Contoh Judul Proposal Penelitian & Karya Ilmiah

Contoh judul proposal yang akan dipaparkan di sini terispirasi dari beberapa penelitian yang pernah dilakukan di berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia. Desain proposal yang ditulis ada yang menerapkan pendekatan kualitatif dan ada yang kuantitatif. Postingan ini ditulis sebagai wadah untuk pembaca mencari inspirasi tentang judul proposal penelitian.

Baca juga Pendekatan Penelitian: Contoh dan Penjelasannya



Judul proposal yang baik, menurut saya pribadi mencerminkan substansi penelitian yang akan dilakukan. Memang tidak cukup mudah menulis judul proposal yang sempurna, yaitu simpel, jelas, ilmiah, dan menarik. Oleh karena itu di beberapa postingan lain, saya pernah mengatakan bahwa membuat judul penelitian lebih seperti membuat karya seni.

Untuk menemukan inspirasi terbaik tentang judul proposal riset, berbagai sumber harus digali. Contoh judul proposal penelitian yang ditemukan dimanapun bisa menjadi inspirasi. Oleh karena itu, pembaca tidak perlu ragu dan takut untuk banyak melihat contoh judul proposal penelitian yang sudah ada.

Tak dimungkiri, beberapa peneliti atau pembelajar biasanya ragu untuk membaca contoh-contoh judul proposal penelitian yang pernah dibuat. Takut kalau-kalau judul terbaik sudah diambil sehingga kalo meniru bisa disangka plagiasi.

Sebenarnya, judul adalah salah satu karya intelektual yang bebas dari plagiasi. Seseorang bisa menulis buku dengan judul yang sama, namun tidak boleh menulis isinya sama persis karena yang terkena undang-undang plagiasi adalah isinya, bukan judulnya.

Daftar di bawah ini merupakan contoh judul proposal penelitian sekadar untuk memantik inspirasi terutama buat kamu yang sedang bingung bikin judul. Nama lokasi atau tempat disamarkan.

Baca juga Kerangka Makalah: Contoh dan Penjelasannya


Contoh judul proposal penelitian

Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Motivasi terhadap Prestasi Kerja Karyawan (Suatu Penelitian Pada PT. Kuda Terbang)

Pengaruh Pergaulan terhadap Perilaku Kekerasan di Kalangan Pelajar (Survey terhadap Siswa SMA di Wilayah Kecamatan Kudaterbang)

Evaluasi Pelaksanaan Program BPJS dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Kesehatan (Studi Kasus di Kecamatan Kuda Terbang, Kota Flying Horse)

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilikan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) dalam Pelaksanaan Jual Beli Tanah di Kec. Kuda Terbang, Kab. Flying Horse)

Studi Tentang Pengaruh Motivasi Pimpinan terhadap Semangat Kerja Pegawai Pada Kantor Kec. Kuda Terbang, Kab. Proposalak)

Perilaku Sosial Anak Jalanan dan Faktor-Faktor yang Melatarbelakangi Keberadaannya (Penlitian di Wilayah Kota Malang)

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Sikap Gelandangan terhadap Kegiatan Prostitusi (Suatu Penelitian tentang Kehidupan Kaum Gelandangan di Kec. Proposalak, Kota, Judulangan)

Ketergantungan dalam Kelompok Pedagang Angkringan terhadap Juragan di Desa Proposalak, Kec Kuda Terbang, Kab. Judulangan)

Hubungan Lingkungan Sosial, Status Ekonomi Keluarga dan Tingkat Pendidikan terhadap Kriminalitas di Rutan Kab. Judulangan)

Perubahan Pola Kehidupan Masyarakat Asli Akibat Pertumbuhan Industri Pengolahan Kayu (Penelitian Deskriptif Kualitatif di Desa Kuda Terbang, Kab. Judulangan, Kota Solo)

Perubahan Penyerapan Pekerjaan Anak di Propinsi Judulangan Sebelum dan Sesudah Masa Krisis (Analisis Data SUSENAS Kor 2010 dan 2015)

Perilaku Seks Bebas Remaja Berpacaran

Strategi Survival Industri Rumah Tangga Peuyeum Bendul Pasca Pembangunan Jalan Tol Cikampek

Strategi Survival Industri Rumah Tangga Batik di Kota Pekalongan

contoh judul proposal

Beberapa contoh di atas merupakan contoh judul proposal penelitian yang berkaitan dengan bidang sosial. Pembaca tidak hanya dapat membaca daftar tersebut untuk mencari inspirasi judul, namun juga bisa mencari inspirasi topik penelitian.

Baca juga Metodologi Penelitian: Pendekatan, Jenis & Contoh



Contoh judul proposal penelitian di atas juga tidak terbatas penelitian skripsi atau tesis, bisa pula untuk penelitian lain, misalnya proposal program kerja dari pemerintah atau industri. Nama lokasi atau tempat dari beberapa contoh judul proposal di atas memang sengaja disamarkan untuk memberi ruang kebebasan pada pembaca mau riset di daerah mana.

Sedikit saran dari saya, beberapa judul proposal yang baik, selain merepresentasikan isi, bisa menjawab pertanyaan ”apa”, yaitu proposal ini tentang apa. Jadi orang langsung paham proposal anda tentang apa meskipun baru membaca judulnya saja. Memang untuk meringkas jawaban apa ke dalam satu judul tidaklah mudah. Perlu renungan, kontemplasi, dan tentunya corat-coret sampai mendapatkan judul yang terlihat ideal.

Tidak perlu takut dalam bereksperimen judul selama laporan penelitian belum selesai. Judul selalu bisa diubah selama proses riset belum selesai. Kadang peneliti perlu membuat ”judul-judulan” dalam risetnya agar fokus pembahasan terjaga, namun tetap dapat menyempurnakannya ketika sudah sampai di penulisan laporan penelitian. Selamat berkarya!



Baca juga: Cara Membuat Abstrak