Beasiswa untuk Mahasiswa S1: Info Lengkap

Melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan, bagi sebagian pelajar bisa menjadi hal yang sulit direalisasikan. Penyebab yang sering terjadi di masyarakat adalah faktor biaya. Keputusan yang sering diambil adalah tidak melanjutkan pendidikan dan langsung bekerja menggunakan ijazah SMA atau SMK dengan upah yang lebih kecil.

Padahal tak jarang dari kamu memiliki prestasi baik akademik maupun non akademik yang baik dan sangat mumpuni untuk melanjutkan pendidikan. Melihat fenomena tersebut, baik pemerintah, swasta maupun yayasan tak tinggal diam dengan memberikan pilihan program beasiswa untuk mahasiswa S1. Jika kamu merupakan salah satunya, maka berikut ini adalah informasi beasiswa untuk mahasiswa S1 yang memiliki prestasi baik selama menjadi pelajar dan berada di semester awal perkuliahan:

Beasiswa Luar Negeri S1: Informasi Lengkap

Beasiswa dari pemerintah

Melalui dikti, pemerintah memiliki beberapa program beasiswa mahasiswa S1. Berikut ini adalah beberapa contohnya yaitu:

Bidikmisi

Bidikmisi merupakan program beasiswa untuk mahasiswa S1 yang diberikan pemerintah dalam bentuk full schoolarship. Bidikmisi bisa diberikan kepada pelajar berprestasi untuk bisa langsung digunakan saat mendaftar kuliah. Beasiswa ini juga bisa diperuntukkan bagi mahasiswa semeter 2 yang memiliki nilai IPK minimal 3.0. program beasiswa bidikmisi memberikan uang kuliah selama 6 semester untuk jenjang kuliah D3 dan 8 semester untuk jenjang pendidikan S1. Bukan itu saja, kamu penerima beasiswa ini juga akan mendapatkan uang saku dan uang tunjangan buku setiap bulannya.

BBP-PPA

Masih dari DIKTI atau pemerintah, program beasiswa BBP-PPA ini diberikan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi yang berada di semeter 2 perkuliahan. Beasiswa diberikan selama 2 semester berupa uang tunai. Untuk pelajar yang berprestasi juga bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa dari pemerintah ini.

Beasiswa dari perusahaan swasta

Perusahaan nasional besar yang bergerak di berbagai bidang juga banyak yang memiliki program beasiswa baik untuk mahasiswa yang belajar di perguruan tinggi nasional maupun swasta. Ada juga perusahaan yang memiliki universitas atau bekerja sama dengan universitas tertentu kemudian memberikan schoolarshipnya di sana. Berikut ini adalah daftar beasiswa untuk mahasiswa S1 dari perusahaan swasta yang bisa kamu pilih dan manfaatkan:

BCA Peduli

Bank BCA memiliki program nonprofit dalam bidang pendidikan yaitu pemberian beasiswa. Beasiswa diberikan pada mahasiswa yang telah melewati masa semester 2 dan terbukti memiliki prestasi yang baik dibuktikan dengan nilai IPK minimal 3.0. mahasiswa tersebut juga harus aktif berorganisasi baik dalam kemahasiswaan maupun kemasyarakatan. Pemberian beasiswa berupa uang tunai Rp. 3juta yang diberikan setiap semester hingga masuk ke semester 8.

Beasiswa Inggris: Daftar Lengkap Untuk Mahasiswa Indonesia

BFI Finance

Mengambil jurusan ekonomi di PTN atau PTS dan memiliki prestasi IPK minimal 3.0? kamu bisa mencoba mendaftar beasiswa dari BFI finance ini. BFI memberikan schoolarship berupa biaya kuliah, uang saku hingga tunjangan pembelian buku dari semester 4 hingga semester 9. Bagi mahasiswa yang membuat tugas akhir dan kesulitan dalam melakukan penelitian karena dana, BFI juga bisa memberikan bantuan dana untuk penyelesaian tugas akhir. Selain memberikan beasiswa, para mahasiswa yang telah lulus juga bisa langsung melamar di salah satu cabang BFI Finance untuk bisa bekerja.

Djarum

Beasiswa PT Djarum menjadi beasiswa perintis yang diberikan oleh perusahaan swasta. Beswan Djarum memberikan beasiswa selama satu tahun ajaran kepada para mahasiswa yang membutuhkan. Bukan itu saja, Djarum juga membekali mahasiswanya berbagai pelatihan soft skill untuk menunjang pendidikan formal. Selain pendidikan di perguruan tinggi, melalui PB Djarum, terdapat beasiswa di bidang olahraga yang juga bisa diperebutkan terutama dalam cabang olahraga badminton.

PT Sampoerna

PT sampoerna juga memiliki program beasiswa untuk para mahasiswa berprestasi yang memiliki komitmen besar untuk membangun negeri. Beasiswa diberikan bukan hanya biaya kuliah selama 8 semester melainkan juga uang tunjangan buku dan internet.

PT Astra

Dikenal juga sebagai PT Toyota Astra, perusahaan besar ini juga memiliki yayasan yang mengelola hubungan nonprofit dengan masyarakat salah satunya dengan memberikan beasiswa. Beasiswa yang diberikan berupa uang tunai sebesar Rp. 5 juta untuk para mahasiswa yang belajar di jurusan tehnik. Selain beasiswa berupa uang tunai, mahasiswa juga akan mendapatkan pelatihan untuk bekal terjun langsung ke masyarakat.

beasiswa untuk mahasiswa s1

Itulah beberapa pilihan beasiswa untuk mahasiswa S1 yang bisa kamu dapatkan setelah masuk ke perguruan tinggi. Kini tak ada alasan lagi untuk putus sekolah asalkan Kamu mau berusaha untuk berprestasi dan mencari beasiswa dari perusahaan, yayasan dan lembaga pemerintah. Dengan usaha yang sungguh-sungguh Kamu bisa melalui tahapan kuliah di jurusan yang diinginkan tanpa mengeluarkan biaya.

Beasiswa Kuliah di Luar Negeri [S1/S2/S3]: Daftar Lengkap