Contoh Akomodasi dan Bentuknya

Contoh akomodasi yang dipaparkan di sini merupakan contoh dari berbagai bentuk penyelesaian konflik ya dalam kehidupan sehari-hari. Sebagaimana telah diketahui, akomodasi bisa dilihat sebagai bentuk penyelesaian konflik. Namun definisi umum yang sering disampaikan adalah upaya penyesuaian diri pihak-pihak yang bertenangan untuk menciptakan keseimbangan interaksi sosial.

Akomodasi adalah salah satu bentuk asosiatif dari interaksi sosial. Bentuk akomodasi sendiri ada berbagai macam. Sosiologis.com mengidentifikasi setidaknya ada sepuluh bentuk akomodasi. Menghapal definisi kesepuluhnya tidak disarankan karena akan terlupa dalam waktu singkat. Memahami akomodasi dengan contohnya sangat disarankan.

Baca juga Interaksi Sosial: Pengertian dan Contohnya



Sebelum memaparkan contoh, saya akan jelaskan dulu di sini bahwa akomodasi dapat dipahami dalam dua perpektif. Pertama sebagai suatu kondisi, kedua sebagai suatu proses. Sebagai kondisi artinya ada keseimbangan interaksi sosial dengan nilai dan norma sosial. Sebagai proses artinya upaya individu atau kelompok mengurangi atau menyelesaikan ketegangan, konflik atau pertentangan. Berikut saya sampaikan contoh akomodasi dan bentuk-bentuknya.

contoh akomodasi

Contoh akomodasi dan bentuknya

√ Koersi (coercion), yaitu bentuk akomodasi dimana pihak yang kuat mendominasi pihak yang lemah. Sebagai contoh, perbudakan. Perbudakan adalah dominasi majikan terhadap budak dimana tak jarang melibatkan kekerasan fisik. Budak tak punya apa-apa bahkan dirinya sendiri pun dimiliki oleh majikannya. Bentuk akomodasi dalam perbudakan misalnya, seorang majikan yang menyuruh budaknya untuk membangun kandang kuda. Budak tak kuasa mengelak, akhirnya ia bangun kandang kuda karena tak mau berkonflik dan bersitegang.

√ Kompromi (compromise), yaitu bentuk akomodasi dimana pihak yang saling bertentangan mengurangi tuntutan untuk meredakan ketegangan. Sebagai contoh, seorang polisi lalu lintas yang mengadakan operasi tanpa surat tugas. Ketika menilang seorang pengendara dan minta uang, pengendara tersebut mau ngasih uang damai asalkan sepuluh ribu rupiah saja. Polisinya nggak mau karena kurang. Pengendara mengancam akan melaporkan pada atasannya karena ternyata polisi tersebut tidak punya surat tugas. Akhirnya, polisi tersebut menurunkan tuntutannya jadi dua ribu rupiah saja, pengendara kasih duit dan tidak jadi melaporkannya.



√ Abitrasi (arbitration), yaitu bentuk kompromi dengan bantuan pihak ketiga. Sebagai contoh, seorang suporter bola berantem dengan salah satu pemain klub idolanya karena kesal klubnya kalah terus. Awalnya, keduanya cekcok dan saling ejek ketika bertemu di jalan. Pemain dibilang tidak becus, supporter dibilang cuma bias nonton doang. Lalu cekcok berujung pada perkelahian dan saling ancam. Konflik kedua pihak tersebut akhirnya diselesaikan setelah manajemen klub mempertemukan mereka. Manajemen klub mengambil sikap dan menuntut keduanya untuk saling bermaafan. Manajemen klub adalah pihak ketiga.

√ Mediasi (mediation), yaitu bentuk arbitrasi namun pihak ketiga bersikap netral. Dengan kata lain, keputusan berada di tangan pihak-pihak yang berkonflik. Contoh yang bisa disampaikan di sini, misalnya, versi lain dari contoh sebelumnya, yaitu manajemen klub bersikap netral. Seorang pemain dan suporter yang berkonflik dimintai sikapnya apakah mau lanjut saling ancam atau disudahi saja.

√ Konsiliasi (conciliation), yaitu bentuk akomodasi dengan mempertemukan ekspektasi pihak-pihak yang berkonflik agar tercapai kesepakatan bersama. Sebagai contoh, suporter mogok nonton karena klubnya kalah terus. Kemudian manajemen tim mengundang para pemain untuk dipertemukan dengan perwakilan suporter agar menghentikan mogok nonton.

√ Toleransi (tolerance), yaitu bentuk akomodasi yang terjadi spontan atau tidak direncanakan. Sebagai contoh, ketika bulan puasa di negara mayoritas muslim, mereka yang tidak puasa tidak makan ditempat terbuka sebagai bentuk toleransi terhadap mereka yang berpuasa. Ketika natal tiba, seorang yang tidak merayakan mempersilahkan orang lain yang merayakan natal untuk merayakannya tanpa mengganggunya.



√ Stalemate, yaitu bentuk akomodasi dimana pihak-pihak yang bertikai memiliki kekuatan yang relatif seimbang sehingga pertikaian mereda dengan sendirinya. Sebagai contoh, di Eropa pertikaian antara blok barat dan blok timur mereda dengan sendirinya karena kekuatan mereka yang relatif seimbang. Konflik mereda bisa pula disebabkan oleh kejenuhan karena terlalu lama bersengketa tanpa adanya pihak yang menang dan yang kalah.

√ Ajudikasi (ajudication), yaitu bentuk akomodasi dimana penyelesaian sengketa dilaksanakan di pengadilan. Contoh, konflik rumah tangga beberapa artis terkemuka yang diguncang pertikaian sehingga proses penyelesaiannya harus dibawa ke meja hijau. Keputusan pengadilan menjadi penentu bagaimana pertikaian sebaiknya diselesaikan.

√ Displacement, yaitu bentuk akomodasi dimana adanya pengalihan perhatian anatara kedua belah pihak yang berkonflik. Sebagai contoh, invasi Amerika dengan dukungan Inggris ke Timur Tengah untuk perang melawan terorisme. Senjata pemusnah masal di Iraq menjadi kedok invasi. Padahal yang sebenarnya terjadi adalah kepentingan geopolitik untuk menguasai minyak. Persengketaan berakhir setelah senjata pemusnah masal terbukti fiktif belaka dan mereka dapat minyak.

√ Konversi (conversion), yaiitu bentuk akomodasi dimana salah satu pihak menerima pendirian pihak lain sehingga konflik mereda. Sebagai contoh, keluarga mempelai perempuan yang awalnya tidak merestui pernikahan anaknya akhirnya mau merestuinya demi kebaikan anaknya. Pihak keluarga laki-laki dari awal merestui keduanya namun kesepakatan baru dicapai setelah pihak keluarga perempuan menkonversi tuntutannya dari tidak merestui menjadi merestui.

Baca juga: Contoh Akulturasi dalam Kehidupan Sehari-Hari



Kesepuluh contoh akomodasi di atas ditulis untuk menjadi rujukan olnline pembaca yang sedang mencari informasi mengenai akomodasi. Istilah akomodasi dalam sosiologi berbeda dengan akomodasi dalam dunia traveling. Dalam sosiologi, akomodasi adalah bagian dari interaksi sosial asosiatif. Dalam dunia traveling, akomodasi adalah tempat menginap. Jangan keliru.

Baca juga: Contoh Asimilasi dalam Kehidupan Sehari-Hari