Cara Membuat Judul Skripsi yang Simpel dan Fancy

Cara membuat judul skripsi yang simpel dan fancy menurut saya seperti membuat karya seni. Penulis skripsi harus banyak berimprovisasi dan berimajinasi. Judul setiap karya tulis merupakan salah satu elemen terpenting dari karya tulis tersebut. Sedemikian pentingnya maka judul tidak bisa dianggap remeh dan harus serius dipikirkan.

Postingan ini akan membahas tentang cara membuat judul skripsi yang simple dan fancy. Simpel artinya judul skripsi singkat dan representatif. Fancy artinya terlihat keren dan eye-cathing.  Tentu saja skripsi merupakan karya akademik dimana substansi selalu lebih penting ketimbang permukaan. Namun demikian, judul merupakan bagian penting dari skripsi itu sendiri sehingga judul yang keren bisa menjadi nilai tambah substansi suatu karya tulis.

Baca juga Rancangan Penelitian: Contoh & Penjelasannya



Penjelasan tentang cara membuat judul skripsi di blog ini akan dibagi menjadi dua bagian. Pertama saya akan memberikal beberapa poin penting yang harus diperhatikan pembaca. Kedua, saya akan memberikan beberapa contoh judul karya tulis yang pernah dipublikasi sebelumnya. Judul tersebut dapat diadaptasi menjadi judul skripsi.

Namun pembaca dihimbau untuk menggunakan contoh judul yang akan dipaparkan di sini sebagai inspirasi saja, tidak mengcopy-paste karena judul-judul tersebut sudah pernah dipublikasikan. Penggunaan contoh judul yang akan dipaparkan di bagian akhir postingan hanya digunakan sebagai bahan ajaran saja khususnya tentang cara membuat judul skripsi yang simpel dan fancy.

Baca juga Kerangka Makalah: Contoh dan Penjelasannya


Beberapa poin penting tentang cara membuat judul skripsi

Pertama, perhatikan topik penelitian skripsi yang dibahas. Pembaca bisa menggunakan topik sebagai judul. Sebagai contoh, topik penelitiannya adalah tentang ”Meme Politik”. Maka judul penelitiannya bisa sebagai berikut: ”Meme Politik: Kritik Sosial di Era Digital”. Penggunaan topik sebagai judul memberi kelebihan, yaitu judul secara otomatis merepresentasikan tema penelitian.

cara membuat judul skripsi

Kedua, perhatikan rumusan masalah penelitian skripsi yang diangkat. Pembaca bisa mendapat inspirasi judul setelah membaca dan merenungi rumusan masalahnya. Misalnya, terkait poin pertama, rumusan masalahnya adalah sebagai berikut: ”Bagaimana media digital dapat berperan sebagai ruang kritik sosial?”. Istilah kritik sosial bisa dimasukkan ke dalam judul.

Ketiga, buat judul-judulan dari awal dan corat-coret judul sebelum dokumen skripsi di-submit ke jurusan atau departemen terkait. Seperti yang sudah saya sampaikan di awal, menbuat judul skripsi seperti membuat karya seni. Upayakan jangan takut bereksperimen meskipun memakan waktu berhari-hari. Beberapa mahasiswa tidak mau ambil pusing dengan judul sehingga memilih judul yang formal agar secara akademik tidak bermasalah. Judul formal memang umum digunakan tapi biasanya tidak simpel dan fancy. Contoh judul skripsi yang formal, misalnya ”Kinerja Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi”.



Ketiga poin di atas bisa menjadi pegangan bagi pembaca yang sedang bingung memberi judul skripsinya apa. Sebagian orang menulis judul skripsi di akhir menjelang selesainya laporan penelitian. Sebagian yang lain di awal. Saya sendiri lebih suka di awal dan menjadikan judul penelitian sebagai tema penelitian. Misalnya, seperti contoh di atas, tema penelitian saya adalah ”meme politik”. Maka istilah meme politik akan saya jadikan judul bahkan sejak di proposal penelitian.

Revisi judul sangat mungkin terjadi pada akhirnya. Terutama apabila riset yang dilakukan belok dari rencana awal. Misalnya, pada awalnya saya mengambil topik meme politik. Dalam perjalanan penelitian saya, isu tentang konten hoax lebih menarik dan banyak ditemukan di lapangan. Akhirnya saya ganti tema sehingga otomatis akan mengganti judulnya pula menjadi ”Produksi Hoax di Media Sosial: Studi Kasus Saracen”, misalnya. Ganti judul belum tentu ganti tema, tetapi ganti tema hampir pasti ganti judul.

Jika tema atau topik peneltian tetap fokus pada meme politik, maka penggantian judul menjadi revisi minor. Pembaca bisa memuat judul baru yang tak jauh beda, misalnya: ”Meme Politik: Satir dan Demokrasi di Ruang Virtual”.

Baca juga: Contoh Proposal Penelitian


Contoh judul skripsi

Sebagai inspirasi bagi pembaca yang sedang bingung membuat judul, beberapa contoh di bawah ini bisa digunakan sebagai bahan refleksi bagaimana  merangkai kata-kata dan istilah yang terdengar simpel dan fancy untuk judul skripsi. Demikian cara membuat judul skripsi menurut saya. Selamat berkreasi!

Identitas Kultural Masyarakat Diaspora Jawa-suriname Di Belanda

Artikulasi Nasionalisme Dalam Game Online Erepublik

Internet Meme: Memarodikan Peringatan Kesehatan Bergambar Pada Bungkus Rokok (studi Semiotika Meme Dalam Budaya Digital)

Konstruksi Budaya Kuliner Dalam Tayangan Master Chef Indonesia

Menyingkap Kuasa Budaya: Mengakarnya Dominasi Nahdlatul Ulama Dalam Demokratisasi Di Banyuwangi

Baca juga: Contoh Judul Proposal Penelitian