Beasiswa Universitas: Info Untuk Mahasiswa Indonesia

Mengenyam pendidikan tinggi merupakan impian banyak orang. Perguruan tinggi negeri maupun swasta telah banyak berdiri di kota-kota di Indonesia. Diharapkan dengan adanya wadah atau lembaga pendidikan yang berbagai daerah, mendapatkan pendidikan tinggi menjadi semakin mudah. Namun kendala bisa muncul dari mana saja, termasuk soal biaya.

Tak sedikit lulusan SMA atau sederajat yang terpaksa tak melanjutkan kuliah karena faktor biaya. Untuk mengatasi masalah tersebut, beasiswa universitas berikut ini bisa menjadi jawaban bagi kamu yang ingin kuliah tapi terkendala biaya.

Beasiswa S2 Luar Negeri: Tips & Trik Mudah

Pemerintah Indonesia sudah memiliki wadah bagi kamu yang ingin mendapatkan beasiswa universitas di jenjang perkuliahan S1. Ada beberapa jenis beasiswa untuk kamu calon mahasiswa S1 yaitu:

Beasiswa Afirmasi

Beasiswa afirmasi adalah beasiswa yang diberikan pada mereka dengan prestasi yang membanggakan negara. Misalnya adalah untuk para atlet yang telah memiliki prestasi nasional dan internasional, para pemilik bakat seni seperti penari tradisional, pemain alat musik tradisional dan sebagainya. Selain itu prestasi dalam bidang akademik juga bisa dijadikan salah satu pemenuhan persyaratan prestasi yang harus dimiliki untuk mendapatkan beasiswa ini. Jika kamu pernah mendapatkan prestasi di bidang akademik tingkat regional, nasional hingga internasional, tak ada salahnya mengajukan permohonan untuk mendapatkan beasiswa afirmasi dari LPDP.

Beasiswa dari perusahaan atau lembaga swasta

Selain pemerintah, kini banyak perusahaan besar yang juga memiliki program beasiswa universitas baik untuk masyarakat umum, kekurangan dana ataupun untuk mereka yang berprestasi. Berikut ini adalah beberapa contoh perusahaan, lembaga nonprofit dan yayasan yang memberikan beasiswa yang bisa kamu gunakan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 bahkan lebih tinggi:

  • PT Astra

PT Astra Tbk memiliki program beasiswa untuk mereka yang telah berstatus sebagai mahasiswa di semester 2, 4 atau 6. Beasiswa yang diberikan berupa uang tunai yang digunakan untuk membayar kebutuhan perkuliahan hingga Rp. 5 juta. PT Astra memberikan beasiswa pada semua jurusan namun lebih menitikberatkan pada jurusan yang berhubungan dengan ruang lingkup PT Astra seperti jurusan tehnik, ekonomi, psikologi, IT dan statistik.

Selain untuk mahasiswa semester awal, PT Astra juga memiliki program untuk beasiswa bagi mereka yang telah memasuki tugas akhir dengan uang tunai senilai Rp. 250 ribu per bulan dan bantuan biaya disertasi dan penelitian.

  • PT Pertamina

Beasiswa Pertamina merupakan salah satu beasiswa yang banyak diperebutkan oleh masyarakat umum. Pertamina sendiri memiliki universitas dimana beasiswa banyak dialokasikan ke mahasiswa yang belajar di sana, namun selain di Universitas Pertamina ada juga beasiswa yang bisa kamu dapatkan di universitas lain. Beasiswa Pertamina dapat diberikan bagi calon mahasiswa tidak mampu dan berprestasi di universitas yang sudah memiliki koneksi dengan Pertamina. Untuk menemukannya, Kamu bisa langsung membuka program beasiswa Pertamina di website resminya.

  • PT Djarum

PT Djarum merupakan perusahaan besar yang sudah lama memberikan beasiswa melalui Djarum Foundation untuk para siswa hingga mahasiswa Indonesia. sejak tahun 1984 Djarum memiliki program Beswan yang diberikan pada mahasiswa berprestasi di Indonesia. Prestasi yang dimaksud di sini bukan hanya prestasi secara akademik namun juga prestasi non akademik seperti prestasi olahraga, seni, dan penemuan lain.

beasiswa universitas

Beasiswa ORBIT Hasri Ainun Habibie

ORBIT merupakan sebuah yayasan beasiswa universitas yang telah berdiri dari tahun 1992. Ada dua jenis beasiswa yang diberikan ORBIT ini yaitu beasiswa reguler dan beasiswa unggulan. Beasiswa reguler diberikan mereka yang ingin kuliah atau yang sedang menempuh perkuliahan. Beasiswa reguler diberikan setiap bulannya hingga Rp. 750 ribu per bulan selama satu tahun penuh. Sedangkan untuk beasiswa unggulan diberikan dari awal hingga akhir selama menempuh perkuliahan. Beasiswa unggulan ini meliputi uang semester, biaya buku, uang saku, hingga uang kos.

Bidikmisi

Bidikmisi merupakan program beasiswa yang bisa kamu dapatkan untuk jenjang perkuliahan D3 hingga S1. Beasiswa Bidikmisi bisa dimiliki oleh mereka dari proses pendaftaran kuliah hingga mereka yang duduk maksimal di semester 2. Untuk jenjang D3, beasiswa diberikan selama 6 semester, sedangkan untuk S1 beasiswa diberikan selama 8 semester. Uang beasiswa yang berhubungan dengan biaya perkuliahan langsung dibayarkan ke universitas yang bersangkutan sedangkan untuk uang saku, uang kos dan kebutuhan lainnya, diberikan secara langsung kepada mahasiswa yang bersangkutan.

Beasiswa Kuliah di Indonesia

Itulah beberapa jenis beasiswa universitas yang bisa kamu temukan dan dapatkan untuk menikmati meningkatkan jenjang pendidikan S1 secara gratis.

Beasiswa Inggris: Daftar Lengkap