengenai apa pendekatan yang digunakan, bagaimana data dikumpulkan dan bagaimana analisis dilakukan.

Bila ingin lebih detail, boleh saja pembaca menambahkan sub bab mengenai populasi dan sampel, misalnya. Semakin detail semakin baik karena memudahkan pembaca proposal memahami. Namun biasanya jumlah halaman proposal tugas akhir dibatasi dan tidak pernah sepanjang laporan akhir tentunya. Di sinilah diperlukan kepiawaian penulis proposal untuk membahas elemen yang penting saja.

Tidak terlalu penting berapa banyak sub bab di tiap bab. Apa yang penting adalah tiap bab mengandung informasi substantif untuk sebuah rancangan penelitian. Penjelasan mengenai contoh proposal tugas akhir akan dilengkapi dengan beberapa contoh judul.

Sekali lagi untuk diingat, judul-judul karya ilmiah di bawah ini pernah dipublikasikan sebelumnya. Di sini dipaparkan kembali dengan modifikasi sekadar untuk pembelajaran tentang contoh proposal karya tulis. Judul proposal tugas akhir, sebagaimana proposal karya ilmiah lainnya biasanya tak terlalu urgent karena masih bisa di revisi. Namun tetap saja, judul yang mampu merepresentasikan substansi proposal adalah judul yang baik. Pembaca dapat menyimak beberapa judul karya ilmiah di bawah ini untuk mendapatkan inspirasi bagaimana membuat judul proposal karya tulis yang baik.

Baca juga: Cara Membuat Judul Skripsi yang Simpel dan Fancy


Gemar Membaca Terampil Menulis: Transformasi Gerakan Komunitas Literasi Di Indonesia

Gerakan Sosial Politik Dalam Rangka Pemilihan Kepala Daerah Serentak di Aceh

Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dalam Kampanye Konservasi Kukang Jawa Oleh Little Fireface Project

Twitter Sebagai Sumber Berita Politik: Analisis Isi Kualitatif Penggunaan Twitter Sebagai Sumber Berita Dalam Berita Pilkada Jabar 2018

Aktivisme Change.org Sebagai Instrumen Gerakan Sosial Di Indonesia

Analisis Corporate Social Responsibility Studi Pada Garuda Indonesia

Nilai-nilai Kapitalisme Dalam Perkembangan Bisnis Online Di Indonesia

Praktik Konsumsi Dalam Arena Komunitas Vaporizer Banyumas

Persimpangan Kelas Sosial Dalam Poligami Studi Novel Ayat-ayat Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy

Representasi Kelas Sosial Dalam Iklan Sosro

Beberapa contoh judul di atas menggambarkan bidang penelitian dalam ilmu sosial. Metode yang diterapkan beragam sesuai dengan rumusan masalah yang diangkat.

Baca juga: Contoh Proposal Skripsi