Contoh Proposal Penelitian

Contoh proposal penelitian yang akan ditampilkan di sini diambil dari proposal penelitian tentang ”Kesiapan Usaha Kecil Menengah dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN”. Lokasi penelitiannya berada di saah satu provinsi di Indonesia.

Sebenarnya tema penelitian tidak terlalu penting untuk ditonjolkan karena yang akan dibahas di sini adalah proposalnya. Contoh proposal penelitian dengan tema tersebut bisa dijadikan panduan dalam menyusun proposal riset lain yang berkaitan, termasuk riset skripsi, tesis, dan disertasi.

Baca juga: Contoh Judul Proposal



Saya akan menampilkan contoh proposal penelitian dengan tema di atas pada bagian struktur penulisan saja, yang tertulis dalam daftar isi. Struktur penulisan proposal penelitian bisa dijadikan sebagai standar panduan bagaimana menyusun proposal riset yang baik dan benar.

Sebelum melangkah lebih jauh, perlu saya ulas sekilas tentang apa itu proposal penelitian dan mengapa perlu membuat proposal penelitian.

Apa itu proposal penelitian?

Proposal penelitian merupakan rancangan penelitian yang menjelaskan tentang apa, mengapa dan bagaimana penelitian akan dilakukan. Proposal penelitian sebenarnya merupakan istilah yang cakupannya luas. Untuk memahaminya, kita perlu pergi ke wilayah yang lebih spesifik dengan menjawab pertanyaan: ”penelitian apa?”.

Proposal penelitian skripsi tentu beda dengan proposal penelitian untuk buka usaha. Namun demikian, standar umum proposal penelitian bisa dengan mudah diidentifikasi. Identifikasi proposal penelitian bisa dilakukan melalui pemerikasaan struktur kepenulisannya. Postingan ini akan mengulas hal tersebut.

Baca juga Rancangan Penelitian: Pengertian dan Contohnya


Mengapa perlu menulis proposal?

Sudah disinggung di awal bahwa proposal akan memberi tahu pihak lain tentang apa, mengapa dan bagaimana penelitian dilakukan. Riset merupakan usaha sistematis dalam mengungkap atau menjelaskan suatu permasalahan. Penulisan proposal merupakan langkah awal bagaimana usaha sistematis tersebut dilakukan.

Dalam penelitian skripsi, penulisan proposal menjadi langkah awal sebelum penelitian yang sebenarnya dilakukan. Pembimbing atau penguji proposal bisa menilai apakah mahasiswa sudah siap melakukan penelitian dengan cara menilai proposal skripsinya.

Dalam fungsi penelitian lain pada umumnya, proposal penelitian akan menentukan apakah stakeholder atau funding menyetujui atau menolak dilakukannya riset. Oleh karena itu, penulisan proposal penelitian bisa dianggap sebagai bagian penting dari proses penelitian itu sendiri.

Penjelasan pada postingan ini akan diawali dengan contoh tampilan struktural proposal penelitian yang umum atau standar. Penggunaan contoh proposal penelitian yang standar dilakukan agar pembaca bisa mengacu jika sedang menyusun proposal penelitian yang beragam jenisnya. Selanjutnya saya akan mengulas contoh struktur proposal tersebut secara ringkas.

Contoh proposal penelitian

Berikut ini adalah contoh proposal penelitian dengan tema seperti yang sudah disebutkan di atas:

contoh proposal penelitian

Contoh proposal yang daftar isinya ditampilkan di sini sangat relevan dibaca oleh berbagai pihak, termasuk calon funding. Dari contoh di atas, kita temukan bahwa struktur proposal penelitian sebenarnya cukup sederhana.

Proposal penelitian terdiri dari tiga bab, yaitu pendahuluan, tinjauan pustaka, dan metodologi. Bagian lain seperti halaman judul dan daftar pustaka agaknya tak perlu diulas di sini karena diasumsikan bahwa pembaca sudah tau.

Baca juga Kerangka Makalah: Contoh dan Penjelasannya



Bagian lampiran sebenarnya opsional. Namun apabila proposal penelitian yang dibuat ditujukan kepada calon investor atau funding maka rancangan anggaran biaya dan CV peneliti sebaiknya dilampirkan.

Ulasan contoh proposal

Berikutnya saya akan mengulas tiap bab dan sub bab contoh proposal di atas

♣ Pada bab I bagian latar belakang, peneliti perlu mengulas tentang apa dan mengapa penelitian tersebut perlu dilakukan

Di bagian rumusan masalah, peneliti menuliskan pertanyaan penelitian yang akan dijawab.

Di bagian tujuan penelitian, peneliti mendeskripsikan tentang apa yang ingin dicapai melalui penelitiannya.

Di bagian output penelitian, peneliti menjelaskan tentang keluaran penelitian dan manfaat yang hendak diperoleh setelah dilakukannya penelitian tersebut.


♣ Pada bab II tentang tinjauan pustaka, penyusun proposal mereview beberapa literatur yang terkait dengan tema penelitiannya. Review literatur tersebut dikategorisasikan ke dalam dua bagian.

Pertama, peneliti mendiskusikan tentang peran UKM dalam perekonomian. Sub bab ini menjelaskan tentang bagaimana studi-studi yang pernah dilakukan terdahulu menjelaskan tentang peran UKM dalam perekonomian.

Kedua, peneliti membahas tentang penguatan peran UKM di era komunitas ASEAN. Secara implisit kita bisa tangkap adanya upaya peneliti untuk menyampaikan tentang pentingnya penguatan UKM saat itu. Riset yang akan dilakukan bisa jadi bagian dalam rangka mengetahui apakah UKM sudah kuat atau sejauh mana penguatan diperlukan.


♣ Pada bab III tentang metodologi, peneliti mengulas secara detail bagaimana riset dilakukan, pendekatan apa yang akan digunakan, metode apa yang akan diaplikasikan, bagaimana data akan dikumpulkan dan diolah, dan sebagainya.

Metode analisis dan pengumpulan data selalu menjadi bagian dari bab metodologi. Saya pernah menulis tentang Metode Penelitian sebelumnya jika pembaca berminat membacanya.

Tahapan penelitian merupakan gambaran tentang bagaimana proses penelitian akan berlangsung. Peneliti bisa menampilkan tentang timeline sejak proposal di buat sampai rencana bagaimana hasil riset dipublikasikan.


Perlu diketahui di sini bahwa proposal penelitian merupakan rancangan dan rencana penelitian. Penelitian itu sendiri belum dilakukan sehingga informasi yang berada di proposal selalu terbatas sampai pada metodologi. Selanjutnya, stuktur contoh proposal penelitian di atas bisa dijadikan sebagai panduan dalam menyusun proposal penelitian pembaca sendiri.

Baca juga Desain Penelitian: Pengertian dan Contohnya