Contoh Judul Penelitian Kualitatif

Contoh judul penelitian kualitatif yang akan dipaparkan di postingan ini merupakan contoh judul penelitian yang pernah diuji dan dipublikasikan sebelumnya. Beberapa judul dipilih dan ditampilkan kembali di sini semata-mata untuk bahan pembelajaran tentang bagaimana membuat judul riset kualitatif yang baik melalui contoh nyata.

contoh judul penelitian kualitatif

Pembaca dapat mencari inspirasi melalui contoh-contoh judul penelitian kualitatif yang sudah ada di berbagai perpustakaan online. Tipe penelitian kualitatif biasanya memiliki judul yang nyentrik, setidaknya jika dibandingkan dengan kebanyakan judul riset kuantitatif. Namun demikian memang, kita tidak bisa melakukan justifikasi kualitas hasil riset semata-mata dari judulnya.

Judul penelitian yang baik selalu simpel dan merepresentasikan substansi dari hasil penelitian yang dilakukan. Contoh judul penelitian kualitatif yang ditampilkan di sini dinilai cukup simpel, mudah dipahami dan tergolong unik. Sekali lagi untuk diingat bahwa judul-judul di bawah ini diambil dari database online perpustakaan di universitas negeri yang terbuka untuk publik. Oleh karena kesemuanya pernah dipublikasikan, maka cukup dijadikan bahan untuk memantik inspirasi saja.

Baca juga: Contoh Proposal Penelitian



Beberapa judul saya modifikasi sedikit agar lebih enak dibaca. Beberapa yang lain tetap sebagaimana mestinya. Nama penulis sengaja disembunyikan karena digunakan sebagai bahan ajar saja di sini. Contoh judul penelitian kualitatif tentu saja sangat beragam dan bervariasi, baik dilihat dari stuktur kepenulisannya maupun style narasinya.

Daftar contoh judul penelitian kualitatif di bawah ini merupakan judul penelitian di berbagai bidang ilmu sosial. Dalam beberapa postingan lain, saya sering menyampaikan bahwa membuat judul suatu karya tulis lebih seperti membuat karya seni ketimbang karya akademik. Prosesnya memerlukan imajinasi dan improvisasi yang berani dari peneliti. Ide menciptakan judul yang unik tentu tidak datang dalam semalam. Berdasarkan pengalaman saya, ide tersebut muncul setelah ”ribuan” kali coba-coba.

Baca juga: Contoh Proposal Skripsi


Contoh judul penelitian kualitatif

Modal Sosial Di Komunitas Yogyakarta Leisure Community

Slacktivism Dan Gerakan Sosial Digital (Studi Mengenai Partisipasi Digital Dalam Penandatanganan Petisi Online Change.org)

Konstruksi Identitas Kampung Digital (studi Tentang Pembentukan Identitas Baru Masyarakat Samirono, Caturtunggal, Depok, Sleman Yogyakarta)

Telecenter Sebagai Media Pemberdayaan Masyarakat Informasi (Studi Di Desa Muneng Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun)

Pemahaman Baru Pembajakan Digital Dalam Budaya Mengopi (Praktik Dan Implikasi Budaya Mengopi Video Di Warnet Di Yogyakarta)

Habiburrahman El Shirazy Dalam Arena Sastra Dan Arena Kekuasaan Indonesia

Antara Moral Dan Rasional: Strategi Pedagang Di Pasar Organik Milas

Britain`s Game Of Throne: Monarki Inggris Di Era Demokratisasi Global

Menyingkap Kuasa Budaya: Mengakarnya Dominasi Nahdlatul Ulama Dalam Demokratisasi Di Banyumas

Akulturasi Pengobatan: Perpaduan Budaya Islam Dan Budaya Jawa Dalam Sistem Medis Masyarakat Giriloyo

Kampung Seks : Prostitusi Pasar Kembang Sebagai Subkultur Seksual

Lha Biasane Ora Papa, Koq Iki Malah Hamil (Biasanya Tidak Apa-apa, Ternyata Jadi Hamil): Seksualitas Remaja Dalam Krisis Akulturasi Di Komunitas Dan Sekolah

Makna Simbol Akulturasi Nilai-nilai Budaya Jawa-cina Dalam Batik Pekalongan



Rewangan, Simbol Ruang Sosiokultural Masyarakat Lokal Gunungkidul (Studi Tentang Tradisi Rewangan Masyarakat Lokal Desa Hargomulyo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta)

Struktur Dan Kultur Pembangkangan Komunal: Kasus Pelarangan Kapal Cantrang Di Perairan Jawa Utara

Identitas Pemuda Batak Kristen Diaspora: Kekristenan Dan Kebatakan Dalam Idealitas Dan Realitas Di HKBP

Representasi Multikulturalisme Dalam Film Indonesia (analisis Semiotik Film Pendek Cheng Cheng Po)

Gaya Hidup Komunitas Penggemar Vespa Gembel Sebagai Subkultur (studi Kasus Di Bangkalan, Madura)

Politik Kultural Kh. Abdurrahman Wahid Dalam Demokratisasi

Dari beberapa contoh di atas, kita bisa identifikasi bahwa beberapa judul penelitian masuk dalam ruang lingkup studi antropologi, beberapa yang lain sastra. Ada pula bidang soiologi, politik, dan agama. Kesemuanya merupakan contoh-contoh judul penelitian kualitatif di bidang ilmu sosial.

Baca juga: Paradigma Penelitian Sosial



Penelitian kualitatif secara tipikal biasanya menerapkan metode wawancara, observasi atau analisis wacana sebagai instrumen pengumpulan data. Fokus penelitian kualitatif pada umumnya mengeksplorasi secara mendalam “makna” di balik suatu peristiwa atau fenomena. Proses pengungkapan ”makna” tersebut tak hanya memerlukan data-data empiris, melainkan juga abstraksi teoritis yang dilakukan oleh peneliti.

Konsekuensinya, judul penelitian kualitatif sering kali merupakan produk refleksi penulis atau peneliti yang mendalam. Dengan demikian diperlukan renungan yang tak sebentar dalam mengkreasi judul penelitian kualitatif yang simpel, unik, dan substantif.

Baca juga: Cara Membuat Judul Skripsi yang Simpel dan Fancy