Contoh Kata Pengantar [Makalah, Skripsi, Laporan Riset]

Contoh kata pengantar yang akan ditampilkan dan diulas di postingan ini merupakan kata pengantar untuk laporan penelitian dan karya ilmiah lainnya. Format laporan akhir penelitian seperti skripsi, tesis, dan disertasi selalu melibatkan bagian kata pengantar. Tak hanya itu, di dalam buku, jurnal, dan laporan riset dalam bentuk makalah juga biasanya terdapat kata pengantar.

Baca juga Laporan Penelitian: Pengertian & Contoh Format



Sebenarnya apa isi kata pengantar sehingga hampir selalu eksis dalam setiap laporan akhir penelitian? Postingan ini tidak akan menjelaskan secara panjang lebar tentang apa itu kata pengantar. Agaknya definisi tidak terlalu penting di sini karena kata pengantar sendiri bukan merupakan konsep atau variabel dalam suatu analisis.

Namun demikian, saya tetap akan menjelaskan beberapa poin penting dalam kata pengantar diikuti contohnya sehingga pembaca memiliki gambaran tentang seperti apa kata pengantar itu dan bagaimana cara membuatnya.

contoh kata pengantar

Beberapa poin dalam kata pengantar

Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa kata pengantar berfungsi untuk ”mengantarkan” pembaca pada konten atau substansi korpus atau literatur dari apa yang dibacanya. Jika kata pengantar yang dimaksud berada dalam makalah, maka berfungsi untuk ”mengantar” pembaca kepada konten dan substansi korpus makalah tersebut.

Baca juga: Kerangka Makalah: Contoh dan Penjelasannya



Kata pengantar juga berperan sebagai ”muka” atau ”wajah”. Artinya, tampak depan dari laporan penelitian. Peran ini sama seperti judul penelitian, namun kata pengantar berisi narasi yang lebih detail.

Sebagai ”pengantar” (preface), kata pengantar pada umumnya memuat tentang:

  • Ucapan syukur atas selesainya laporan penelitian.
  • Penjelasan singkat mengenai tema penelitian.
  • Informasi mengenai struktur penulisan laporan penelitian.
  • Ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah berkontribusi atas selesainya penelitian.
  • Harapan dengan selesainya atau diterbitkannya laporan penelitian.

Tentu saja, tidak kesemua poin di atas harus terpenuhi. Sebagaimana yang sudah diulas diatas, selama fungsi ”pengantar” tersebut dirasa cukup, maka kata pengantar sudah bisa menjalankan perannya.


Contoh kata pengantar

Berikut ini merupakan contoh kata pengantar yang pernah saya susun bersama rteman-teman dalam sebuah laporan penelitian hibah mahasiswa. Penelitian yang kata pengantarnya dijadikan contoh ini bertema tentang penyelesaian konflik komunal di Indonesia melalui produksi literatur keindonesiaan yang bebas diakses masyarakat luas.

Puji syukur kehadirat Allah SWT karena atas se izin-Nya, laporan penelitian ini dapat diselesaikan. Sholawat serta salam semoga tercurah pada Nabi Muhammad SAW.

Berangkat dari fenomena konflik komunal yang kerap terjadi di Indonesia, penelitian ini merupakan respon atas keprihatinan kami yang berusaha ikut andil dalam usaha resolusi konflik. Konflik komunal sebagai realitas pedih yang dialami oleh bangsa Indonesia harus segera diatasi. Kendati penyelesaian konflik tidak bisa ditangani dalam waktu singkat, setiap upaya penyelesaian harus memiliki visi yang jelas.

Salah satu visi yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan secara signifikan pengetahuan masyarakat tentang keindonesiaan. Dalam upaya mencapai visi tersebut, maka sarana dan prasarana yang diperlukan juga harus disiapkan. Dalam hal ini, literatur yang menunjang ketersediaan referensi pengetahuan keindonesiaan menjadi sarana yang harus diperhatikan.

Universitas merupakan salah satu institusi pendidikan yang memiliki tanggung jawab dalam konteks penyediaan literatur yang dimaksud. Oleh karena itu, usulan program yang disusun untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang Indonesia harus dipertimbangkan. Penelitian ini, selain membahas tentang analisis resolusi konflik juga membahas tentang usulan program yang mengarah pada resolusi serta penyelesaian konflik komunal di Indonesia.

Harapanya, dalam jangka panjang, masyarakat memiliki pengetahuan yang cukup tentang keindonesiaan, Pengetahuan tersebut nantinya mampu menjadi fondasi dalam rangka penyelesaian konflik komunal di Indonesia. Semoga usulan program dalam laporan ini dapat menjadi referensi kebijakan terkait penanganan konflik komunal berbasis riset.

Tim Peneliti

Contoh kata pengantar di atas mencakup beberapa poin seperti: ucapan syukur, ulasan singkat tema riset dan harapan. Struktur laporan penelitian tidak ditulis karena dianggap sudah cukup berperan sebagai ”pengantar”.

Memang sebenarnya tidak ada bentuk baku kata pengantar. Jumlah halaman pun juga tidak ditentukan. Namun tentu saja, kata pengantar umumnya ditulis secara ringkas. Satu hingga dua halaman dirasa cukup untuk laporan penelitian karya ilmiah dari makalah sampai skripsi. Kata pengantar pada buku bisa lebih tebal.

Baca juga: Pengertian Makalah dan Jenisnya



Kata pengantar bisa ditulis oleh penulis laporan penelitian itu sendiri atau penulis lain dari luar. Beberapa buku melibatkan orang lain untuk menulis kata pengantar sebagai penguatan substansi atau sarana promosi. Hal ini menunjukkan bahwa dalam penulisan kata pengantar pun, tidak ada aturan yang baku tentang siapa yang harus menulisnya. Kebetulan contoh kata pengantar di atas ditulis secara kolaboratif oleh para peneliti.

Kata pengantar skripsi biasanya ditulis oleh mahasiwa yang menulis skripsi. Poin-poin penting seperti yang sudah dipaparkan di atas dapat digunakan sebagai acuan bagaimana membuat kata pengantar untuk laporan skripsi atau karya ilmiah lainnya.

Baca juga Metode Penelitian: Pendekatan, Jenis & Contoh