Beasiswa untuk Mahasiswa S2: Info & Daftarnya

Untuk menyelesaikan Pendidikan S2, banyak mahasiswa akan lebih memilih dibiayai oleh pihak lain. Hal tersebut karena biaya pendidikan tidak menjadi beban pikiran, terutama untuk jenjang pendidikan S2. Oleh karena itu banyak mahasiswa mencari beasiswa agar bisa meneruskan pendidikan pada jenjang ini. Hal tersebut disambut dengan gembira karena banyak lembaga yang memberikan beasiswa untuk mahasiswa S2 seperti misalnya beberapa pilihan beasiswa yang ditawarkan untuk jenjang pendidikan S2 berikut ini:

beasiswa untuk mahasiswa s2

Beasiswa LPDP

Jenis beasiswa ini tentu saja sudah tidak asing lagi ditelinga mahasiswa karena beasiswa ini diberikan oleh pemerintah dan dikelola oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Sedangkan untuk programnya dinamai dengan Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) dan memberikan banyak sekali tawaran beasiswa LPDP untuk mahasiswa yang memenuhi syarat kualifikasi. Beberapa program yang ditawarkan adalah BPI Program Magister dan Doktor, Beasiswa Presiden, BPI Program Afirmasi, BPI Program tesis ataupun disertasi, dan juga beasiswa dokter spesialis. Sehingga dengan banyaknya program beasiswa yang ditawarkan tidak heran apabila jenis ini merupakan beasiswa yang paling populer. Selain karena banyaknya bidang yang dicakup, beasiswa ini juga memberikan jenis beasiswa penuh untuk penerimanya baik di dalam maupun di luar negeri. Oleh karena itulah tidak heran apabila banyak sekali mahasiswa S2 yang ingin mendapatkan beasiswa LPDP ini.

Beasiswa Unggulan

Pilihan beasiswa selanjutnya yang bisa dipilih untuk mahasiswa S2 adalah beasiswa unggulan. Program beasiswa ini juga diberikan oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan. Untuk mendapatkan beasiswa ini tentunya bisa didapatkan oleh mahasiswa berprestasi yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang S2. Keunggulan dari beasiswa Unggulan ini adalah bisa diberikan pada mahasiswa yang akan melanjutkan S2 di dalam ataupun luar negeri. Selain itu fasilitas yang bisa diberikan adalah mendapatkan biaya pendidikan, biaya buku, biaya hidup, biaya penelitian, biaya transportasi, dan juga berbagai tunjangan lainnya selama 18 hingga 24 bulan.

Beasiswa Universitas: Daftar Lengkap Untuk Mahasiswa Indonesia

Beasiswa Dikti

Pilihan selanjutnya bagi kamu yang ingin melanjutkan S2 adalah beasiswa dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti). Beasiswa ini diberikan untuk tenaga pendidikan dan juga dosen untuk melanjutkan pendidikan. Sehingga diharapkan akan semakin menambah banyaknya tenaga pengajar di lingkungan kampus yang ada di Indonesia. Fasilitas yang disediakan untuk beasiswa Dikti ini adalah pembiayaan pendidikan secara penuh, biaya untuk kebutuhan hidup, dan juga biaya penelitian. Untuk mendapatkan beasiswa Dikti ini ada beberapa jenis yang bisa diambil yaitu BPPNDN yang ingin melanjutkan pendidikan di kampus dalam negeri dan BPPLN untuk yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

Beasiswa Tanoto Foundation

Pilihan beasiswa untuk mahasiswa S2 selanjutnya diberikan oleh Tanoto Foundation yaitu National Champion Scholarshiop. Beasiswa ini diberikan untuk mahasiswa S2 yang tentu saja mengikuti program tersebut. Dimana maksudnya mahasiswa yang bisa mendapatkan beasiswa ini adalah dari kampus yang menjadi mitra Tanoto Foundation sehingga tidak semua kampus tetapi hanya 6 perguruan tinggi yang menjadi mitra dari lembaga tersebut. Selain itu juga ada kesempatan untuk melanjutkan pendidikan S2 ke luar negeri yang ditawarkan dari Tanoto Foundation yang bisa kamu pilih.

Beasiswa S2 Luar Negeri: Tips & Trik Mudah

Beasiswa Fullbright

Pilihan selanjutnya beasiswa untuk mahasiswa S2 adalah Fullbright. Dimana jenis ini diberikan untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan S2 ke luar negeri yaitu di negara Paman Sam, Amerika Serikat. Dikenal sebagai beasiswa yang cukup tua, mahasiswa dari Indonesia juga diberikan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa yang satu ini. Dimana beasiswa Fullbright menawarkan untuk melanjutkan S2 di berbagai universitas yang ada di AS dengan beasiswa penuh dib berbagai jenis dan sasaran yang berbeda.

Beasiswa Erasmus Plus

Pilihan beasiswa untuk mahasiswa S2 selanjutnya yang bisa diambil adalah beasiswa Erasmus Plus dari Erasmus Mundus. Beasiswa ini didanai oleh Uni Eropa dan ditawarkan untuk dapat belajar di berbagai perguruan tinggi Eropa. Sehingga bagi kamu yang mempunyai cita-cita untuk kuliah di Eropa bisa memilih jenis beasiswa Erasmus Plus yang memberikan pendanaan lengkap mulai dari biaya kuliah hingga biaya hidup.

Beasiswa Chevening

Pilihan selanjutnya bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke Inggris juga bisa memilih beasiswa Chevening. Program beasiswa ini memang ditujukan untuk mahasiswa asing yang ingin melanjutkan pendidikan S2-nya di berbagai kampus yang ada di Inggris. Untuk biaya yang diberikan adalah biaya kuliah, biaya penelitian, dan tentu saja tunjangan hidup.

Beasiswa Eiffel

Dan pilihan selanjutnya beasiswa untuk mahasiswa S2 adalah beasiswa Eiffel. Dimana dilihat dari namanya maka jelas saja apabila beasiswa ini ditujukan untuk mereka yang ingin kuliah di Prancis. Beasiswa ini juga akan memberikan banyak akomodasi kepada penerimanya seperti tiket perjalanan, tunjangan hidup perbulannya, tunjangan akomodasi, dan juga bantuan untuk biaya kuliah.

Beasiswa S3: Motivasi dan Manfaat Bagi Masa Depan