Contoh Perubahan Sosial di Era Digital

Contoh perubahan sosial yang dibahas dalam postingan ini meliputi contoh yang terjadi di era digital. Namun sebelum itu, perlu saya paparkan terlebih dahulu bahwa era digital yang dimaksud adalah era informasi yang disokong perkembangan teknologi komunikasi berbasis digital. Artinya, penggunaan teknologi digital mendominasi dalam keseharian.

Perkembangan teknologi digital di era millenial memunculkan banyak fenomena sosial yang dialami oleh people jaman now, terutama para kids dan generasi muda lainnya. Era millenial adalah eranya online, sehingga perubahan sosial yang terjadi seringkali terkait erat dengan perkembagan teknologi digital, internet, dan sosmed. Berikut ini beberapa contoh perubahan sosial era millenial:

contoh perubahan sosial

 

Contoh perubahan sosial

Ojek online

Ojek online yang tumbuh di banyak  kota-kota besar di berbagai negara menunjukkan perubahan sosial yang tak hanya terjadi dalam lingkup transportasi ojek, namun juga bagaimana masyarakat mengonsumsi pelayanan transportasi publik berupa ojek dalam kesehariannya.

Keberadaan ojek online jelas mengancam ojek pangkalan atau ojek offline sebagaimana ojek pangkalan mengancan eksistensi dokar dan ojek sepeda beberapa dekade silam. Dengan kehadiran ojek online, masyarakat yang naik ojek ketika bepergian mengubah perilakunya dari datang ke pangkalan, menjadi diam di tempat menundukan kepala sambil cari ojek lewat aplikasi di handphone. Perubahan perilaku dari jemput bola menjadi nunggu dijemput adalah perubahan sosial yang bisa kita saksikan atau alami sehari-hari.


Online dating

Situs kencan online yang menjamur menandai adanya perubahan sosial dalam hal bagaimana beberapa individu memilih membangun hubungan romantis secara online. Kencan online melibatkan teknologi digital dan internet sebagai platform, yang memungkinkan kita menjalin kencan dengan orang lain yang profilnya tampil dalam halaman online dating site.

Cara kencan dan cari jodoh seperti ini menunjukkan bahwa untuk menemukan calon pasangan dan menjalin cinta tidak lagi harus dimulai dengan pertemuan fisik. Individu-individu yang memilih online dating menunjukkan gambaran akan adanya perubahan bagaimana jodoh ditemukan.

Online bullying

Dampak sosial paling kentara dari hadirnya online teknologi yang berimplikasi negatif bagi kehidupan bermasyarakat adalah kejahatan yang bisa dilakukan secara virtual tanpa pertemuan fisik antara pelaku dan korban. Media sosial yang memfasilitasi interaksi sosial seringkali menjadi arena kejahatan sosial secara online. Online bullying adalah salah satu contohnya.

Baca juga: Dampak Positif dan Negatif Sosial Media


Bullying di era media sosial tidak selalu melibatkan mereka yang saling kenal. Bahkan orang-orang yang tak saling kenal pun bisa terlibat bullying, sebagai pelaku atau korbannya. Apabila dahulu, untuk mem-bully harus dilakukan dari dekat, kini, dimanapun orang bisa mem-bully. Dimanapun, orang bisa juga jadi korban bullying. Perubahan arena bullying dari lokasi fisik ke media sosial dan perilaku bully yang tak lagi mensyaratkan hubungan saling kenal merupakan salah satu contoh perubahan sosial dalam bentuk bullying yang terjadi di era millenial.

Platform online memfasilitasi kemungkinan-kemungkinan terjadinya perubahan dalam setiap aspek kehidupan. Tentunya masih banyak lagi contoh-contoh perubahan soisial era millenial di luar yang telah dipaparkan. Teknologi online telah mendorong perubahan-perubahan perilaku yang banyak dilakukan oleh people jaman now. Cara kita mencari ojek, cari jodoh, dan membully berubah sebagaimana contoh di atas.



Contoh perubahan sosial yang dijelaskan tersebut tidak hanya disebabkan oleh inovasi teknologi digital. Melainkan juga oleh pengorganisasian sosial yang menciptakan ruang untuk kreatifitas manusia. Teknologi tidak memberi dampak apa-apa sampai manusia memberi makna. Ketika media sosial dimaknai sebagai lapak jualan, maka manusia jualan. Ketika dimaknai sebagai arena bullying, maka manusia mem-bully.

Baca juga Perubahan Sosial: Contoh dan Faktor Penyebabnya